Image

QUICK CONTACT













Image

How To Boost SEO With Question Keywords Optimization

25 Sep 2020 by Billy Gani
Pencarian berbasis pertanyaan merupakan bagian penting dari keseluruhan pencarian yang Google terima setiap harinya. Internet Live stats menunjukkan bahwa ada sekitar 3,5 miliar pencarian per hari pada tahun 2018, dan pada tahun 2017 studi Jumpshot yang diterbitkan di Moz telah memperkirakan bahwa sekitar 8% dari permintaan pencarian diungkapkan dalam bentuk pertanyaan.
 
Berdasarkan statistik di atas, dapat disimpulkan bahwa mengoptimalkan website Anda untuk kata kunci berbasis pertanyaan dapat membuat perbedaan besar pada strategi SEO Anda. Anda dapat menghasilkan banyak traffic organik, mendapatkan tautan, atau mengubah traffic menjadi penjualan hanya dengan mengambil bagian dari cuplikan unggulan (feature snippet).
 
Dalam artikel ini, kami akan mencoba mendeskripsikan bagaimana cara Google mengambil jawaban dari frasa kueri berbasis pertanyaan dan bagaimana cara website Anda untuk mendapatkan peringkat di bawah feature snippet dan memahami algoritma yang mendasari proses pencarian berbasis pertanyaan.
 
Hubungan Antara Kata Kunci Berbasis Pertanyaan Dan Pencarian Semantik
 
Bagian “pencarian berkaitan dengan”atau sugesti kata kunci yang berada di bagian bawah “auto-suggest” seluruhnya didasarkan dari teknologi pencarian semantik. Ada hubungan penting antara pencarian semantik dengan kata kunci pencarian. Google dapat mengidentifikasi entitas yang muncul dalam pertanyaan kata kunci dengan bantuan dari pencarian semantik.
 
Apa Itu Pencarian Semantik?
 
Pencarian semantik merupakan pencarian yang memiliki nilai di dalamnya. Semantik sendiri merupakan studi yang memplajari kata dan logika di dalamnya. Karena itulah, pencarian semantik pada dasarnya adalah teknik pencarian data yang memahami arti dari kata-kata dan menentukan maksud pengguna sebelum menyajikan hasil pencarian.
Pencarian semantik memperhitungkan faktor-faktor berikut:
 
  •  Pemahaman bahasa secara alami
  • Konteks pengguna
  • Konteks alur kueri pengguna
  • Kesadaran entitas. 
  • Jadi, Google sebenarnya menerapkan teknologi pencarian semantik ketika memproses kueri pencarian dari pengguna. Kapan saja saat Anda memasukkan kueri, Google senantiasa memahami bahasa Anda secara alamiah dan memilih objek dalam kueri yang Anda masukkan. Setelah itu, Google menganalisa dokumen yang tepat dan memberikan Anda jawaban yang tepat dalam bentuk feature snippet. Hal ini merupakan hasil dari pekerjaan pencarian semantik.

Pembaruan Dari Google Hummingbird 
 
Pembaruan dari Google Hummingbird dirilis pada tahun 2013, dan membuat Google semakin cepat dan akurat sebagai sebuah mesin pencarian. Hummingbird sendiri merupakan algoritma terbaru yang lebih superior jika dibandingkan dengan algoritma lamanya yang hanya berfokus pada kata kunci. 
 
Saat ini, Google dapat memilih identitas dari pencarian, menemukan hubungan di antara identitas dan menyajikan hasil pencarian terbaik atau secara langsung mengembalikan jawaban paling akurat tersebut kepada Anda atau pengguna yang mencari.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Frasa Q&A?
 
Kapanpun pengguna mencari sesuatu dalam Google dengan frasa pertanyaan, Google akan mencoba untuk menyajikan jawaban dari pertanyaan tersebut. Google selalu mencoba untuk memberikan jawaban terbaik dan paling sesuai untuk pertanyaan tersebut. Jawaban yang dikembalikan oleh Google dapat diambil dari Grafik Pengetahuan atau diekstrak dari website tertentu.
 
Featured Snippet - Kotak Jawaban Google
 
Kapanpun pengguna memasukkan pertanyaan, Google menampilkan jawaban dalam bentuk feature snippet yang termasuk ringkasan dari jawaban yang diekstraksi dari halaman website bersamaan dengan judul dan tautan dari halaman website yang bersangkutan.
 
Sekarang, mari kita lebih memahami jenis pertanyaan yang akan dijawab oleh Google. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengidentifikasikan kata kunci terbaik dan merencanakan konten yang tepat untuk memberikan peningkatan langsung ke dalam strategi SEO Anda. 
 
Jenis Pertanyaan Yang Dijawab Oleh Google 
 
Dengan pengenalan terhadap teknologi semantik, Google telah melangkah jauh dari yang awalnya hanya mesin pencarian berubah menjadi mesin pencarian yang memberikan jawaban. Sejak saat ini, ada beberapa pembangunan di dalam pencarian semantik, kecerdasan buatan, pencarian berbasis suara, skema data, pemrosesan kueri, dan sebagainya.Pembangunan ini membantu Google untuk menjadi asisten pintar yang dapat memberikan jawaban langsung terhadap pertanyaan pengguna dibandingkan dengan hanya memberikan tautan ke dalam website tertentu.  
 
Konsep yang dibawa sangatlah sederhana yaitu memfokuskan diri dalam pencarian berbasis suara dan mencoba menjawab pertanyaan pengguna. Namun, website yang memiliki data terstruktur memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berada dalam feature snippets dalam hasil pencarian Google.
 
Ada beberapa jenis pertanyaan yang dijawab oleh Google. Yang paling menonjol dijelaskan di bawah ini:
 
Pertanyaan Yang Ditanyakan Secara Langsung
 
Jenis pertanyaan ini biasanya ditanyakan dengan kata “apa,dimana,kapan,siapa,bagaimana, mengapa” dan sebagainya.
 
Contohnya, etika pengguna menanyakan tentang “apa nama galaksi yang kita tempati?” intensinya sangat direct sehingga Google menampilkan jawaban yang sudah pasti yaitu “Milky Way.”
 
Google secara akurat memprediksi maksud pengguna yang memanfaatkan kekuatan Hummingbird yang diberdayakan oleh teknologi pencarian semantik dan mengembalikan jawaban yang tepat kepada pencari.
 
Pertanyaan Dengan Jawaban Singkat 
 
Pertanyaan-pertanyaan ini dimulai dengan ’mengapa’, “apakah”, dan sebagainya.
 
Saat pengguna menanyakan pertanyaan seperti "Mengapa samudra berwarna biru?", Feature snippets dapat memberikan jawaban yang secara akurat dan penjelasan atas pertanyaan yang ditanyakan.
 
Pertanyaan Dengan Jawaban Panjang
 
Ketika pengguna mengajukan pertanyaan seperti "Bagaimana cara memasak pasta?", Jawaban berdasarkan langkah-demi-langkah akan ditampilkan di mana prosedur tersebut dijelaskan. Di sini, tujuan pengguna adalah mempelajari prosedur dengan cara yang terbaik. Google secara akurat memprediksi maksud pengguna dan mengembalikan hasil penelusuran yang menjelaskan proses tersebut dalam sejumlah langkah.
 
Pertanyaan Dengan Kata Kunci Mana Yang Sebaiknya Dihindari?
 
Untuk beberapa permintaan pencarian, Google mengembalikan jawaban langsung yang diperoleh dari Grafik Pengetahuan. Tidak ada tautan website yang ditampilkan di bawah jawaban; maka tidak ada gunanya berfokus pada SEO untuk kata kunci pertanyaan seperti itu. Kotak jawaban ini bukan cuplikan pilihan karena cuplikan pilihan memiliki tautan ke dalam website tempat jawaban diekstrak. Dalam kebanyakan kasus ekstraksi jawaban dari Grafik Pengetahuan, tidak ada feature snippets yang dikembalikan.
 
Misalnya, untuk kueri penelusuran "Berapa tinggi Gunung Everest?", Jawaban langsung diberikan oleh Google. Jawaban ini langsung diambil dari Grafik Pengetahuan, dan karenanya Google tidak mencantumkan website Anda di feature snippets.
 
Optimasi kata kunci berbasis pertanyaan dapat mengubah strategi SEO Anda dari yang sudah baik menjadi lebih baik lagi. Anda dapat memiliki keunggulan di antara pesaing Anda jika Anda dapat mengambil bagian feature snippets dari Google. Memiliki konten dari website yang ditampilkan pada kotak jawaban dari Google (feature snippets) memiliki arti bahwa  Anda akan mendapatkan lebih banyak traffic dan tautan alami yang baik ke dalam website Anda.
 
 
Jika Anda masih membutuhkan bantuan akan SEO dan pemasaran digital untuk bisnis Anda, kami dapat membantu. 
 
Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Eannovate juga sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
 
Reference: SEMRush

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm