Image

QUICK CONTACT













Image

All You Need to Know about Progressive Web Applications

03 Nov 2020 by Billy Gani
Peningkatan website berbasis perangkat saat ini juga menambah berbagai kesempatan dan tantangan bagi setiap developer website. Menurut data dari Statista, hampir sebagian besar dari pengunjung website di tahun 2018 menggunakan perangkat seluler mereka. Namun, untuk bisnis dalam pasar kompetitif saat ini, hal tersebut sudahlah tidak asing. Karena pengguna senantiasa berpindah untuk menggunakan perangkat seluler sebagai perangkat utama mereka dalam meraih informasi, ekspektasi mereka tentang apa yang dapat perangkat tersebut lakukan juga semakin meningkat. 
 
Para developer website tentunya haruslah awas dengan hal ini. Tidaklah hanya dengan memberikan pengalaman yang seamless dari perangkat dan desktop, tetapi juga harus dapat memastikan bahwa navigasi dan interaksi dari perangkat tersebut berjalan dengan baik untuk setiap aspek - seperti ukuran jari, ukuran layar, dan keseluruhan pengalaman  pengguna. 
 
Untuk menghadapi tantangan ini, progressive mobile apps atau lebih mudah disebut dengan PWA, telah berkembang dan menjadi populer saat ini. Google pertama memperkenalkannya di tahun 2015, ketika pencarian dengan perangkat sedang tinggi-tingginya. Saat ini, PWa sudah menjadi pilihan populer yang mudah digunakan dalam pengembangan, dan digabungkan dengan pengalaman pengguna yang juga superior.
 
Tetapi, Apa Yang Sebenarnya Dimaksud Dengan PWA & bagaimana Anda Dapat Memanfaatkannya Untuk Bisnis Anda?
 
Aplikasi web progresif, atau PWA, memanfaatkan teknologi terbaru yang tersedia untuk menggabungkan aspek terbaik dari aplikasi berbasis website dan perangkat seluler. PWA berfungsi seperti website dan menggunakan teknologi dari website yang populer, tetapi tampak dan terasa seperti aplikasi perangkat seluler bagi pengguna. Perkembangan mesin pencarian terbaru dari Google dan raksasa teknologi lainnya memungkinkan para pengembang website untuk dengan mudah membuat produk yang memungkinkan pengguna menerima push notifications dan menginstal secara langsung aplikasi website tersebut, bahkan juga dapat menggunakan beberapa kemampuan lainnya secara offline.
 
Aplikasi web progresif ini menggunakan sistem yang jauh lebih canggih daripada aplikasi asli, dan lebih disesuaikan dengan website. PWA menggunakan alat yang kompleks, namun lebih mudah untuk diterapkan dan diawasi penggunaannya. Hal tersebut terjadi karena PWA dapat berjalan dalam kode website Anda, sehingga pengembang hanya mempertahankan satu produk keseluruhan di antara aplikasi dan website yang Anda miliki. Hal ini mengurangi tekanan pada bagian IT dan meningkatkan pengalaman pengguna secara lebih baik.
 
Berikut Adalah Beberapa Hal Yang Anda Perlukan Untuk Mengaplikasikan PWA Bagi Website Anda
 
Ketika Anda sudah siap untuk mengambil manfaat dari PWA untuk bisnis Anda, pahamilah bahwa sebuah PWA haruslah:
 
  • Bekerja dengan tampilan dan navigasi yang sama untuk setiap perangkat dan mesin pencarian yang digunakan oleh pengguna. PWA secara inheren bersifat progresif karena memiliki peningkatan progresif dalam kodenya.
  • Bekerja dengan seamless mulai dari desktop hingga setiap perangkat seluler, tidak seperti aplikasi native.

  • Independen akan konektivitasnya. Dengan PWA, pengguna dapat bekerja secara offline dan mengakses fungsi utama dari website Anda, bahkan jika berada dalam lingkungan dengan jaringan yang buruk

  • Sama seperti aplikasi - hal ini dikarenakan PWA secara efektif memisahkan konten dari fungsionalitasnya

  • Tetap up to date dengan model pembaruan yang berkelanjutan

  • Mudah ditemukan oleh pengguna

  • Dapat dicari dan diunduh oleh pengguna tanpa langkah-langkah awal seperti mengunduhnya melalui App Store

  • Berkoneksi langsung dengan pengguna secara sederhana, karena adanya push notifications

  • Mudah disebarkan melalui URL pengguna, tanpa proses penginstalan yang rumit

Sebuah produk hanya dapat disebut sebagai PWA jika memiliki hampir seluruh persyaratan diatas. Tetapi, mengapa para pengembang harus mempertimbangkan penggunaannya? Hal tersebut tentunya diperuntukkan bagi konsumen dari bisnis Anda.
 
Beberapa Contoh Nyata Dari Penggunaan Progressive Web Applications (PWA)
 
Ingin mencoba menggunakan PWA untuk bisnis Anda? Luangkan waktu Anda sejenak untuk melihat bagaimana para profesional memanfaatkan PWA seperti contoh di bawah ini:
 
PWA Dari Twitter 
 
Aplikasi web progresif (PWA) Twitter memiliki seluruh hal menarik di dalamnya - intuitif, mudah digunakan, menyenangkan untuk dimainkan, dan mudah dipasang pada layar beranda tanpa membuat Anda diarahkan ke dalam toko aplikasi. Akses PWA dari Twitter secara langsung melalui mobile.twitter.com bukan melalui twitter.com untuk mencoba merasakan pengalaman penggunaan PWA yang disajikan oleh Twitter.
 
PWA Dari Washington Post 
 
Sumber berita yang baik haruslah mudah diakses, dinavigasi, dan mengarahkan pengguna ke informasi yang mereka inginkan dengan cepat. PWA dari The Washington Post dapat memeriksa semua kotak dan memungkinkan pengguna memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan konten dari website secara lengkap, dengan intuisi dan kemudahan akses yang melekat dalam aplikasi aslinya. Hal ini juga berfungsi selama 24/7 berkat Perpustakaan Offline dari Google Analytics.
 
Manfaat Penggunaan PWA Bagi Bisnis Anda
 
Aplikasi website yang progresif memiliki keunggulan dari sisi aplikasi dan ekosistem yang kuat dari sebuah website. Ada beberapa alasan kuat lainnya untuk mempertimbangkan penggunaan PWA daripada aplikasi native:
 
  • Sebuah aplikasi, rata-rata, dapat kehilangan 20% pengguna untuk setiap langkah antara kontak pertama pengguna dan penggunaan aplikasi yang sebenarnya. Pertimbangkan langkah-langkahnya: Pertama, pengguna harus menemukan aplikasi di toko aplikasinya masing-masing. Selanjutnya, pengguna harus mengunduh dan menginstal, lalu membukanya.

    Sebaliknya, aplikasi web progresif memungkinkan pengguna untuk menemukan aplikasi Anda dan langsung mulai menggunakannya, tanpa ada langkah konversi yang berisiko di antaranya.

  • Pengguna juga dapat menikmati keuntungan dari aplikasi native dengan menggunakan PWA. Push notifications, misalnya, dapat meningkatkan tingkat retensi hampir 300% dibandingkan dengan aplikasi yang tidak menggunakannya. Karena PWA juga memanfaatkan push notifications, pengguna dan pengembang dapat menikmati hal terbaik dari kedua dunia yang mereka jalankan.

Dengan kata lain, manfaat utama PWA adalah menggunakan aspek aplikasi seluler yang paling nyaman, tetapi menggabungkannya dengan kekuatan dan kesederhanaan dari website Anda. Hal ini menghasilkan kinerja dan retensi yang lebih baik, serta metode penerapan dan pemeliharaan yang lebih mudah.
 
PWA menghilangkan banyak masalah yang melekat pada aplikasi native. Aplikasi native, jika dirancang dengan baik, dapat berfungsi secara cepat dan efisien. Namun, ada kalanya ketika pengembang tidak dapat memperhitungkan semua kemungkinan. Proyek Accelerated Mobile Pages (AMP) bekerja untuk mengatasi masalah koneksi yang lambat, tetapi apa yang akan terjadi pada jaringan yang berkualitas rendah? Aplikasi native mungkin kurang beruntung, tetapi PWA akan terus berfungsi di lingkungan apa pun.
 
Perangkat seluler akan menjadi mode penelusuran dominan untuk jangka panjang. Berdasarkan penelitian tentang penggunaan perangkat seluler, jumlah pengguna internet dalam perangkat seluler diperkirakan mencapai 270,5 juta pada tahun 2020, dan lebih dari setengah dari semua pencarian internet tersebut terjadi pada perangkat seluler. 
 
Hal ini akan mengarah pada lebih banyak permintaan konsumen yang ingin mengakses informasi dari perangkat apa pun, kapan pun, dan dalam keadaan apa pun. PWA paling cocok untuk menghadapi tantangan ini karena penggunaan internet berbasis perangkat seluler terus meningkat.
 
PWA membutuhkan lebih sedikit sumber daya dan lebih sedikit waktu untuk diterapkan dan dijalankan. Dengan kata lain, biaya aplikasi native mungkin lebih besar sekitar 10 kali jika dibandingkan dengan mengembangkan website sederhana. 
 
Terlepas dari manfaat yang melekat pada PWA, banyak perusahaan atau bisnia yang tampaknya lambat dalam mengadopsi hal ini. Aplikasi web progresif menggabungkan aspek paling kuat dari aplikasi native dan website tradisional. Kehadirannya menawarkan alternatif biaya yang lebih rendah untuk aplikasi native, tetapi dengan kekuatan retentif serupa dalam bentuk push notifications dan banyak lagi. 
 
Jika Anda memiliki bisnis, Anda dapat mempertimbangkan PWA karena biaya yang lebih rendah, pemeliharaan yang lebih mudah, dan pengoperasian yang lebih efektif. 
 
Namun, mungkin masih perlu waktu beberapa tahun agar fenomena ini menjadi populer dan menjadi metode penelusuran dan penggunaan seluler yang disukai. 
 
 
Tetapi, jika Anda hanya ingin memiliki website sederhana pada awal mula dari bisnis Anda, tanpa menggunakan PWA terlebih dahulu, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai website development, UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: LeraBlog

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm