Image

QUICK CONTACT













Image

5 Tips Dalam Merekrut Operator Alat Berat Yang Berpengalaman

19 Oct 2020 by Billy Gani
Mengoperasikan alat berat bukanlah tugas yang mudah. Dibutuhkan tenaga yang peka dan teliti dengan keadaan sekitarnya untuk dapat mengoperasikan alat berat dengan baik. Saat mengoperasikan alat berat, banyak hal yang juga dipertaruhkan oleh seorang operator seperti keselamatan pekerja lain, keselamatan operator tersebut sendiri, dan alat berat yang digunakannya. Tidak heran jika seseorang yang dapat mengoperasikan alat berat belum tentu bisa menjadi operator yang baik. 
 
Ada berbagai faktor yang harus dipertimbangkan ketika ingin merekrut operator yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk membantu pertimbangan Anda dalam merekrut operator untuk mesin berat.
 
Pelajari Seluruh Pengalaman Praktek Yang Dimiliki
 
Pengalaman dari seorang operator harus menjadi hal utama yang Anda pertimbangkan. Tahun-tahun di saat operator bekerja adalah saat di mana Anda harus menggali informasi seperti area kerja yang pernah ditangani, tugas yang pernah dikerjakan, jenis alat berat yang pernah dioperasikan dan juga berbagai rintangan yang pernah dihadapi selama tahun kerjanya tersebut.
 
Beberapa pengoperasian membutuhkan kemampuan yang sangat terperinci, dan mencari tahu apa saja pengalaman yang dihadapi selama jam terbangnya adalah cara satu-satunya untuk mengetahui keahliannya. Sertifikat memang dapat menjadi penjamin tentang orang tersebut untuk mampu untuk mengoperasikan alat berat. Namun, pengalaman dan jam kerja akan memberikan pengetahuan dan mengasah kemampuan yang berbeda dari apa yang didapatkan di lembaga pengajaran.
 
Seluruh pengalaman yang dimiliki akan memberikan kemudahan bagi seorang operator dalam menyelesaikan tugasnya. Agar pengerjaan proyek bisa selesai lebih cepat dan juga lebih aman, sebaiknya Anda merekrut pekerja yang berpengalaman meski harus merogoh kocek lebih dalam daripada yang lebih terjangkau namun kurang dalam segi pengalamannya.
 
Periksa Terlebih Dahulu Tentang Kemampuan Kemampuan Mekanik Dasar Yang Dimiliki
 
Sama seperti mesin lainnya, alat berat juga rentan akan kegagalan mesin saat terjadi kesalahan kecil di waktu tertentu. Namun, jika Anda memilih untuk mendatangkan teknisi mekanik di lapangan seharian penuh juga bukanlah menjadi solusi yang efektif. Anda malah jadi harus membayar lebih mahal untuk membuat teknisi mekanik tersebut untuk standby di lapangan hanya untuk mengatasi kemungkinan bermasalahnya mesin pada alat berat.
 
Operator terbaik untuk direkrut adalah operator yang juga memiliki kemampuan mekanik dasar. Pada keadaan ketika kegagalan mesin terjadi karena kesalahan kecil, seorang operator dapat membantu menyelesaikannya tanpa perlu menunggu kedatangan teknisi mekanik. 
 
Selain itu, hal ini juga sangat menghemat waktu sehingga proses pengerjaan proyek bisa dilanjutkan kembali ketika mesin sudah selesai diperbaiki.
 
Wajib Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik
 
Pengoperasian alat berat adalah pekerjaan yang melibatkan banyak orang. Kemampuan komunikasi yang baik dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas komunikasi yang terjalin. Operator juga harus senantiasa lancar menggunakan bahasa yang dipakai dalam area kerja. Di saat yang sama, ia juga harus bisa menjadi pendengar yang baik yang siap untuk menerima instruksi dan segera mengeksekusinya ketika instruksi diberikan.
 
Kemampuan Untuk Mengoperasikan Alat Berat Lain Adalah Nilai Tambah
 
Ada berbagai tipe dan jenis alat berat untuk pekerjaan yang juga berbeda. Operator yang yang baik adalah orang yang dapat bekerja menggunakan berbagai jenis mesin. Jika salah satu bagian dari pengoperasian tertunda, operator dapat ditugaskan untuk bekerja menggunakan mesin lain sehingga pengerjaan proyek tidak terhenti dan penggunaan tenaga kerja juga akan menjadi lebih efisien.
 
Jangan Lupa Untuk Memeriksa Sertifikasi
 
Hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah memastikan seluruh sertifikasi yang dimiliki operator tersebut. Sertifikat tersebut menunjukkan apakah operator bersangkutan benar-benar memiliki kualifikasi yang sesuai untuk mengoperasikan alat berat. 
 
Sertifikasi ini biasanya dikeluarkan oleh lembaga yang menyediakan kursus atau sekolah pengoperasian alat berat sehingga sertifikat tersebut dapat menjamin apa saja kemampuan yang dimiliki operator tersebut.
 
Kelima hal di atas adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lewatkan dalam proses rekrutmen operator alat berat. Dengan merekrut operator alat berat yang terbaik, Anda bukan hanya akan merasakan efisiensi pada saat pengerjaan proyek, namun juga manfaat lainnya seperti proses transfer ilmu yang terjadi antara ia dengan operator lain yang mungkin lebih amatir. 
 
 
Jika Anda sedang mencari dan membutuhkan alat berat baik untuk dibeli atau disewa, THI dapat membantu Anda. 
 
Tunas Habibi Indonesia (THI) merupakan salah satu distributor dan penyedia rental alat berat dari semua produk T&H (Technology and Hammer), Liutech Air Compressor, TRD Hydraulic Breaker dan Digga di area Jakarta dan Medan, Indonesia. THI senantiasa berkomitmen untuk menyediakan hydraulic breaker, mobile compressor dan machinery attachment berkualitas premium lainnya di Indonesia. THI juga memberikan layanan prima kepada mitra dalam bidang pertambangan, quarrying, dimensional stone, civil engineering, road construction, demolition, tunneling, industrial, plantation, logging dan lain-lain. Selain itu, THI juga menyediakan jasa penjualan,rental alat berat seperti Liutech mobile compressor di Indonesia untuk kebutuhan anda.
 
 
 
Reference: THI

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm