Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Lebih Dalam Tentang Penggunaan  Butter Untuk Dapur Anda

07 Oct 2020 by Billy Gani
Anda gemar membuat kue? Tentunya sudah tidak asing lagi dengan butter, bukan? Tidak hanya sebagai bahan dasar kue, butter juga digunakan sebagai olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi dua jenis yaitu salted dan unsalted.
 
Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter yang tepat untuk kebutuhan dapur Anda. Yuk baca lebih lanjut untuk menemukan butter terbaik bagi kebutuhan dapur dan masakan Anda!
 
Butter, Mentega, Dan Margarin, Apakah Ketiganya Sama?
 
Butter dan mentega merupakan produk yang sama, tetapi butter dan margarin tentunya berbeda. Butter atau mentega terbuat dari susu sapi, kambing, ataupun domba. Sementara margarin terbuat dari minyak nabati seperti kelapa sawit. Perbedaan bahan dasar ini membuat warna keduanya berbeda. Butter cenderung memiliki warna kuning pucat dan margarin memiliki warna kuning yang lebih terang. Namun, kandungan lemak jenuh pada butter lebih tinggi dibanding margarin.
 
Tekstur yang lebih lembut membuat butter lebih cocok untuk digunakan dalam membuat kue dan roti. Tidak hanya itu, aroma butter yang khas juga membuatnya dapat digunakan untuk menumis makanan dan sebagai olesan roti. 
 
Ada berbagai merk butter yang dapat Anda temui di pasaran. Namun, butter seperti apa yang Anda butuhkan? Simak tips berikut untuk mendapatkan butter yang Anda butuhkan.
 
Pilih Jenis Butter Yang Anda Inginkan
 
Ada berbagai jenis butter yang beredar di pasaran, seperti salted butter dan unsalted butter. Apa saja sih perbedaannya? 
 
  • Salted Butter Membuat Rasa Makanan Menjadi Lebih Gurih
    Sesuai dengan namanya, salted butter merupakan mentega dengan tambahan garam. Jenis butter ini memiliki rasa yang lebih gurih. Cita rasa salted butter yang gurih membuatnya lebih sering digunakan sebagai olesan martabak atau roti serta dalam berbagai tumisan makanan.
  • Unsalted Butter Menonjolkan Rasa Alami Dari Makanan
    Jenis butter ini hanya memberikan rasa dasar dari susu saja. Biasanya butter ini lebih banyak digunakan untuk membuat kue. Rasa  butter yang tawar membantu untuk menonjolkan rasa makanan yang alami. Makanan akan terasa lebih creamy saat disantap jika menggunakan unsalted butter.
  • Light Butter Memiliki Kadar Lemak Yang Lebih Rendah
    Kadar lemak dari butter ini lebih rendah daripada butter biasanya. Kalorinya pun 50% lebih rendah jika dibandingkan dengan butter biasa. Namun, kandungan air pada light butter ini mencapai 25% sehingga tidak cocok jika digunakan untuk memasak. Light butter akan lebih cepat menguap jika terkena panas. Biasanya light butter digunakan sebagai olesan roti. Produk light butter sendiri juga terbagi lagi menjadi salted dan unsalted.
 
Memilih Butter Berdasarkan Ukurannya
 
Butter juga hadir dalam berbagai ukuran. Jika Anda memiliki usaha katering, Anda dapat memilih butter dalam ukuran besar, seperti 1 atau 2 kg. Ukuran yang besar menjadi pilihan yang lebih ekonomis untuk Anda. Bagi Anda yang ingin membuat sajian untuk keluarga, pilihlah ukuran butter yang berkisar antara 200-500 gram. Dengan ukuran ini,  Anda dapat menyisakan butter untuk Anda gunakan sebagai  olesan roti pada pagi hari atau makan bersama keluarga. 
 
Butter juga tersedia dalam ukuran kecil atau mini block. Ukuran ini cocok jika Anda gunakan sebagai olesan roti untuk sarapan atau makan siang. Hotel ataupun penginapan biasanya lebih suka menyediakan butter berukuran kecil ini untuk para tamunya. Penggunaannya sangat praktis untuk perorangan.
 
Nah, jika Anda sudah lebih memahami tentang penggunaan butter untuk kebutuhan dapur Anda, sudahkah Anda memiliki preferensi yang tepat untuk Anda gunakan? Jika belum, Dairy Diary dapat menjadi solusi Anda.
 
Dairy Diary (Anchor Food Professionals) merupakan distributor bahan baku kue di Indonesia yang menyediakan berbagai produk Anchor food professional berkualitas dan terbaik seperti mentega/ Anchor butter, cream cheese (krim), milk (susu), natural cheese dan processed cheese (keju) sebagai wujud persembahan dari PT Fonterra Brands Indonesia. Dairy Dairy merupakan salah satu bentuk komitmen Fonterra Indonesia dalam memajukan bisnis food service khususnya dalam bidang bahan baku kue & produk mentega di Indonesia.
 
 
 
 
 
Reference: My Best

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon