Image

QUICK CONTACT













Image

Short-Form vs. Long-Form Content (Which One Do I Use and When?)

09 Oct 2020 by Billy Gani
Kita semua tentunya paham tentang pentingnya pembuatan strategi konten yang kuat dan pertumbuhan eksponensial yang dapat mendatangkan keuntungan jika Anda membuatnya dengan benar. Tetapi, ada juga beberapa kesalahpahaman dalam dunia pemasaran melalui konten ini. 
 
Mungkin Anda sudah sering menerima masukan di masa lalu tentang semakin panjang sebuah konten maka semakin baik performa yang dihasilkan. Atau tentang seluruh konten dalam website Anda yang harus memiliki minimal 2.000 kata di dalamnya. Dan realitanya, saran tersebut tidaklah sepenuhnya benar, bukan?
 
Kedua jenis konten, baik yang panjang maupun pendek memiliki perannya tersendiri dalam pemasaran berbasis konten yang juga dapat menjadi alat yang kuat. Anda hanya perlu mengetahui jenis konten apa yang tepat untuk Anda gunakan.
 
Konten Yang Pendek (Short-Form) vs. Konten Yang Panjang (Long-Form) 
 
Untuk membantu Anda menentukan panjang dari konten, pertama-tama Anda perlu mengetahui definisi yang jelas tentang apa itu konten yang pendek dan apa yang dapat dianggap sebagai konten panjang. Anda mungkin terbiasa membuat format konten yang berbeda mulai dari video dan infografik, konten untuk media sosial, konten interaktif, dan lain-lain.  Tetapi, sama seperti proses penentuan konten yang tepat untuk digunakan, Anda juga perlu mencari tahu seberapa panjang konten Anda.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Konten Pendek (Short-Form Content)?
 
Konten yang pendek biasanya dianggap sebagai konten yang panjangnya kurang dari 1.200 kata, meskipun beberapa pemasar menarik batasan pada 1.000 kata. Biasanya konten ini mencakup area topik tertentu yang cepat dan mudah dicerna, jika dibandingkan dengan konten panjang terlalu mendalam atau rinci.
Format umum konten bentuk pendek meliputi unggahan blog pendek, artikel berita, Infografis, konten sosial, email, dan sebagainya. Jenis konten ini tidak terlalu berat bagi audiens Anda, tidak akan memakan waktu lama, dan biasanya relatif cepat dan mudah dibuat. Tujuan dari konten bentuk pendek juga seringkali untuk menyampaikan satu pesan dengan cepat dan efektif. 
 
Faktanya, konten sosial adalah format konten pendek yang sangat efektif. Sebuah kesalahan terjadi jika Anda tidak menganggap konten bentuk pendek sebagai hal yang penting selain konten tertulis, tetapi hal ini relatif sering terjadi. Berpikirlah di luar kotak dan bersiaplah untuk membuat konten yang memikat audiens Anda, berapapun panjang konten tersebut.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Konten Panjang (Long-Form Content)?
 
Konten bentuk panjang biasanya lebih dari 1.200 (terkadang 1.000) kata. Konten ini adalah konten yang menyelam jauh ke dalam suatu topik dan mencakupnya dengan sangat mendalam dan mencakup format termasuk unggahan blog yang rinci dan panjang, halaman yang berkelanjutan, panduan dan tutorial, whitepaper dan eBook, webinar serta, acara virtual dan sebagainya.
 
Konten ini adalah jenis konten yang benar-benar menarik audiens karena kedalaman topik yang dibahasnya. Hal ini tidak dimaksudkan sebagai konten yang cepat dikonsumsi, melainkan konten yang ditujukan untuk mendidik dan menginformasikan mereka yang ingin menjawab pertanyaan tertentu atau mempelajari lebih lanjut tentang suatu topik.
 
Konten dengan bentuk panjang (dengan penekanan khusus pada konten yang berkelanjutan di sini) seringkali menjadi tulang punggung dalam strategi SEO Anda. Jika Anda menumpuk beberapa bagian yang berhasil di atas satu sama lain, hasilnya dapat sangat berdampak dan memberikan arus traffic dan prospek yang konsisten untuk website Anda.
 
Apakah Panjang Konten Anda Penting?
 
Hal ini merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan di antara SEO dan pemasaran konten. Hal  yang perlu dibahas di sini adalah relevansi intrinsiknya dengan konten bentuk panjang jika dibandingkan dengan bentuk pendek. Jawaban sederhananya adalah ya, panjang konten Anda memang penting. Tetapi hal tersebut tidak boleh diartikan bahwa konten yang lebih panjang lebih baik, karena hal tersebut mengambil jawaban di luar konteks.
 
Panjang konten harus tepat dalam memenuhi tujuan pengguna dalam mencari jawaban dan memenuhi tujuan yang telah Anda tetapkan. Dan inilah mengapa sangat penting untuk memahami cara memilih format konten yang tepat untuk tujuan yang berbeda, dan meluangkan waktu untuk memahami maksud penelusuran dari konten serupa lainnya yang berfungsi dengan baik.
 
Dalam kebanyakan kasus, konten yang lebih panjang berkinerja lebih baik untuk penelusuran organik daripada konten bentuk pendek. Tapi hal tersebut bukan hanya karena jumlah kata. Hal tersebut terjadi karena banyak kueri penelusuran yang membutuhkan hasil dan konten terperinci untuk membahas topik secara mendalam. Hal ini, pada gilirannya, menuntut konten berdurasi panjang untuk memberikan hasil terbaik di web secara memadai. Anda harus mempertimbangkan panjang konten Anda dalam konteks, bahkan ketika tujuannya adalah untuk menentukan peringkat di SERP.
 
Dan jangan juga mengabaikan fakta bahwa tujuan konten tidak selalu untuk menentukan peringkat secara organik. Ya, konten adalah salah satu pendorong utama pertumbuhan penelusuran organik, tetapi akan naif untuk berasumsi bahwa konten juga tidak dibuat karena alasan lain, karena memang begitu adanya. Anda hanya perlu melihat seberapa banyak bisnis yang mendorong pertumbuhan di seluruh platform sosial mereka dengan konten bentuk pendek.
 
Jangan berfokus untuk membuat konten yang lebih panjang. Fokuskan upaya Anda untuk membuat konten dengan panjang dan format yang tepat untuk memenuhi tujuan Anda (dan cocok dengan maksud penelusuran pengguna mesin pencarian).
 
Kemungkinannya adalah bahwa strategi Anda akan memerlukan campuran konten bentuk pendek dan panjang dalam berbagai format, dan analisis serta pengukuran berkelanjutan dari upaya Anda akan membantu Anda menentukan area yang berhasil dan mendorong kesuksesan. Anda juga harus mengingat bahwa pembuatan konten harus menjadi proses pengoptimalan yang berkelanjutan. Keunggulan dari konten digital adalah Anda dapat mempublikasikan, menganalisis, dan mengoptimalkan secara terus menerus untuk meningkatkan kinerja.
 
Hal Yang Perlu Diingat
 
  • Jika Anda membuat konten dan tidak memiliki performa yang baik, analisis data yang Anda miliki, cari tahu alasannya, buat perubahan, dan promosikan konten tersebut dalam bentuk yang diperbarui.
  • Gunakan insights yang ada melalui data Anda dan alat pihak ketiga untuk menginformasikan strategi Anda dan mengakui bahwa tidak ada batasan panjang konten Anda.
  • Fokuskan upaya Anda untuk membuat konten dengan panjang yang tepat untuk memenuhi tujuan yang Anda butuhkan.


Jika Anda membutuhkan bantuan untuk memproduksi konten bagi website dan pemasaran digital dari website Anda, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Eannovate juga sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: SEMRush

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm