Image

QUICK CONTACT













Image

Using Google Analytics Features to Improve User Experience and Website Metrics

17 Nov 2020 by Billy Gani
Google Analytics merupakan alat yang terbaik untuk Anda gunakan. Hal ini dikarenakan pekerjaannya yang menghilangkan setiap pertanyaan Anda tentang bagaimana pengunjung bergerak dalam website. Tingkat konversi merupakan salah satu prioritas utama untuk pemasaran website, dan Google Analytics dapat senantiasa membantu Anda untuk memberikan insights yang tepat dalam setiap tingkat konversi yang Anda hasilnya. Dan juga, kehadirannya dapat memberikan solusi dan saran tentang berbagai masalah yang pengguna rasakan dari website Anda. 
 
Google Analytics merupakan alat untuk meningkatkan produk Anda, bukan hanya sebagai alat pemasaran dari sebuah website. Kehadirannya memberitahu secara tepat tentang apa saja yang pengguna lakukan, dari mana mereka berasal, seberapa lama mereka terkoneksi dengan Anda, dan seterusnya. Seluruh hal tersebut berdampak langsung terhadap tingkat konversi dan retensi diantara setiap matriks dari website. 
 
Mungkin memang untuk menguasainya sedikit kompleks, tetapi penggunaannya menghadirkan jumlah data dan insights yang luas untuk Anda.
 
Melihat Perilaku Pengguna (User Behavior) Menggunakan Google Analytics
 
Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, Anda perlu memahami tentang bagaimana mereka berperilaku dalam website Anda. Apa saja yang mereka lakukan? Kemana mereka pergi? Dari mana mereka datang? Dan sebagainya. Mempelajari berbagai aspek berbeda dari hal ini dapat Anda lakukan melalui bagian User Behavior pada Google Analytics yang juga memberikan Anda wawasan lebih luas tentang masalah potensial yang dapat terjadi dan membuat Anda dapat memprioritaskan masalah mana yang harus Anda selesaikan terlebih dahulu. 
 
Arus Perilaku Pengguna
 
Arus perilaku dalam Google Analytics dapat mengidentifikasi halaman, jumlah dan volume traffic, perjalanan traffic - seperti rute yang paling banyak dilalui pengunjung untuk masuk dan keluar pada halaman tertentu, perjalanan pengguna, atau corong penjualan Anda. Ketika Anda membandingkan arus perilaku dengan waktu yang dihabiskan oleh pengguna dalam website, Anda dapat dengan cepat mengidentifikasikan halaman penghubung dan area dari website yang menjadi hub konversi Anda.
 
  • Bagaimana Pengguna Berjalan Dalam Website Anda

    Cobalah Anda melihat bagian Behavior dan arusnya untuk menganalisa perjalanan pengguna yang sedang berlangsung untuk mengoptimalkan website Anda secara lebih jauh. Contohnya, Anda dapat mengoptimalkan jumlah halaman yang disinggahi oleh pengunjung untuk membuat mereka mengisi formulir, membuat mereka melakukan pembelian, atau membaca berita dalam blog Anda. Anda juga dapat melihat Anda juga dapat melihat jika pengunjung menekan tombol klik bolak-balik di antara banyak halaman. Hal ini adalah indikator yang sangat baik untuk navigasi yang membingungkan, desain yang menyesatkan, atau copy yang membingungkan.

    Selain itu, arus perilaku dapat mengidentifikasi halaman yang dikunjungi pengguna yang belum tentu Anda harapkan. Misalnya, hal ini dapat menunjukkan bahwa pengunjung Anda mengalami kesulitan mencapai tujuan yang Anda inginkan, dan mereka lebih tertarik pada halaman tertentu lebih dari yang Anda kira. Hal ini menjadi kemungkinan bahwa Anda salah paham tentang apa yang sebenarnya coba dilakukan oleh para pengguna.
 
  • Kemana Pengunjung Anda Pergi?

    Arus perilaku memang memberikan banyak wawasan. Contohnya adalah bahwa Anda dapat melihat di mana titik awal dari pengunjung meninggalkan website Anda, terutama dalam jumlah besar. Hal ini dapat menjadi hal yang baik atau buruk. Atau, hal tersebut dapat berarti bahwa mereka pergi sebelum berkonversi, yang merupakan indikasi perjalanan pelanggan yang buruk. Hal ini menyiratkan bahwa ada sesuatu yang menghalangi untuk menyelesaikan tujuan mereka.

    Dengan menganalisis arus perilaku secara menyeluruh, Anda dapat mengoptimalkan perjalanan pengguna untuk menghasilkan langkah-langkah yang lebih logis, bermakna, dan mudah untuk mendorong mereka menuju konversi.
Event Tracking

Event tracking
merupakan salah satu alat dalam google Analytics yang juga efektif karena penggunaannya membuat Anda dapat melacak tindakan yang kurang dapat terlihat secara langsung. Event tracking dapat membuat Anda melacak klik secara spesifik dalam tombol CTA, tautan, navigasi, atau hal lain dalam website Anda yang bersifat interaktif. Sederhananya, event tracking membuat Anda dapat menemukan apakah pengguna senantiasa berinteraksi dengan website Anda dan elemen spesifik apa saja yang membuat mereka melakukan tindakan tersebut.
 
Anda harus menyiapkannya sendiri, tetapi hal tersebut  akan mendatangkan keuntungan bagi Anda. Misalnya, Anda dapat menguji apakah tombol atau strategi CTA baru Anda berkinerja baik. Hal ini juga menjadi  alat yang efektif untuk melacak keberhasilan dari produk atau aplikasi  yang dapat diunduh. Sangat tepat digunakan untuk melacak pemutaran video, klik iklan, dan interaksi pop-up yang Anda berikan. Apa saja yang pengunjung atau pengguna klik, Anda dapat melacak dengan event tracking.
 
Perbandingan Antara Event Tracking Dengan Arus Perilaku
 
Anda dapat membandingkan kedua hal ini, dan dapat melihat hasilnya dengan arus perilaku untuk mendapatkan visualisasi yang lebih baik tentang bagaimana pengunjung Anda bergerak melalui corong penjualan, perjalanan atau arus, dan apa saja hal yang terdapat di dalam aliran tersebut yang menarik perhatian mereka atau tidak menarik perhatian mereka sama sekali.
 
  • Audience

    Beberapa designer menjelaskan bahwa fitur Audience dalam Google Analytics sebagai sahabat dari designer UX karena kehadirannya memberikan breakdown lengkap yang komprehensif tentang siapa pengunjung website Anda. Insights dari fitur ini memberikan Anda jumlah signifikan seperti lokasi pengguna, informasi demografis seperti jenis kelamin, dan bahkan jenis perangkat yang mereka gunakan untuk mengunjungi website Anda.

    Dan juga, bagian Audience ini merupakan tempat dimana Anda tidak hanya menemukan perangkat, mesin pencarian, atau OS yang pengunjung Anda gunakan, tetapi juga mengetahui ukuran layar dari perangkat mereka.

    Alat ini dapat menjelaskan banyak detail, yang memberi Anda informasi yang bernilai tentang cara mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang siapa audiens Anda dan bagaimana mereka terlibat dengan website Anda.

  • Menemukan Pola Yang Efektif Dari Audiences

    Bagian Audiences dapat membantu Anda mengidentifikasikan varian pola dari pengunjung. Contohnya, hal tersebut dapat menunjukkan Anda peningkatan dari pengunjung di pagi ataupun tengah malam. Hal  ini penting karena membantu membentuk mentalitas dari pengunjung itu sendiri. Dan juga, hal tersebut membantu tim Anda untuk membangun pengalaman pengguna dan kampanye pemasaran yang lebih efektif. 

    Jika Anda menyadari bahwa setiap pengunjung website Anda berkonversi di tengah hari, atau tidak berkonversi sama sekali di akhir pekan, Anda dapat menggunakan ilmu ini untuk memperbaiki dan memperkuat strategi pemasaran. Ya, Anda memang perlu menginvestigasi lebih dalam tentang pola-pola ini, tetapi fitur Audience dari Google Analytics dapat menjadi langkah pertama bagi Anda untuk mengidentifikasi dan menemukan pola yang digunakan oleh pengguna. 

  • Menemukan Kesempatan Dalam Pola Audience

    Keseluruhan pola dari pengguna merupakan kesempatan untuk Anda. Kesempatan tersebut dapat membuat Anda menciptakan pengalaman pengguna yang lebih spesifik. Contohnya, jika Anda menyadari bahwa mayoritas dari pengguna website Anda menggunakan perangkat dan ukuran layar dari perangkat tertentu, hal tersebut dapat menjadi kesempatan Anda untuk bereksperimen dengan konten khusus untuk perangkat atau layouts tertentu. Atau, hal tersebut dapat menjadi kesempatan untuk memeriksa kembali aplikasi native milik Anda. 
Perbandingan Antara Audience & Matriks
 
Tanpa diragukan lagi, Audience menjadi salah satu alat yang sangat efektif. Kehadirannya memberikan Anda berbagai insight dalam beberapa jenis audiens Anda, dan hal tersebut juga dapat mengidentifikasikan audiens sekunder juga. Bandingkan berbagai profil dan pola audiens yang Anda temukan dengan metrik seperti rasio konversi dan arus perilaku atau event tracking untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang apa yang berhasil untuk pengunjung atau apa saja hal yang tidak menarik untuk mereka.
 
 
Berikut adalah beberapa fitur dari Google Analytics yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan matriks dari website Anda. Masih ada beberapa tips dan fitur yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan hal ini yang dapat Anda baca melalui link referensi di bagian paling bawah artikel ini.
 
Jika Anda masih bingung dan membutuhkan bantuan untuk mengelola website Anda baik dari segi pengembangan dan juga desainnya, kami dapat membantu Anda. Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
 
 
Reference: DesignModo

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm