Image

QUICK CONTACT













Image

Website Design: 5 Things To Keep In Mind

10 Nov 2020 by Billy Gani
Proses desain merupakan proses yang kuat. Banyak perusahaan dan bisnis yang kini menyadari kekuatan dari desain website untuk menarik lebih banyak pelanggan. Untuk alasan ini, Anda perlu mengambil beberapa aspek penting dari desain website dan aplikasi yang dapat memperkuat brand Anda. 
Berikut ini beberapa hal yang dapat kami bagikan untuk membantu Anda:
 
Pikirkan Tentang Bagaimana Desain Dapat Mempengaruhi Tingkat Konversi
 
Saat ini, desain berjalan jauh melampaui elemen visual. Desain untuk aplikasi perangkat seluler dan website Anda, warna, serta detail grafis lainnya memang penting, tetapi tujuan utama dari website Anda adalah mendapatkan pengunjung. Pengunjung ini datang ke dalam website Anda untuk mencari informasi tertentu dari sebuah layanan atau produk yang Anda tawarkan dan menarik perhatian mereka.
 
Website yang baik dapat dicapai dengan memberikan informasi yang tepat dan diinginkan pengguna. Dengan konsep tersebutlah, setiap desain Anda difokuskan terhadap pengguna. Dengan desain website yang berfokus pada pengguna, tingkat konversi Anda akan lebih mudah untuk meningkat. Dan jika tingkat konversi website Anda meningkat, maka pengikut, pengunjung, dan pelanggan Anda juga akan meningkat.
 
Setiap aspek dari website memainkan peranan penting dalam proses mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan dari bisnis Anda. Hal ini dimulai dari setiap aspek grafis hingga struktur navigasi yang Anda berikan. Jadi, Anda perlu memperhatikan hal ini lebih mendalam ketika merancang desain dari website Anda.
 
Ingatlah Bahwa Ruang Kosong Juga Bagian Penting Dari Desain Anda
 
Penggunaan ruang kosong yang efektif senantiasa penting untuk setiap desain. Untuk pengamat biasa, mungkin tampak bahwa ruang kosong hanyalah area dimana desain belum diterapkan. Untuk seorang desainer, jelas bahwa ruang kosong ini merupakan bagian dari desain dan dalam desain yang baik, setiap ruang kosong memiliki alasan untuk diterapkan dan sengaja ditempatkan pada bagian tertentu dari sebuah halaman.
 
Dengan mempertimbangkan penggunaan ruang kosong ini, Anda harus merencanakan konten dalam website Anda (grafik, teks, video, dll.). Hanya dengan cara ini Anda dapat mengetahui ukuran teks, foto, dan grafik lainnya yang perlu ditempatkan. Tujuannya adalah untuk menemukan keseimbangan agar desain Anda tidak terasa kosong (atau seolah-olah kekurangan elemen) atau terlihat terlalu sarat dan sulit untuk dibedakan dari satu elemen ke elemen lainnya.
 
Selalu Ingat Bahwa Typography Senantiasa Perlu Diperhatikan
 
Saat ini, karena adanya HTML5, Anda dapat dengan mudah menambahkan video dan bahkan memasukkannya dari berbagai sumber luar. Dengan cara ini, berat dari halaman Anda tidak terpengaruh dan tidak mengalami dampak pada waktu respon dan muatan yang dihasilkan. Dan juga, ada beberapa sumber yang dapat memberikan interaktivitas tambahan untuk website Anda seperti mengubah warna dari tombol hingga memberikan efek yang canggih seperti parallax scrolling.
 
Karena hal ini juga, banyak desainer yang terkadang melupakan pentingnya typography dan lebih mementingkan bagian interaktif dari setiap halaman website yang dirancang. Namun, typography ini juga menjadi bagian penting dalam sebuah desain. Saat ini, karena adanya Google Fonts, Anda dapat memiliki lebih banyak sumber dan memberikan tampilan yang benar-benar unik ke dalam website Anda. Faktanya, kita dapat memilih font yang sesuai dengan elemen grafis lainnya dan menyesuaikannya dengan kepribadian brand Anda.
 
Tetapi karena jumlah sumber yang tersedia lebih banyak, waktu pemilihan menjadi dua kali lipat. Dan tidak hanya itu, Anda juga harus memilih ukuran yang sesuai berdasarkan tempat di mana mereka akan ditampilkan, warna yang akan Anda gunakan dan format yang akan Anda berikan di bagian teks tertentu. Jangan lupa juga untuk memverifikasi tentang bagaimana typography terlihat pada desain akhir dan memeriksa apakah benar-benar tidak ada masalah dalam segi keterbacaannya.
 
Terapkan Motto “Less Is More
 
Meskipun frasa "less is more" diucapkan oleh Mies van der Rohe lebih dari 70 tahun yang lalu, hal ini dapat menjadi motto yang sangat sesuai dengan keadaan dari setiap desain website saat ini dimana minimalis dan gaya yang flat telah menjadi tren dalam beberapa waktu terakhir.
 
Saat ini, para pengunjung senantiasa berkomitmen pada kesederhanaan website dan kemudahan penggunaan, jika dibandingkan dengan efek dan animasi yang mengesankan. Syarat pertama untuk Anda pertimbangkan dalam menjalankan bisnis menggunakan  website adalah memiliki kegunaan yang optimal. 
 
Untuk itu, website Anda haruslah mudah digunakan mulai dari navigasi, hingga nama bagian yang memainkan peran penting karena menunjukkan kepada pengguna jenis informasi yang dapat mereka pada setiap halaman. Kesederhanaan ini juga diterjemahkan ke dalam setiap elemen grafis karena desain yang baik tidak hanya meningkatkan tampilan dari website Anda, tetapi juga membuatnya lebih mudah untuk "dibaca".
 
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pembacaan visual suatu website seperti kontras warna antara latar belakang dan bentuknya. Atau yang sangat penting yang telah kami sebutkan di artikel ini adalah ruang kosong.
 
Motto "less is more" dapat digunakan dalam desain website saat ini dan tidak mengacu pada kekurangan elemen, tetapi hanya memasukkan elemen yang diperlukan untuk mencapai desain yang lebih seimbang. Jika Anda bekerja dengan motto ini, Anda dipaksa untuk menyederhanakan gambar, bentuk bahkan menghilangkan elemen desain Anda, sehingga hasil visualnya lebih optimal.
 
Ingat Bahwa Anda Dapat Menggunakan Sumber Interaktif
 
Salah satu tujuan utama saat merancang desain dari website adalah untuk menghasilkan dampak pada pengguna. Hal ini adalah cara untuk memastikan bahwa mereka senantiasa mengingat brand Anda. Cara terbaik untuk menghasilkan pengaruh ini adalah dengan membuat hubungan yang baik dengan klien Anda melalui nilai dari brand
 
Untuk hal ini, Anda tidak hanya harus mengetahui nilai-nilai yang berkaitan tetapi juga mengetahui cara menerapkannya pada website Anda. Tidak hanya gambar dan foto yang dapat mengekspresikan nilai brand Anda, begitu juga warna, typography, bentuk, dan bahasa yang Anda gunakan.
 
Menambahkan sumber interaktif juga dapat membantu Anda menciptakan hubungan emosional dengan pengunjung website. 
 
Contohnya, Anda dapat menggunakan parallax scrolling jika Anda ingin menceritakan sebuah cerita saat pengguna memasuki website Anda. Parallax scrolling sangat cocok untuk situasi ini karena memungkinkan narasi Anda menjadi lebih lancar. Pikirkan kembali tentang sumber daya yang dapat memperkuat nilai brand Anda dan jangan ragu untuk menggunakannya.
 
 
Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda perhatikan lebih dalam untuk merancang desain dari website Anda. Jika masih membutuhkan bantuan, kami hadir untuk Anda.
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai website development, UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: LeraBlog

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm