Image

QUICK CONTACT













Image

How Scan Control Improves The Readability of Content Cards

19 Oct 2020 by Billy Gani
Bentuk kartu untuk sebuah konten (content cards) merupakan salah satu jalan yang paling umum bagi aplikasi untuk mengorganisasikan konten di dalamnya. Kartu ini membuat pengguna lebih mudah mengkonsumsi cuplikan konten dalam format yang lebih compact ketika menjelajahi aplikasi sebelum benar-benar masuk ke dalam konten tersebut.
 
Menggunakan kartu konten ini tidaklah cukup untuk membuat pengalaman berjelajah pengguna yang baik. Anda juga harus mengoptimalkan keterbacaan dari konten tersebut untuk pengguna. Keterbacaan yang optimal bukan hanya menjadi ukuran dari pengguna ketika mereka dapat membaca teks dan memahaminya. Tetapi hal ini juga menjadi ukuran dalam memindai dan memproses teks yang mereka baca secara efisien. 
 
Banyak kartu konten yang kurang efektif ketika dipindai oleh mata pengguna karena jenis teks yang berbeda dengan kartu lainnya dalam halaman yang sama. Akibatnya, pengguna tidak dapat memindai jenis teks dalam urutan yang paling masuk akal menurut mereka. Sebaliknya, mata mereka berpindah dari satu teks ke teks lainnya dengan gerakan yang tidak perlu, membuat informasi dari Anda lebih sulit untuk diproses. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus menerapkan kontrol pemindaian dengan menambahkan jumlah penekanan visual yang sesuai untuk setiap jenis teks yang Anda gunakan.
 
Hirarki Tekstual Dari Sebuah Kartu Konten (Content Card)
 
 
Sebuah kartu konten memiliki beberapa jenis teks yang menyajikan berbagai fungsi informasional yang berbeda. Mari kita lihat beberapa jenis teks dari sebuah kartu konten standar terlebih dahulu. Pertama, ada eyebrow, yang merupakan kata atau frasa yang mendeskripsikan subjek dari konten tersebut. Lalu ada Heading yang memberitahu pengguna tentang apa konten di dalamnya dalam hanya beberapa kata atau satu kalimat. Setelah itu, ada metadata yang menyajikan konten dengan konteks yang relevan dengan hal di sekitar konten tersebut. Dan yang terakhir, ada body yang menjelaskan konten dalam paragraf singkat.
 
Anda harus dapat menentukan hirarki visual dari kartu Anda dengan menentukan jenis teks apa yang lebih penting untuk pengguna. Hirarki visual yang biasanya sesuai untuk sebuah kartu konten, biasanya seperti:
 
  1. Heading - Bagian yang paling penting karena menjelaskan konten secara cepat dan ringkas.

  2. Metadata - menyajikan konteks umum tentang konten bagi pengguna untuk melihat relevansinya

  3. Body - Mengandung paragraf deskriptif, tetapi mengambil waktu yang cukup lama untuk dibaca

  4. Eyebrow - merupakan hal yang cukup samar, tetapi memberikan konteks tambahan tentang materi pokok konten Anda.

Kartu konten Anda haruslah dapat memandu pengguna untuk memindai jenis teks ini dalam susunan tertentu. Untuk mencapainya, Anda perlu menerapkan penekanan visual yang tepat pada jenis teks dengan menggunakan teknik kontrol berbasis pemindaian.
 
Mengontrol Susunan Dari Pemindaian Pengguna
 
Dengan penekanan visual yang tepat, Anda dapat mengontrol susunan dari pemindaian pengguna dan mendikte pola pemindaian yang mencerminkan hirarki tekstual Anda. Ketika pemindaian mengikuti hirarki tekstual, pengguna menghabiskan lebih sedikit pergerakan mata dan dapat memproses informasi dengan lebih cepat.
 
Contoh dibawah ini mengilustrasikan perbandingan tentang bagaimana kontrol pemindaian bekerja. Perbedaannya adalah dari penekanan dari jenis teks. Ketika kontrol pemindaian tidak diaplikasikan, hanya heading yang memiliki penekanan kecil. Jenis teks lainnya memiliki jumlah penekanan yang sama, yang menyebabkan mereka bersaing untuk mendapatkan perhatian pengguna.
 
 
 
Ketika kontrol pemindaian diterapkan, heading ditekankan ke dalam tingkatan yang lebih baik. Metadata juga ditingkatkan di atas body dan eyebrow, tetapi tidak menutupi heading. Body mungkin diturunkan penekanannya, dan bahkan untuk eyebrow lebih diturunkan lagi. Hasilnya adalah pola pemindaian yang tercermin dari hirarki visual.
 
Ketika Anda mengganti tempat teks Anda dengan konten lain, Anda dapat lebih memahami cara membaca kartu konten. Pergerakan mata dari kartu yang dikontrol terasa disengaja karena memiliki jangkar untuk memulai pemindaian. Namun, gerakan mata yang tidak terkontrol terasa tidak menentu karena tidak adanya titik yang memandu pengguna. Pengguna menjadi memiliki kebebasan untuk memindai dalam urutan apa pun yang mereka inginkan.
 
 
 
Kontrol pemindaian lebih bermanfaat lagi ketika banyak kartu konten dalam sebuah layar. Kartu yang terkontrol ini membuat pengguna lebih mudah untuk memindai jangkar dari konten tanpa gangguan visual dari teks disekitarnya. Kartu yang tidak terkontrol akan lebih sulit untuk dipindai karena teks di sekitarnya dapat mengganggu secara visual.
 
Beberapa teknik desain diatas dapat memungkinkan Anda untuk menerapkan kontrol pemindaian dalam kartu konten Anda. Anda dapat mencampur dan mencocokkan teknik yang berbeda untuk satu jenis teks. Satu-satunya syarat yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa tipe teks yang lebih tinggi dalam hierarki tekstual memiliki penekanan lebih besar daripada yang lebih rendah.
 
 
Jika Anda masih membutuhkan bantuan untuk lebih memahami tentang bagaimana pemindaian mengontrol peningkatan dari keterbacaan dari kartu konten untuk UI aplikasi Anda, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: UX Movement

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm