Image

QUICK CONTACT













Image

How to Keep Your Google Ads Costs Under Control

05 Oct 2020 by Billy Gani
Google Ads dapat menjadi salah satu cara paling efisien untuk menarik pelanggan yang relevan ke dalam bisnis Anda. Namun, sama halnya dengan banyak pencarian pemasaran, ada pertanyaan umum tentang dapatkah Anda membayar biaya penggunaan dari Google Ads?
 
Dalam artikel berikut ini, kami akan mencoba menjalankan proses untuk memulai kampanye PPC melalui Google Ads sehingga Anda dapat meningkatkan upaya pemasaran digital dengan cara yang hemat biaya.
 
Definisikan Tujuan Dari Penggunaan Google Ads
 
Jika Anda memiliki bisnis yang menggunakan e-commerce, tujuan utama Anda adalah untuk mendatangkan keuntungan dan memperbesar pendapatan. Jika Anda memberikan bisnis yang menawarkan jasa dan layanan, tujuan utama Anda bisa saja adalah mendapatkan unduhan dari pengguna atau memperoleh pengisian jumlah formulir tertentu dari pengguna. Apapun tujuan dari bisnis Anda, ada dua hal yang harus jelas: matriks dasar dari konversi dan nilai dari setiap konversi website Anda.
 
Dalam e-commerce, hal tersebut adalah nilai dari pesanan dalam halaman checkout. Bisnis yang berbasis layanan dan jasa di sisi lain harus memisahkan setiap nilai ke dalam setiap interaksi yang dilakukan oleh pengguna.
 
Atur Tracking Konversi Anda Secara Benar
 
Mungkin hal ini terlihat jelas, tetapi kesalahan dalam mengatur tracking untuk konversi website Anda lebih sering terjadi dari yang Anda bayangkan. Berikut beberapa kesalahan umum yang dapat ditemukan:
 
  • Mengimpor pendapatan dari Google Analytics dibandingkan dengan mengatur konversi tag yang spesifik dalam Google Ads - kebanyakan platform e-commerce memiliki dokumentasi yang jelas tentang bagaimana mengatur tracking untuk konversi websitenya;
  • Tidak memeriksakan mata uang dari angka pendapatan dengan mata uang yang dihabiskan dalam kampanye PPC. Hal ini sebagian besar terjadi saat bisnis Anda memiliki website yang dapat dibuka dari berbagai negara. Tetapi hal ini dapat dihindari dengan memeriksa ulang angka pendapatan dari Google Analytics atau Google Ads yang cocok dengan yang ada dalam platform e-commerce terkait;
  • Tidak mengimpor konversi dari telepon - hal ini biasa terjadi jika bekerjasama dengan pihak ketiga.
  • Memiliki beberapa cara checkout tetapi hanya melacak konversi dari salah satunya - Hal ini biasanya terjadi ketika Anda menawarkan beberapa cara pembayaran seperti menggunakan Gopay atau OVO. Untuk mencari kesalahan dalam hal ini, Anda dapat membandingkan ID transaksi dalam Google Analytics > E-commerce > Sales Performance Report dengan ID transaksi dalam platform e-commerce Anda (jika dalam Google Analytics ada ID transaksi yang tidak ditemukan, Anda dapat memeriksa layanan apa yang digunakan pengguna untuk pembayaran);
  • Menggunakan figur pendapatan dari konversi “Tambah ke Keranjang” dibandingkan dengan memeriksa konversi penjualan yang sudah selesai - dalam Google Ads, periksa bagian pengaturan konversi untuk memastikan bahwa pendapatan Anda diimpor dari tag konversi pembelian.

Seharusnya sudah jelas sekarang bahwa Anda akan berjuang untuk menjalankan kampanye Google Ads yang menguntungkan jika Anda tidak mengetahui nilai konversi yang benar.
 
Mari kita lihat beberapa masalah yang umumnya terjadi saat mengimpor Pendapatan dari dari Google Analytics jika dibandingkan dengan Google Ads untuk memahami alasannya.
 
Mungkin terlihat baik jika menggunakan Google Analytics untuk laporan penjualan Anda. Namun, tugas sebenarnya dari Google Analytics adalah untuk memberikan laporan pendapatan dari seluruh sumber traffic yang Anda dapatkan. Klik dari sumber traffic tertentu dapat jauh lebih dekat dengan konversi daripada klik dari Google Ads Anda, yang berarti Anda dapat dengan mudah kehilangan konversi Google Ads karena Google Analytics telah memberikannya kepada salah satu afiliasi Anda.
 
Salah satu contoh menyatakan bahwa pebisnis senantiasa memberikan 15% dari pendapatannya untuk diatribusikan ke dalam email ‘Atur Ulang Sandi Anda’ pada Google Analytics. Akibatnya, angka pendapatan Google Ads dalam Google Analytics menjadi 35% lebih rendah. Jadi, jika Anda menggunakan Google Analytics untuk mengimpor pendapatan dari Google Ads, Anda akan terlalu meremehkan nilai kampanye Google Ads yang Anda jalankan.
 
Parahnya masalah ini bergantung pada seberapa banyak traffic website secara keseluruhan yang berasal dari Google Ads. Hal ini terkadang dapat mencapai hingga 90% dari total traffic. Pada kasus tersebut, nilai pendapatan untuk Google Ads dalam Google Analytics biasanya jauh lebih akurat.
 
Ingatlah Bahwa CPC Dapat Sangat Bervariasi
 
CPC merupakan hal yang Anda bayar, jadi sangatlah dimengerti jika hal tersebut menjadi perhatian tinggi dalam setiap daftar pengiklan saat berbicara tentang PPC. Krusialnya, penting untuk diingat bahwa Google Ads merupakan lelang, dan CPC merupakan salah satu variasi rentan dalam berbagai industri dan negara yang secara luas di luar kendali Anda.
 
SEMRush CPC Map Tool dibawah ini dapat menjadi ilustrasi yang tepat untuk Anda. Seperti yang dapat Anda lihat, mungkin Anda berekspektasi bahwa setiap kampanye yang menargetkan area London akan memiliki tingkat CPC yang lebih tinggi dibandingkan dengan bagian barat dari Inggris. bekerja dengan baik dalam menggambarkan hal ini untuk Anda. Namun, karena Google Ads merupakan sebuah lelang, para pengiklan tahu bahwa klik di London dapat lebih bernilai, yang berarti mereka dapat berkonversi pada rasio yang lebih tinggi dan menghasilkan AOV (Average Order Value) yang lebih tinggi.

 
Dapat juga terlihat perbedaan besar dalam CPC di seluruh industri. Bisnis furnitur taman dapat memperoleh keuntungan dari CPC lebih rendah yang ditemukan pada niche Rumah & Taman dibandingkan dengan pasar lain yang lebih kompetitif pada grafik di bawah ini.
 
 
Perusahaan asuransi biasanya akan menawar secara agresif dengan CPC yang sangat tinggi, karena mereka tahu orang-orang tidak mencari asuransi dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan untuk furnitur. Oleh karena itu, mereka dapat memperoleh keuntungan dari tingkat konversi yang jauh lebih tinggi, margin yang lebih baik, dan Nilai Umur yang jauh lebih tinggi dari pelanggan yang mereka menangkan.
 
Berkonsentrasi Pada Apa Yang Dapat Anda Kontrol
 
Kunci dari membuat hal ini berjalan untuk keseluruhan pemasaran digital Anda adalah mengawasi hasil penjualan Anda. CPC mungkin menjadi apa yang Anda bayar kepada Google, tetapi yang Anda kontrol adalah matriks Anda - tingkat konversi, nilai penjualan rata-rata dan margin Anda.
 
Yang perlu Anda hargai adalah, secara keseluruhan, CPC Google ditetapkan oleh pasar dan ada batasan tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk mengubahnya. Namun, ada banyak taktik yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan Rasio Konversi dan AOV Anda serta memaksimalkan biaya untuk penggunaan Google Ads. 
 
Tentu saja, margin lebih sulit untuk dipengaruhi, tetapi Anda dapat membuat perbedaan di area tersebut. Setelah Anda menyelesaikan proses untuk menemukan COS (Cost of Sales) dan menemukan bahwa Anda tidak memiliki margin tersisa setelah menggunakan iklan, maka Anda harus meninjau mana dari 3 metrik (AOV, CR dan Margin) yang mengecewakan Anda.
 
Mana yang perlu Anda perbaiki? Mungkin margin Anda sangat bagus, tetapi itu karena harga bid yang terlalu tinggi, yang pada akhirnya, merusak rasio konversi Anda. Mungkin AOV Anda terlalu rendah dan Anda perlu menawarkan insentif "Pengiriman Gratis" untuk mendorong pelanggan agar membelanjakan lebih banyak.
 
Menjadikan Google Ads terjangkau bukan hanya tentang mencapai CPC yang lebih rendah. Mungkin Anda perlu mengoptimalkan bisnis dan website Anda terlebih dahulu untuk melihat peningkatan penjualan Anda kedepannya. 
 
 
Jika Anda membutuhkan bantuan, kami hadir untuk Anda.

Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Eannovate juga sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: SEMRush
 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm