Image

QUICK CONTACT













Image

Tips & Trik Sederhana Untuk Pergi Berkemah Dengan Menyenangkan

13 Oct 2020 by Billy Gani
Mencabut kabel dari ponsel dan komputer untuk menghabiskan beberapa malam di lingkungan luar merupakan salah satu cara terbaik untuk bersantai dan terhubung kembali dengan alam. Tidak ada yang lebih menyegarkan selain menyaksikan matahari terbenam yang indah dan kemudian tidur di bawah bintang-bintang.
 
Apakah Anda merupakan seseorang yang melakukan kegiatan berkemah  berulang kali dan ingin melakukan pendekatan baru untuk petualangan Anda? Atau mungkin Anda benar-benar baru dalam berkemah dan ingin merasa siap sebelum melakukan perjalanan pertama Anda? Untuk kedua hal tersebut, kami memiliki beberapa ide inspiratif untuk Anda jelajahi.

Kami ingin berbagi tips dan trik untuk berkemah terbaik dengan Anda, sehingga Anda dapat berkemah dengan nyaman dan aman, sembari menikmati seluruh hal yang ditawarkan dunia luar yang indah.
 
Di Mana Saya Dapat Memulai Petualangan Sebagai Pemula Dalam Berkemah?
 
Waktu yang dihabiskan dalam suasana damai di  hutan atau pegunungan dapat menjadi cara untuk beristirahat yang sempurna dari kehidupan modern Anda yang senantiasa sibuk. Ada banyak cara berbeda untuk berkemah, jadi mari kita mulai dengan melihat dua opsi yang paling umum dipilih oleh para pekemah.
 
Tempat  Perkemahan Semi Modern
 
Tempat ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin menikmati sedikit kenyamanan modern dan lebih suka berkemah bersama teman. Ada berbagai macam tempat perkemahan yang tersedia di seluruh dunia - mulai dari yang kecil dan sederhana di mana air minum dan toilet disediakan, hingga tempat yang lebih besar dan kaya fasilitas dengan pancuran air panas, kolam renang, dan fasilitas permainan untuk anak-anak.
 
Anda dapat memilih tempat mana yang paling cocok untuk Anda, tetapi perlu diingat bahwa tempat perkemahan yang lebih modern perlu dipesan terlebih dahulu selama periode sibuk seperti saat akhir tahun dan libur nasional seperti liburan sekolah.
 
Perkemahan Liar atau Yang Benar-Benar Bebas
 
Tempat ini direkomendasikan ini untuk Anda yang berani dan ingin berada jauh dari dunia modern dan memfokuskan diri di alam luar. Berkemah di alam liar membuat Anda memasang tenda di lokasi alami tanpa fasilitas (lihat peraturan setempat untuk mengetahui hal yang legal untuk dilakukan di daerah tersebut terlebih dahulu).
 
Tempat perkemahan ini biasanya secara resmi ditetapkan oleh pengelola sebagai situs yang hanya memiliki sedikit atau tanpa infrastruktur, meskipun Anda mungkin bertemu dengan beberapa pekemah lain. 
 
Tempat perkemahan semacam ini sering ditemukan tersebar di sepanjang jalur hiking dari gunung dan di taman nasional.
 
Perlengkapan Berkemah Yang Penting Untuk Anda Bawa
 
Apa yang perlu Anda lakukan dalam perjalanan berkemah bergantung pada tempat Anda akan kunjungi. Prinsip umumnya adalah jika Anda menggunakan sistem backpacking, berkemah di alam luar atau tanpa menggunakan kendaraan, prioritas utama Anda adalah membawa barang-barang yang ringan dan portabel.
 
Jika Anda hanya mengemudi ke tempat perkemahan terdekat, Anda tidak perlu khawatir tentang batasan berat, dan Anda dapat membawa barang ’mewah’ yang lebih berat seperti kursi lipat atau alat pemanggang portabel. Apapun pilihannya, berikut ini beberapa daftar perlengkapan inti yang Anda perlu bawa:
 
  • Backpack - Perjalanan berkemah seperti apa yang Anda lakukan? Jika Anda hanya mengemudi ke tempat perkemahan, daypack untuk hiking lokal yang kecil sudah cukup untuk Anda bawa. Jika Anda melakukan aktivitas hiking selama beberapa hari, Anda membutuhkan tas ransel berukuran besar yang nyaman dipakai. 

  • Tenda & Alas -  Berapa banyak orang yang akan tidur dalam tenda Anda? Pada iklim seperti apa Anda berkemah? Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini terlebih dahulu dan pilihlah tenda yang sesuai dengan perjalanan Anda. Ada baiknya untuk berinvestasi pada tenda terbaik yang dapat Anda beli atau sewa - jika Anda memperlakukannya dengan baik, tenda tersebut dapat bertahan lama.

    Membeli alas untuk tenda Anda adalah ide yang bagus karena melindungi dasar tenda dari tanah yang kasar. Memang hal ini menambah sedikit biaya tambahan tetapi kehadirannya dapat sangat meningkatkan umur tenda serta kenyamanan Anda.

  • Kantong Tidur - Perlengkapan ini dapat membuat atau menghancurkan perjalanan berkemah Anda. Sekali lagi, belilah perlengkapan yang terbaik untuk pergi berkemah. Kebanyakan kantong tidur dilengkapi dengan peringkat suhu, jadi pastikan kantong tidur Anda sesuai dengan iklim tempat Anda akan berkemah.

Lapisan kantong tidur membantu menjaga kantong tidur Anda agar tetap bersih dan dapat memberikan lapisan kehangatan tambahan pada malam yang lebih dingin. Pada malam musim panas yang terik, Anda dapat membuka resleting kantong tidur dan tidur hanya di dalam alas tidur Anda.
 
  • Alas tidur - Alas tidur memiliki berbagai model, mulai dari yang berbahan busa tipis sederhana hingga yang dilengkapi dengan bantalan udara yang canggih atau bantalan yang dapat menggembung sendiri. Self-inflating atau bantalan udara menawarkan kenyamanan dan bantalan yang lebih baik daripada bantalan busa, dan jika Anda ingin berinvestasi pada salah satu perlengkapan tersebut, Anda juga dapat menemukan opsi yang lebih ringan dan cocok untuk perjalanan backpacking dan berkemah di alam bebas.
  • Senter - Tidak diragukan lagi bahwa memiliki senter sangat berharga di malam hari, baik untuk menemukan jalan di sekitar tenda yang gelap maupun untuk menjelajah ke area yang gelap. Jangan lupa untuk membawa baterai cadangan.
  • Kotak P3K -  Kotak P3K sangat penting untuk setiap perjalanan berkemah, terutama jika Anda akan berkemah jauh dari kota. Bawalah perlengkapan medis siap pakai yang dirancang untuk mengobati luka ringan agar Anda senantiasa siap jika mengalami cedera dalam perjalanan.

  • Peta & Kompas -  Meskipun banyak orang yang terbiasa untuk menggunakan navigasi melalui aplikasi GPS pada ponsel mereka, sinyal yang konsisten tidak dapat diandalkan saat berada di alam terbuka. Selalu bawa peta dan kompas agar Anda senantiasa aman. Selain itu, masa pakai baterai dapat juga menjadi masalah pada perjalanan yang lebih lama. Jika Anda merasa lebih nyaman untuk dapat mengisi ulang ponsel Anda, maka yang pilihan yang mungkin dapat Anda ambil adalah dengan membeli pengisi daya surya portabel atau baterai cadangan untuk perangkat Anda.

  • Perlengkapan mandi & Kertas Toilet -  Perlengkapan dasar yang Anda perlukan adalah sabun, pembersih tangan, deodoran, kertas toilet, sikat gigi, dan pasta gigi. Kemas obat yang Anda butuhkan, serta handuk yang cepat kering untuk Anda gunakan selama berkemah.

  • Makanan & Air Minum - Kebutuhan makanan dan minuman Anda akan bervariasi tergantung tempat Anda berkemah. Apakah tempat berkemah Anda berada di dekat toko-toko lokal yang dapat menjadi tempat mengisi persediaan? Atau apakah Anda akan berada di lokasi hutan belantara yang mengharuskan Anda untuk membawa semua makanan? Rencanakan hal tersebut terlebih dahulu sebelum pergi berkemah.

  • Peralatan Memasak - Anda mungkin memerlukan kompor dan bahan bakar, peralatan makan dan memasak, piring atau mangkuk. Anda juga membutuhkan wadah untuk mencuci peralatan tersebut, serta beberapa sabun yang dapat terurai dengan cepat dan spons atau penggosok peralatan Anda. Jangan lupa untuk mengemas korek api untuk membantu Anda jika ingin menyalakan api untuk memasak.

Kami berharap petunjuk praktis dan tips backpacking ini dapat membuat Anda merasa percaya diri dan siap untuk menikmati pengalaman berkemah sepenuhnya, terlepas dari apakah Anda seorang backpacker berpengalaman atau pemula. 
 
 
Jika Anda sedang mencari perlengkapan untuk berkemah yang dapat disewa, berkualitas, dan dengan harga terjangkau, Tendamart dapat menjadi salah satu solusi Anda.
 
Tendamart merupakan salah satu distributor dan penjual bahan-bahan tenda dan terpal terlengkap, terbesar, dan berkualitas di Jakarta Indonesia. Selain menyediakan bahan-bahan untuk material tenda lipat dan terpal, Tendamart juga menyediakan, menjual dan memberikan jasa sewa berbagai macam jenis tenda lipat seperti Tenda Sarnafil,Tenda Kafe,Tenda Pleton,Tenda Kanopi,Tenda Roder,Tenda Membrane,dan masih banyak lagi. Bahan tenda dan terpal yang kami jual terdiri dari jenis PVC tarpaulin (IZZI Tent), Terpal PE, Mica Transparan, Tensile Membrane, dan sebagainya. Selain menyediakan bahan-bahan material tenda & terpal, Tendamart juga memproduksi TAS Motor, Terpal Penutup Kendaraan, Wingbox, dan produk lainnya yang berkaitan dengan bahan terpal/tarpaulin. Serahkan seluruh kebutuhan tenda yang berkualitas dan terbaik di Jakarta, Indonesia hanya pada Tendamart.
 
 
 
 
 
Reference: Outdoors Wonder

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm