Image

QUICK CONTACT













Image

Iconic Simplicity - The Vital Role of Icons

06 Oct 2020 by Billy Gani
Ikon mungkin kecil dari ukuran, tetapi penting bagi rasio efisiensi sebuah aplikasi ataupun website. Terlihat sederhana namun membutuhkan waktu dan upaya besar untuk membuatnya terasa nyaman dan enak dipandang. Ikon tersebut mengikuti pengguna dalam setiap interaksi dengan produk meskipun pengguna jarang berpikir tentang pentingnya keberadaan ikon tersebut dilihat dari kesuksesan interaksi yang tercipta. Ikon memiliki kekuatan terhadap pengguna untuk membantu, mendukung, terlibat, mendorong, mengklarifikasi, menyederhanakan atau bahkan juga dapat membingungkan, mengganggu, dan sebagainya. Ikon merupakan tampilan antarmuka yang efektif untuk digunakan.
 
Peran vital dari ikon tidaklah berupa rahasia untuk para desainer website atau aplikasi saat ini dan sering dibicarakan di berbagai artikel dan buku tentang desain, dipresentasikan dalam workshop dan dalam banyak studi kasus desain. Maka dari itu, berikut ini beberapa tambahan pengetahuan tentang ikon yang dapat kami berikan untuk menambah wawasan desain Anda.
 
Esensi Dari Kehadiran Sebuah Ikon
 
Pada dasarnya, ikon aplikasi ataupun desktop merupakan sebuah gambar yang berupa simbol atau sebuah hal yang memiliki potensi metafora yang menjadi elemen navigasi dalam sebuah proses interaksi. Lebih dalamnya, ikon merupakan sebuah simbol visual yang merepresentasikan tentang suatu tindakan, hal, orang, baik secara nyata ataupun secara virtual.
 
Dalam banyak kasus, ikon dapat digunakan untuk teks dan kemampuan ini membuatnya sangat populer dalam dunia desain modern saat ini. Jika Anda mengganti beberapa kata dengan ikon, hal tersebut dapat lebih menyimpan ruang untuk elemen interaksi lainnya dari aplikasi atau website tertentu yang juga membuatnya berfungsi dengan baik. Dan juga, ikon tersebut membuat interaksi menjadi lebih cepat karena lebih mudah dipahami jika dibandingkan dengan harus membaca teks yang panjang.
 
Selain itu, ikon secara dapat memindahkan batasan secara efisien dengan membuat pengguna yang memiliki keterbatasan dalam persepsi dan pengenalan, disleksia atau masalah sejenis, untuk berinteraksi dengan sebuah produk. Dan yang terakhir, ikon dapat secara sukses menggabungkan fungsi dari navigasi dan penjelasan tanpa menjadi elemen yang estetik dari representasi visual produk, mendukung gaya umum dan memiliki karakternya tersendiri.
 
Dengan sifatnya yang multifungsi dan komprehensif, ikon dari aplikasi atau website dapat menjadi:
 
  • Interaktif - mengarahkan langsung tombol, kontrol, dan elemen interaksi lainnya
  • Klarifikasi - menjelaskan secara visual tentang fungsi, kategori, tindakan, dan tidak menjadi elemen langsung dari interaksi tersebut
  • Dekorasi & Hiburan - dengan fungsi yang lebih rendah dan potensi estetik yang lebih tinggi, ikon menyajikan tambahan tersendiri untuk gaya umum seperti memberikan fitur perayaan musiman, dan sebagainya.

Fitur - Fitur Dari Ikon
 
Berikut beberapa fitur dasar dari ikon yang efisien:
 
Arti Tersendiri
 
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ikon merupakan elemen grafis yang memiliki potensi simbolis yang tinggi. Hal tersebut dapat diartikan bahwa dalam membuat ikon, para designer harus menentukan peran dan nilainya sebagai elemen terpisah dan sebagai kesatuan elemen dalam tata letak yang sama. Contoh metafora yang tepat dalam menggambarkan hal ini adalah seorang chef terbaik selalu mengatakan bahwa semua yang ditaruh di atas piring harus bisa dimakan.
 
Berdasarkan tren belakangan ini, ide yang sama dapat diaplikasikan dalam ikon dan juga elemen dalam tata letak lainnya. Setiap hal yang dimasukkan ke dalam layar haruslah berfungsi dengan baik. Dan juga, setiap ikon di dalam tampilan layar tersebut haruslah bernilai dan berfungsi. Tanpa hal tersebut, sebuah ikon hanya menjadi sebuah simbol kosong yang membuat tata letak dari halaman website atau aplikasi terlihat kotor, berantakan dengan elemen yang tidak penting.
 
Jelas
 
Apa gunanya menjadi bernilai jika tidak ada orang kecuali Anda yang membuat ikon tersebut yang memahami makna kehadirannya? Untuk ikonnya, ketidakjelasan adalah lonceng kematian. Dibandingkan dengan mempercepat dan mempermudah proses interaksi, ikon seperti itu dapat membingungkan pengguna dan memberikan pengalaman pengguna yang buruk.
 
Sederhana
 
Kesederhanaan dari ikon masih menjadi isu yang diperdebatkan. Sebenarnya, para desainer setuju bahwa ikon haruslah dirancang dengan sederhana tetapi masih ragu akan tingkat kesederhanaan yang diperlukan. Bagaimanapun, kami mendukung gagasan bahwa sebuah ikon harus sesederhana yang diperlukan untuk tujuan dan fungsi tertentu dan para desainer yang mengerjakannya harus berdiri dan mengikuti panduan yang ada untuk desain ikon dan menghilangkan hal yang tidak perlu.
 
Namun, pada saat yang sama, penting juga untuk mengingat gaya umum dan elemen lain serta representasi visual dari keseluruhan konsep aplikasi atau website Anda. Pertimbangan yang berhasil dan kombinasi dari faktor-faktor ini akan menghasilkan ikon yang lebih efisien.
 
Mudah Dipahami & Unik
 
Untuk membuat ikon lebih mudah dikenali, desainer perlu menjadi pembuat riset sebelum mulai melakukan pekerjaannya. Mengambil waktu untuk mengeksplorasi dan menganalisa ikon yang sudah ada dan membuat investigasi mendalam tentang kompetisi yang akan Anda lewati dapat membuat dasar signifikan dari membuat ikon Anda menjadi lebih mudah diingat dan dikenali.
 
Jika seorang desainer menemukan cara untuk membuat ikon dapat dikenali tanpa kehilangan arti utamanya, hal tersebut akan menjadi langkah pertama dalam menarik pengguna dalam kondisi persaingan aktif serta akan memberikan fitur positif untuk pengalaman pengguna karena mereka tidak akan terganggu dan kehilangan waktu untuk mencari ikon yang diperlukan yang tidak dapat dikenali sekaligus.
 
Fitur keunikan yang disebutkan di sini tidak berarti membuat Anda harus menjadi benar-benar unik ketika memproduksi ikon untuk website ataupun aplikasi, tetapi untuk membantu Anda dalam memikirkan sedikit sentuhan unik melalui perubahan kecil atau detail pada layar perangkat pengguna.
 
Estetik & Atraktif
 
Tentunya, mengingat bahwa ikon merupakan representasi visual dari sebuah nilai, penting bagi Anda untuk mengambil sisi estetik dan grafis sebagai salah satu masalah dalam pembuatan ikon Anda. Ketertarikan visual merupakan langkah pertama untuk mendukung pengguna dalam mengambil makna dari representasi Anda dibalik ikon tersebut. Dan juga pada waktu yang sama, hal tersebut menjadikan ikon sebagai salah satu elemen penting dalam membuat produk yang atraktif,indah, dan juga memiliki gaya tersendiri. Mengikuti prinsip dari teori warna, proporsi, dan fitur lainnya yang menjadikan hasil desain grafis berhasil selalu sangat membantu dalam menciptakan tampilan yang baik untuk nilai dari sebuah  ikon.
 
Fleksibel
 
Karena saat ini semakin banyak variasi ukuran dan resolusi yang masuk ke dalam permainan desain, fleksibilitas dan skalabilitas termasuk dalam daftar fitur utama yang membuat ikon menjadi lebih efisien. Ikon yang baik harus mudah dilihat, dibaca dan dikenali dalam berbagai ukuran dan lingkungan, oleh karena itu, hal ini  menjadi satu proses lagi yang harus dipertimbangkan secara menyeluruh saat membuat ikon.
 
Konsisten
 
Ikon, serta elemen tata letak lainnya, harus terasa konsisten karena sering kali menjadi konvensi dan penanda yang paling kuat di mata pengguna. Misalnya, jika ada beberapa ikon dalam sebuah aplikasi - seperti yang biasanya terjadi - ikon tersebut harus mengikuti gaya, konsep yang sama dan sesuai dengan solusi desain umum untuk aplikasi tersebut. Kehadirannya harus mendukung harmoni dari representasi visual dan interaksi yang disajikan dibandingkan dengan memecahnya dengan elemen yang tidak konsisten.
 
Berikut adalah beberapa penjelasan kami mengenai ikon dan kesederhanaannya yang dapat mempengaruhi pengalaman pengguna secara signifikan saat mengunjungi aplikasi maupun website Anda. Sudahkah Anda merancang ikon yang tepat untuk aplikasi dan website Anda? Jika belum dan masih bingung, kami dapat membantu Anda. 
 
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
 
Reference: Tubik Studio

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm