Image

QUICK CONTACT













Image

5 Tips Untuk Memproduksi Boks Kemasan Produk Yang Lebih Baik

20 Oct 2020 by Billy Gani
Apakah kotak pesanan untuk produk berbasis e-commerce Anda menghasilkan hasil pendapatan yang baik atau malah membunuh margin Anda? Ini saat yang tepat bagi Anda untuk berpikir lebih dalam tentang kemasan boks untuk produk Anda. Pelanggan menghabiskan seluruh waktunya untuk mencoba mendapatkan pesanan produk e-commerce mereka dalam bentuk kotak, tetapi kini sudah saatnya bisnis Anda untuk mulai berfokus pada penggunaan kemasan produk yang jauh lebih baik. Tempat kecil untuk menaruh produk Anda tersebut mungkin dapat menjadi hal terbaik untuk Anda optimalkan. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara untuk lebih meningkatkan keberhasilan penjualan dari bisnis Anda.
 
Mungkin memang menjadi sebuah konsep yang cukup sulit untuk dimulai, khususnya untuk pesanan e-commerce berbasis dunia. Namun, tentunya hal ini dapat dipahami dari waktu ke waktu dan menjadi sebuah langkah yang juga membantu Anda dalam mengelola pesanan ke depannya.
 
Berikut ini beberapa tips dari kami tentang bagaimana memproduksi kemasan yang lebih baik untuk setiap produk dari bisnis Anda.
 
Jangan Menggunakan Boks Kemasan Besar Untuk Produk Yang Kecil
 
Apa yang perlu kita perhatikan dari masalah ini adalah penggunaan kotak yang sangat besar tetapi hanya berisikan produk kecil membuat pelanggan merasa kesal karena seperti diberikan harapan akan besarnya produk. Apalagi jika isi produk dipenuhi filler seperti bubble wrap yang banyak di sekitarnya, hanya untuk membuat produk terlihat berat dan besar dalam kemasan.
 
Dan juga, hal ini lebih menghabiskan budget Anda. anda dapat memikirkan terlebih dahulu tentang konsumen dan langkah yang Anda ambil dalam menyajikan produk Anda. Pikirkan tentang seberapa banyak keuntungan yang Anda dapatkan dan sesuaikan dengan ukuran dari produk Anda.
 
Contohnya, jika Anda menjual produk kosmetik yang sebagian besar berukuran sedang, Anda dapat membuat kemasan boks produk yang juga sesuai dengan ukuran produk Anda, misalnya ukuran medium. Hal ini juga menghemat budget Anda serta tidak membuat pelanggan berangan besar ketika menerima produk tersebut. Mereka tentunya akan senang dengan mendapatkan produk yang besarnya juga sesuai dengan apa yang mereka lihat dalam toko online Anda.
 
Cocokkan Kemasan Dengan Produk Yang Anda Jual
 
Hal yang dapat Anda pertimbangkan selanjutnya adalah tujuan dari kemasan setiap produk Anda. Pisahkan produk yang Anda jual berdasarkan kategorinya. Kami menyarankan Anda untuk membaginya ke dalam dua kategori yaitu kotak paket branded untuk unboxing dan paket  utilitas yang dirancang untuk menjaga keamanan dari produk.
 
Kemasan paket boks utilitas merupakan kemasan yang kita ekspektasikan saat menerima produk online. Kemasan tersebut biasanya berupa kotak standar dari kardus yang biasa diisi dengan bubble wrap dan produk yang Anda beli. Dengan menggunakan kemasan ini, Anda menjamin bahwa produk Anda aman saat dikirimkan hingga sampai di tangan pelanggan.
 
Tinjau sebanyak mungkin opsi dan uji kemasan Anda dengan pengiriman lokal dan pengiriman yang memakan waktu lama (misalnya ke luar kota) untuk melihat bagaimana kemasan tersebut bertahan hingga sampai ke tangan pelanggan. 
 
Sedangkan,kemasan yang branded dirancang agar mencerminkan bisnis atau perusahaan Anda, mulai dari logo di bagian atas hingga bawah dan dalam keseluruhan kemasan. Hal ini memungkinkan pelanggan Anda untuk menentukan di mana sisi yang tepat untuk mereka buka, dan kemudian memindahkan produk Anda dengan langkah-langkah yang benar saat mereka membuka dan membongkar setiap bagian produk yang mereka pesan.
 
Anda akan segera mengetahui mengapa banyak brand di  e-commerce yang mencoba untuk membuat kemasannya sendiri. Jika Anda ingin menemukan contoh yang lebih banyak lagi tentang apa arti, tampilan, dan mengapa pelanggan dapat puas dengan kemasan tersebut, Anda dapat melihat video unboxing di YouTube sebagai salah satu referensi Anda.
 
Sesuaikan Material Kemasan Dengan  Pengiriman 
 
Kami telah membahas beberapa jenis kemasan dan pengisi (filler) dalam poin sebelumnya. Setiap opsi menyajikan  perlindungan yang dibutuhkan untuk berbagai jenis produk. Beberapa opsi mungkin cocok untuk jenis tertentu, dan berikut ini beberapa jenis pengisi standar yang dapat Anda gunakan:

  • Karton atau kertas yang dirobek - cocok untuk produk pakaian, tekstil, kain, kertas, buku, dan barang lain yang kemungkinan besar tidak akan rusak saat pengiriman.

  • Bubble wrap - cocok untuk perhiasan kecil dan produk yang mudah pecah seperti elektronik, buku dan benda keras dengan cat enamel.

  • Busa kemasan (packaging foam) - Cocok untuk produk yang mudah pecah seperti piring, kamera, mikrofon, elektronik kecil,mesin dan komponennya, atau produk yang tajam yang dapat melukai boks kemasan jika terguncang dalam waktu pengiriman.

  • Dan sebagainya.

Beberapa alat diatas dapat membantu Anda mengelola dan mengamankan semua produk di dalam kotak dan kotak itu sendiri. 
 
Hal diatas adalah cara sederhana dan efektif untuk menjaga pencitraan brand Anda agar tetap baik di mata pelanggan. Amazon, salah satu e-commerce terbesar juga menggunakan hal diatas pada kotak yang mereka gunakan untuk mengirimkan produk. Tentunya Anda  dapat belajar dari Amazon, bukan?
 
Standarisasikan Kemasan Anda
 
Jika Anda ingin memasukkan lebih banyak produk ke dalam setiap kotak sehingga dapat membuat paket tersendiri atau jika ingin mengirimkan lebih sedikit kotak saat seorang pelanggan membuat pesanan besar, Anda mungkin ingin melihat bagaimana masing-masing produk Anda dikemas. Jika Anda bisa mendapatkan kemasan langsung di sekitar produk Anda dalam ukuran dan bentuk yang seragam (seperti beberapa kotak kecil yang dimasukkan ke dalam satu kotak pengiriman besar), maka Anda dapat membeli kotak pengiriman yang cukup besar untuk menampung pesanan e-commerce Anda secara rata-rata.
 
Awasi dan persempit opsi Anda untuk mendapatkan kesempatan terbaik dalam menyesuaikan setiap produk dalam satu pesanan pada satu kotak. Selain itu, Anda dapat mengukur kotak tersebut untuk mengetahui seberapa banyak produk yang dapat ditampung dalam satu kotak besar. Hal ini dapat memberi Anda gambaran ringkas tentang seberapa banyak filler yang Anda perlukan untuk melindungi seluruh produk jika pelanggan hanya memesan 8 produk dan dan kotak kemasan Anda dapat membuat 10 produk.
 
Kemasan standar untuk masing-masing produk Anda serta kotak pengiriman dapat mempermudah pemesanan dan inventaris Anda. Anda mungkin pernah melihat beberapa perusahaan melakukan ini dengan paket yang mereka kirim setiap bulan, biasanya sebagai kotak langganan, dimana kotak tersebut selalu memiliki dimensi yang sama dan produk yang dipilih senantiasa ditempatkan sesuai di dalamnya.
 
Cobalah Untuk Melipat Kemasan Atau Menggunakan Kotak Kustom
 
Terkadang gudang Anda ingin segera mengeluarkan barang-barang kepada pelanggan. Hal tersebut sangat masuk akal. Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki kotak yang tepat? Bagaimana jika seluruh produk Anda terlalu besar?
 
Kami tahu Anda tidak ingin mengirimkan produk kecil dengan menggunakan kotak besar, jadi Anda memerlukan alternatif lainnya. Kotak yang dapat dilipat adalah salah satu alternatif terbaik. 
 
Kotak tersebut biasanya memang tidak sebaik kotak yang menarik dari segi visualnya, dan Anda mungkin perlu memotong bahan dasarnya agar muat untuk dimasukkan produk. Tetapi, kotak tersebut akan lebih menghemat budget Anda. Bagian terbaik dari kotak lipat standar ini adalah sifatnya yang tahan lama, bahkan setelah dipotong. Kotak ini akan melindungi produk Anda mulai dari pengemasan hingga sampai ke tangan pelanggan.
 
Pemotongan menggunakan mesin juga digunakan dalam kotak ini untuk memastikan seluruh kotak ini terlihat baik dan mudah diukur serta diverifikasi oleh operator pengiriman Anda. Potongan ini akan memberi Anda dimensi yang jelas dan memungkinkan Anda untuk menentukan harga dengan tepat dan memilih operator terbaik dengan harga yang juga terjangkau.
 
Kotak kustom adalah pendekatan terpisah bagi Anda untuk selalu siap dalam hal mengirimkan produk. Jika Anda memiliki kotak tertentu untuk setiap produk atau paket, Anda dapat menghindari potensi kehabisan kotak dengan menyetok ulang kotak setiap kali Anda mengisi ulang produk. 
 
 
Jika Anda ingin menggunakan boks kemasan kustom untuk mengemas produk Anda, Instaprint dapat menjadi salah satu solusi Anda. Instaprint merupakan salah satu digital printing yang bisa Anda percaya untuk mencetak segala jenis kemasan produk seperti box packaging, stiker label kemasan, dan keperluan bisnis yang Anda butuhkan. Untuk mendukung bisnis Anda, Instaprint menawarkan jasa cetak box packaging di Tangerang yang berkualitas dan dengan harga terjangkau. Anda hanya perlu mengirimkan hasil desain, kemudian Instaprint akan mencetaknya dengan kualitas yang tentunya tidak diragukan. Instaprint juga dapat memotong hasil pencetakan box packaging Anda, sehingga Anda tidak perlu repot-repot membuang tenaga lagi untuk memotongnya.
 
Tanpa perlu bolak-balik tempat percetakan, Anda bisa mengetahui proses pesanan melalui website atau SMS dari penyedia jasa pengiriman yang Anda pilih mulai dari pembuatan desain, pengerjaan cetak, hingga status pengiriman hasil cetak ke lokasi. 
 
Jauh? Tenang saja, Anda tetap dapat mencetak box packaging untuk bisnis Anda tanpa harus kesulitan untuk pergi ke Gading Serpong, Cengkareng ataupun Bintaro. Anda cukup membuka website-nya, order dan submit desain yang ingin Anda cetak, kemudian pilih cara pengiriman yang juga bervariasi. Dijamin, desain box packaging untuk bisnis Anda dapat langsung selesai dan sampai ke tangan Anda secara cepat lewat ekspedisi seperti JNE ataupun Gojek.
 
 
 
 
 
Reference: PackHelp

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm