Image

QUICK CONTACT













Image

How to Optimize Your Product Pages For More Sales: 4 Expert-Recommended Tips

13 Nov 2020 by Billy Gani
Anda tentunya mengetahui bahwa halaman produk yang Anda miliki haruslah senantiasa meyakinkan setiap orang untuk meletakkan produk tersebut dalam keranjang mereka. Tetapi, terkadang Anda masih bingung untuk memastikan hal tersebut, bukan? Jangan khawatir, berikut ini ada beberapa tips dari para pakar penjualan dari Shopify yang dapat membantu Anda.
 
Kita juga senantiasa tahu bahwa halaman produk yang tinggi akan konversi sangat penting untuk toko online Anda. Maka dari itu, berikut ini beberapa tips yang diberikan dari para pakar tentang halaman produk dalam website e-commerce dan beberapa contoh yang dapat Anda terapkan.
 
Apa Saja Hal Yang Membuat Halaman Produk Menjadi Lebih Efektif?
 
Dalam teorinya, halaman produk sangatlah sederhana. Anda tentunya ingin memberikan konsumen informasi yang tepat untuk membantu mereka dalam membeli produk yang diinginkan serta meyakinkan mereka bahwa produk yang mereka beli akan berguna untuk mereka. Hal ini setara dengan yang dikatakan oleh Rosara Joseph, Content Strategist di Venture Web, bahwa tujuan utama dari halaman produk Anda adalah untuk membangun kepercayaan diri pembeli dengan menyajikan setiap informasi yang diperlukan dalam membuat keputusan pembelian dan membuat proses tersebut seintuitif dan sejelas mungkin.
 
Tetapi, jika Anda berpikir bahwa hal tersebut lebih mudah dikatakan jika dibandingkan dengan pengaplikasiannya, tentu Anda benar. Jadi, bagaimana cara Anda untuk memulai? Ada 4 hal dasar yang dapat Anda pertimbangkan terlebih dahulu untuk membuat halaman produk yang efektif bagi konsumen:
 
  • Produk Anda - Fokus utama dari pelanggan.

  • Brand Anda - Brand Anda dapat diletakkan mana saja, mulai dari gambar dalam media sosial hingga email pemasaran. Tetapi, sangatlah penting untuk menempatkannya pada halaman produk Anda.

  • Copywriting Anda - Copywriting Anda senantiasa penting karena hal tersebut merupakan cara Anda dalam menggabungkan informasi tertulis yang dibutuhkan pelanggan Anda dengan tone dan kepribadian dari brand Anda.

  • Desain Halaman & Pengalaman Pengguna  - Desain halaman dan pengalaman pengguna dari website Anda, akan diinformasikan oleh halaman produk. Bagaimana hal-hal diatur dalam halaman produk, dan apa yang disertakan di dalamnya, dapat berdampak besar pada konversi Anda.

Dengan mempertimbangkan keempat hal di atas, berikut adalah 4 hal spesifik yang disarankan oleh tim pakar dari Mitra Shopify untuk Anda perhatikan saat Anda ingin meningkatkan konversi dan penjualan dari  halaman produk Anda.
 
Apakah Anda Menggunakan Fotografi Produk Yang Baik?
 
Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dalam e-commerce. Anda dapat menjual produk Anda ke seluruh penjuru dunia. Tetapi, Anda juga menghadapi beberapa tantangan dalam perjalanannya, dan salah satu yang terbesar adalah fakta bahwa konsumen Anda tidak dapat secara langsung memegang, melihat, merasakan, atau mencoba produk yang Anda tawarkan sebelum mereka membeli.
 
Itulah mengapa fotografi dari produk memainkan peranan penting dalam halaman produk Anda dan mengapa para pakar senantiasa membahasnya sebagai salah satu faktor kunci dalam membangun halaman produk yang berkualitas. Mark Perini, Founder dari ICEE Social mengatakan bahwa pengalamannya sebagai desainer website mengajarkannya bahwa setiap orang senantiasa “menilai buku dari sampulnya” saat berbicara tentang e-commerce, jadi Anda harus senantiasa berinvestasi pada fotografi produk yang kuat dan juga berkualitas.
 
Dan dampak foto produk yang berkualitas juga jauh lebih dari sekadar mempercantik halaman produk Anda, jika Anda masih ragu untuk berinvestasi pada foto Anda. 
 
Produk Anda dapat muncul pada banyak situs di seluruh hasil pencarian (situs sosial, Google Penelusuran, Bing, Iklan, website rekomendasi sosial, dan sebagainya). Jadi, pastikan Anda dapat dianggap sebagai brand yang menyajikan produk terbaik dengan benar-benar membuat produk Anda bersinar.
 
Pikirkan tentang semua panduan hadiah liburan yang sedang berlangsung saat ini. Jika Anda tidak memiliki foto yang bagus dan serbaguna, seberapa besar kemungkinan Anda akan dipilih untuk konsumen?
 
Apakah Anda Memiliki Jumlah Detail Yang Tepat Untuk Harga Yang Dicantumkan?
 
Jika Anda menjual produk dengan harga murah, Anda mungkin tidak membutuhkan jumlah detail yang sama seperti barang yang lebih mahal. Namun jika Anda berada di ujung atas dari harga dengan skala yang tinggi,  Anda harus mempertimbangkannya saat menulis halaman produk Anda. 
 
Jika Anda memiliki produk yang sederhana dengan harga yang cukup tinggi, Anda perlu memastikan bahwa copy dari halaman produk akan membantu Anda untuk mencadangkan harga yang berkaitan. Pastikan bahwa Anda mendeskripsikan dengan benar untuk setiap bahan, sumber produk, dan passion dibalik pembuatan produk tersebut.
 
Seringkali terjadi ketika beberapa brand berpikir bahwa pelanggan mereka mengetahui dan memahami produk seperti apa yang mereka ketahui, tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Anda harus melakukan seluruh yang bisa Anda berikan untuk mengkomunikasikan kualitas dan nilai di balik produk Anda, dan tidak berasumsi bahwa setiap pelanggan Anda sudah mengerti tentang produk Anda. 
 
Meskipun jika produk Anda bukanlah berasal dari brand premium, ada baiknya untuk mengevaluasi tentang apakah Anda memiliki cukup informasi di halaman produk untuk menjawab pertanyaan dari pelanggan Anda. Hal ini menjadi penting ketika Anda menyasar target harga produk yang premium.
 
Apakah Anda Memiliki Halaman Produk Yang Well-Branded?
 
Brand Anda bukan hanya menjadi sebuah grafis dalam media sosial dan logo Anda. Hal tersebut menjadi keseluruhan hal yang Anda perjuangkan, siapa yang Anda layani, dan mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan (meskipun ya, grafisnya juga penting untuk Anda perhatikan). Brand Anda dapat menjadi bagian yang membuat atau menghancurkan halaman produk Anda, kata Mark Perini, Pendiri dari ICEE Sosial.
 
Perbedaan antara membuat halaman produk yang biasa-biasa saja dan halaman produk lebih efektif adalah dari kemampuan Anda untuk memasukkan DNA dari brand Anda ke dalam halaman tersebut.  Sebagai pengunjung, setelah Anda membuka halaman produk, Anda tentunya ingin tahu dalam dua detik tentang brand yang sedang Anda kunjungi, bukan?
 
Jadi, bagaimana Anda dapat melakukan hal tersebut? Mark Perini merekomendasikan sebuah latihan untuk berpikiran sederhana yang membuat Anda lebih maju dalam bisnis Anda. Jika Anda memulai dari awal akan halaman produk yang Anda miliki, ingatlah bahwa beberapa pengunjung mungkin tidak pernah mengunjungi beranda Anda, (jika mereka masuk melalui referensi dari media sosial Anda, halaman arahan, atau artikel) jadi tempatkan brand Anda di tempat terbaik yang dapat langsung mereka lihat.
 
Apakah Anda Memiliki Konten Yang Aspirasional?
 
Sebagian besar pelanggan tidak membeli produk Anda karena mereka mencintai Anda. Mereka ingin produk Anda untuk melakukan sesuatu untuk mereka — memecahkan masalah, membuat hidup mereka lebih baik, atau membantu mereka melakukan sesuatu. Halaman produk Anda harus dapat memudahkan mereka untuk melihat bagaimana produk Anda dapat melakukannya.
 
Buatlah konten Anda memberikan jawaban atas sebuah aspirasi, saran Rosara Joseph dari Venture Web. Pikirkan tentang bagaimana produk Anda dapat membantu membuat hidup pelanggan Anda menjadi lebih menyenangkan dan efisien. 
 
Bagaimana brand dan produk Anda sesuai dengan gaya hidup tertentu dan bagaimana Anda membuatnya relevan bagi konsumen Anda? Menjual produk Anda adalah tentang membagikan cerita yang Anda berikan di sekitar mereka.
 
 
Berikut adalah beberapa tips dari pakar e-commerce yang dapat Anda pertimbangkan dalam menjalankan bisnis berbasis e-commerce. Jika Anda masih membutuhkan bantuan, Eannovate hadir untuk Anda.
 
Eannovate hadir dengan layanan E-Commerce Web Development yang profesional & berkualitas di Jakarta, Indonesia. Layanan kami senantiasa dilengkapi dengan Custom UI / UX Design, Optimized CMS, Online Shop, dan Shopping Cart Web Development terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda. 
 
Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam memberikan layanan SEO Digital Marketing dan Website Design di Jakarta dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
 
 
 
Reference: Shopify

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm