Image

QUICK CONTACT













Image

Shopping Ads on Google: What Every New Seller Ought to Know

16 Nov 2020 by Billy Gani
Sejak diluncurkan sebagai saluran berbayar di tahun 2012, iklan belanja dalam Google telah menguntungkan bagi para pembeli maupun penjual diluar sana. Iklan perbelanjaan ini merupakan salah satu iklan yang ditawarkan dari Google dan yang paling sering diklik oleh pengguna saat menelusuri Google. Untuk para penjual retail, akun untuk menawarkan produk berbasis iklan ini secara konsisten senantiasa mengantarkan pemasukan yang paling tinggi jika dibandingkan dengan saluran lainnya. 
 
Iklan belanja dalam Google senantiasa bertumbuh dan juga berkembang. Saat ini, setiap iklan tersebut lebih pintar, lebih mudah untuk diatur, dan dapat mencapai audiens yang lebih luas. Dalam panduan di bawah ini, kami akan mencoba memberikan penjelasan yang lebih detail tentang bagaimana cara Anda untuk mengatur dan memproduksi iklan belanja yang lebih efektif.
 
Berikut beberapa pertanyaan penting yang dapat Anda pertimbangkan:
 
  • Bagaimana Anda dapat menjangkau pembeli dengan pesan yang tepat pada waktu yang tepat?

  • Bagaimana Anda dapat membantu Google memberikan pencocokan iklan-ke-kueri yang terbaik sehingga Google menampilkan iklan produk yang tepat kepada pembeli terbaik?

  • Bagaimana cara Anda memberikan pengalaman iklan yang terbaik bagi pembeli?

  • Bagaimana cara Anda melacak kinerja iklan dengan benar sehingga bisnis Anda terus berkembang dan meningkat?

Apa Yang Dimaksud Dengan Iklan Belanja & Dimana Hal Tersebut Muncul?
 
 
Iklan belanja, terkadang disebut sebagai daftar produk, merupakan iklan produk yang muncul dalam hasil pencarian dari Google.
 
 
 
 
Iklan belanja tidak hanya muncul pada hasil pencarian standar saat ini. Iklan tersebut juga dapat Anda lihat dalam bagian shopping, dalam kolom pencarian website, dalam perbandingan harga dari aplikasi dan layanan (iOS & Android), atau bahkan pada YouTube. Karena iklan belanja ini sangat berguna untuk para konsumen dan populer digunakan oleh berbagai pemasar, Google senantiasa memperbesar jangkauan dari iklan ini. Hal ini semakin meningkatkan kesempatan bagi para pebisnis untuk memasarkan produk dan layanan yang diberikan.
 
Kampanye iklan belanja dalam Google disediakan dalam bentuk dua platform yaitu Google Ads & Google Merchant Center. Google Ads adalah tempat dimana kampanye belanja Anda hidup dan tempat dimana Anda mengatur budget, mendapatkan insights baru, dan membuat pengoptimalan iklan untuk produk Anda. Sedangkan Google Merchant Center merupakan tempat dimana daftar produk disimpan, bersamaan dengan detail tentang pengiriman dan pajak penjualan. Daftar produk inilah yang digunakan oleh Google untuk membangun iklan belanja yang tepat untuk website dan bisnis Anda.
 
Penyiapan dan pengelolaan iklan menggunakan tab shopping pada Google sedikit berbeda dari penyiapan iklan teks biasa. Dengan iklan teks, Anda membuat kampanye, grup iklan, dan iklan yang berfokus pada kata kunci yang dipilih. Dengan tab Shopping, Google menggunakan feeds, website, dan hal lainnya untuk menentukan kueri penelusuran apa yang dapat memicu iklan Anda untuk muncul. Karena itu, menyiapkan feeds untuk produk Anda memiliki beberapa kesamaan yang kuat dengan melakukan strategi SEO.
Kesuksesan dengan menggunakan tab shopping dalam Google datang dengan melakukan  3 hal:
 
  • Memproduksi iklan yang terbaik dan paling relevan melalui daftar produk yang optimal.

  • Membangun struktur kampanye yang sesuai dengan kemampuan kontrol dan keputusan pertumbuhan yang Anda pilih.

  • Jelas dalam membuat data laporan sehingga anda dapat membuat keputusan yang optimal dan bertumbuh dengan lebih baik.

Beberapa Cara Untuk Memasukkan Produk Anda Ke Dalam Hasil Pencarian Shopping Google
 
Ketika Google pertama kali membuat pengumuman tentang beberapa daftar iklan produk yang gratis kembali ke dalam hasil pencarian dari shopping tab, banyak penjual berbasis e-commerce yang meninjau balik saat dimana setiap iklan yang mereka tempatkan senantiasa gratis. 
 
Meskipun penyertaan produk secara gratis ke dalam hasil Shopping sangat tepat untuk digunakan penjual baru, hal seperti iklan berbayar juga perlu diinvestasikan pada iklan Shopping jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari traffic belanja online Google. 
 
Daftar Berbayar (Paid Listings)
 
Posisi paling menonjol dalam hasil pencarian shopping senantiasa berasal dari iklan berbayar. Yang paling penting, seluruh hasil pencarian yang muncul pada hasil pencarian dari Google saat ini masihlah dikuasai 100% oleh iklan berbayar. Daftar produk ini mendapatkan paling banyak jumlah klik dari setiap pencarian produk. Jika Anda mencari volume yang besar dari usaha iklan menggunakan shopping Google, Anda masih memerlukan pendekatan berbayar ini. 
 
Daftar Gratis  (Free Listings)
 
Penempatan daftar ini biasanya tersedia di bagian tab Shopping, hasil pencarian dari Google Images, Google Lens, dan sebagainya. Sejak April 2020, ketika hal ini diperkenalkan, Google menjelaskan bahwa mereka telah melihat sebanyak hampir rata-rata sebanyak 70% peningkatan klik dan 130% impressions di tab Shopping Amerika Serikat.
 
Hal ini terdengar hebat, dan memang, tetapi traffic dari daftar yang gratis ini mungkin terbatas untuk beberapa penjual tertentu. Bahkan dalam tab Shopping, daftar yang paling menonjol berasal dari iklan yang berbayar. Bagian teratas dari hasil pencarian produk berisikan daftar produk bersponsor, dan daftar produk yang gratis ada di bagian bawahnya.
 
Meskipun daftar Shopping gratis kemungkinan tidak akan sepenuhnya mengubah bisnis Anda, daftar tersebut dapat membuat perbedaan. Dan karena gratis, hal ini dapat menjadi cara yang tepat untuk terjun ke Google Shopping dan mengungkap potensi Anda untuk menggunakan iklan berbayar ke depannya.
 
 
Berikut adalah beberapa hal dasar yang dapat Anda ketahui untuk menghasilkan penjualan yang lebih baik untuk produk, layanan dan bisnis Anda. Masih banyak lagi panduan untuk menjalankan hal ini yang dapat Anda baca melalui link referensi di bagian paling bawah artikel ini.
 
 
Jika Anda masih bingung untuk menjalankan pemasaran digital berbasis website ini, kami dapat membantu Anda. 
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai website development, UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: Shopify

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm