Image

QUICK CONTACT













Image

Selain Bersepeda, Berkemah Mulai Jadi Tren di Masa Pandemi COVID-19 Saat Ini

16 Nov 2020 by Billy Gani
Dampak pandemi virus COVID-19 saat ini hampir dirasakan setiap orang di seluruh belahan dunia. Tren yang berkembang karena wabah virus ini pun juga hampir sama di sejumlah negara. Seperti saat munculnya tren bersepeda di negara Eropa dan Amerika, ternyata hal ini juga terjadi di Indonesia beberapa waktu lalu.  
 
Selain itu, fenomena berkemah atau naik gunung juga menjadi tren baru saat pandemi COVID-19 berjalan selama beberapa waktu ketika karantina. 
 
Melansir dari The Guardian (11/7/2020), pandemi yang masih terjadi ini senantiasa membuat tren liburan yang selama ini ramai seperti terbang ke luar negeri, liburan berkelompok atau naik kapal pesiar tidak lagi menarik. Hal ini dikarenakan setiap orang lebih memilih untuk melakukan kegiatan outdoor sebagaimana saran dari para ahli banyak yang mengatakan risiko penularan dalam kegiatan ini relatif lebih rendah.   
 
Di Amerika Serikat, layanan berkemah dan pemesanan glamping (glamour camping) mengalami lonjakan yang cukup besar hingga mencapai 400% jika dibandingkan dengan waktu yang sama tahun lalu. Banyak perusahaan penyedia mobil untuk rekreasi atau biasa disebut dengan recreational vehicle (RV) yang menyediakan penyewaan akomodasi mobil mengatakan bisnis mereka menjadi lebih ramai saat pandemi COVID-19 ini.
 
Sementara itu, REI, produsen peralatan outdoor di Indonesia juga mengatakan bahwa mereka melihat rekor pertumbuhan bisnis pada departemen perkemahan selama enam minggu terakhir karena banyaknya pembeli yang mencari peralatan berkemah. 
 
“Ketidakmampuan untuk mengakses perjalanan dengan normal karena hanya berada di rumah, mengalihkan perhatian orang pada berkemah,” kata Paul Calandrella, Manajer merchandising umum peralatan berkemah dari brand REI. Ia juga mengatakan bahwa peralatan yang laris saat masa pandemi COVID-19 ini adalah tenda, kantong tidur atau sleeping bag, perlengkapan untuk berkemah dan peralatan memasak. Hal ini juga termasuk barang-barang untuk glamping seperti tempat tidur dengan kapasitas kamp besar dan sistem listrik di dalamnya. Paul berharap meningkatnya permintaan peralatan berkemah ini dapat menjadi tren setiap tahunnya.
 
Sejauh ini, RV Park & Campground telah menyumbang hampir sebanyak 25,6 miliar dolar pada ekonomi AS menurut the National Association of RV Parks & Campgrounds (ARVC). Orang-orang yang berkemah di dalamnya telah menghabiskan hampir sebanyak 31 miliar dolar AS untuk peralatan berkemah, perlengkapannya dan kendaraan menurut laporan ARVC. 
 
Publik Di Amerika Serikat menganggap bahwa berkemah lebih aman meskipun mereka berada dalam kondisi pandemi menurut sebuah laporan di Amerika Utara. Setidaknya 46 turis mengatakan hal tersebut. 
 
Anand Subramanian, kepala eksekutif dari platform pemesanan Tentrr, yang mendaftarkan lebih dari 800 tempat perkemahan di Amerika, mengatakan bahwa pasarnya telah tumbuh hingga hampir 900% pada kuartal ini jika dibandingkan dengan dengan tahun sebelumnya. Pemesanan dalam periode ini juga melonjak sebanyak 400% di waktu yang sama jika dibandingkan tahun lalu. 
 
Para pemesan secara mayoritas lebih mencari tempat berkemah dengan jarak sekitar dua jam dari tempat tinggal mereka. “Karena situasi COVID-19 ini, setiap orang mencari lokasi yang berdekatan dengan rumah untuk beristirahat, jika dibandingkan dengan harus menaiki pesawat atau kapal.”
 
Sementara itu, platform pemesanan Hip Camp telah mendapat kurang lebih 300.000 pesanan untuk berkemah mengatakan bahwa meskipun jumlah pesanan mereka menurun drastis saat awal pandemi, kini mereka mendapatkan tiga kali lipat dari apa yang mereka dapat tahun lalu.
 
Pendiri dan kepala eksekutif Hip Camp, Alyssa Ravasio, mengatakan bahwa mereka banyak melihat penggemar baru dalam tren ini. “Sangat menyenangkan bagi kami melihat begitu banyak orang memutuskan ingin keluar. Saya pikir ini adalah momen besar bagi budaya kita. Sangat transformatif,” ujar Alyssa. 
 
Bisnis berkemah dengan mewah atau biasa disebut dengan glamping juga terlihat memberikan rekor pertumbuhan selama tiga bulan terakhir hingga mencapai 100 persen. 
 
Ruben Martinez, salah satu pendiri situs dan American Glamping Association menyampaikan bahwa mereka melihat lonjakan besar akan orang-orang dari kota yang ingin liburan. Mike Gast, wakil presiden komunikasi di Kampgrounds of America (KOA) juga menyampaikan hal serupa. “Semua orang ingin keluar. Mereka berlomba untuk keluar. Kami telah memiliki beberapa tempat perkemahan yang telah diisi secara maksimal,” kata Mike. 
 
Danielle Ali seorang manajer media sosial yang biasanya lebih suka berlibur dengan menyewa kamar kini lebih memilih menyewa RV dan membawanya ke pantai  bersama keluarganya. "Pandemi ini membuat kita menjadi sedikit lebih berpikiran terbuka dan kreatif. Kami melihat beberapa AirBNB, rumah sewa dan sebangsanya sebagai hal yang tidak dapat kami kendalikan. Rasanya dengan menggunakan RV, kami dapat memiliki kontrol yang lebih besar terhadap jarak sosial,” ujar Danielle.
 
Nah, apakah Anda menjadi salah satu orang yang ingin mengikuti tren baru ini? Tetapi, Anda harus senantiasa mengingat untuk menjaga kebersihan serta kesehatan diri Anda, agar senantiasa terbebas dari virus COVID-19 yang menghantui seluruh dunia saat ini.
 
 
Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mendapatkan peralatan berkemah dengan harga yang terjangkau tetapi tetap dengan kualitas yang baik, Tendamart dapat menjadi salah satu solusi Anda. 
 
Tendamart merupakan salah satu distributor dan penjual bahan-bahan tenda dan terpal terlengkap, terbesar, dan berkualitas di Jakarta Indonesia. Selain menyediakan bahan-bahan untuk material tenda lipat dan terpal, Tendamart juga menyediakan, menjual dan memberikan jasa sewa berbagai macam jenis tenda lipat seperti Tenda Sarnafil,Tenda Kafe,Tenda Pleton,Tenda Kanopi,Tenda Roder,Tenda Membrane,dan masih banyak lagi. Bahan tenda dan terpal yang kami jual terdiri dari jenis PVC tarpaulin (IZZI Tent), Terpal PE, Mica Transparan, Tensile Membrane, dan sebagainya. Selain menyediakan bahan-bahan material tenda & terpal, Tendamart juga memproduksi TAS Motor, Terpal Penutup Kendaraan, Wingbox, dan produk lainnya yang berkaitan dengan bahan terpal/tarpaulin. Serahkan seluruh kebutuhan tenda yang berkualitas dan terbaik di Jakarta, Indonesia hanya pada Tendamart.
 
 
 
 
 
 
Reference: Kompas

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm