Image

QUICK CONTACT













Image

Tips & Panduan Dalam Merancang Desain Kemasan Produk Untuk Bisnis Anda

25 Sep 2020 by Billy Gani
Desain kemasan produk mengacu pada bagian luar dari sebuah produk. Hal tersebut termasuk pilihan Anda dalam bahan dan bentuk serta grafik, warna dan font yang digunakan pada boks, kotak, kaleng, botol atau wadah apa pun yang digunakan untuk mengemas produk dari bisnis Anda.
 
Sama seperti desain yang baik, kemasan produk ini juga memberikan sebuah cerita tersendiri untuk brand Anda. Kehadirannya juga menjadikan produk Anda menarik dan membantu Anda untuk mendefinisikan nilai dari brand Anda kepada konsumen. 
 
Sebelum Mulai Merancang Desain Kemasan Produk
 
Ada tiga pertanyaan yang harus Anda jawab terlebih dahulu sebelum mulai merancang desain untuk kemasan produk Anda:
 
Apa Produk Anda?
 
Apa produk yang Anda jual? Seberapa besar ukuran produk tersebut? Terbuat dari bahan apa?
 
Pertanyaan ini dapat membantu Anda menentukan apakah ada keperluan logistik yang diperlukan bagi kemasan produk Anda. Misalnya, produk yang berbahan dasar lembut membutuhkan kemasan yang lebih aman dalam pengirimannya. Produk yang besar atau dengan bentuk dimensi yang unik, di sisi lain, mungkin memerlukan solusi pengemasan khusus daripada menggunakan kemasan yang tidak biasa.
 
Siapa Saja Yang Dapat Membeli Produk Anda?
 
Apakah produk tersebut seharusnya digunakan oleh pria, wanita atau keduanya? Apakah untuk produk Anda diperuntukkan bagi anak-anak atau orang dewasa? Apakah ditujukan untuk orang yang peduli akan lingkungan? Apakah produk Anda dibuat untuk mereka yang memiliki anggaran terbatas atau dengan pendapatan yang lebih besar?
Kemasan produk harus dapat menarik konsumen idealnya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui siapa target konsumen sebelum Anda memulai proses desain dari kemasan produk. 
 
Produk untuk orang dewasa yang lebih tua mungkin membutuhkan teks yang lebih besar. Atau, produk yang ditujukan untuk pelanggan yang memiliki anggaran lebih perlu mempertimbangkan penggunaan bahan yang menciptakan kesan lebih mewah.
 
Bagaimana Cara Konsumen Untuk Mendapatkan Produk Anda?
 
Apakah mereka dapat membeli produk Anda di supermarket? Butik kecil? Secara online?
 
Anda mungkin lebih mudah berpikir tentang pengemasan secara berbeda jika produk Anda dijual dan dikirim secara online daripada dengan harus menonjol dari persaingan dalam rak toko di supermarket besar. Produk yang akan dijual secara online mungkin tidak dapat memiliki banyak ruang ekstra yang dapat menyebabkan produk terguncang, atau kemasannya sedikit rusak. Dan barang-barang yang akan ada di rak seperti butik harus menarik perhatian pembeli yang dikelilingi oleh barang-barang yang juga sama menariknya dalam paket atau kemasan yang juga menarik.
 
Informasi Yang Perlu Anda Kumpulkan Sebelum Merancang Desain Kemasan Produk
 
Persyaratan Brand
 
Terkadang sebuah produk dapat berdiri sendiri, dan dalam kasus lain, produk Anda dapat mewakili brand yang sudah mapan. Jika kemasan Anda perlu mewakili estetika brand tertentu, pastikan Anda telah mengumpulkan informasi berikut sebelum memulai:
 
  • Warna - Jika Anda sudah memiliki nilai CMYK atau warna Pantone Matching Values (PMS), sertakan khusus untuk  dicetak. 
  • Font - Pastikan Anda memiliki font yang tepat dan instruksi penggunaan khusus.
  • Logo - Jika Anda perlu meletakkan logo pada kemasan, pastikan Anda memiliki file vektor yang tersedia.

Setelah Anda mengumpulkan semua informasi ini, tibalah waktunya untuk bagian yang menyenangkan: proses desain! Ingat bagaimana Anda ingin merancang desain kemasan yang menceritakan nilai brand Anda? Pilihan yang Anda buat dalam proses desain akan membantu Anda menceritakan kisah tersebut.
 
Memahami Lapisan Kemasan
 
Ada tiga lapisan dari kemasan produk yaitu kemasan luar, kemasan dalam, dan kemasan produk. Produk Anda mungkin membutuhkan salah satu atau ketiga jenis kemasan ini. Kemasan luar merupakan hal pertama yang dilihat oleh konsumen ketika menerima produk Anda. Kemasan luar inilah yang melindungi elemen produk Anda. Hal ini dapat berupa boks dimana produk Anda dikirimkan atau berupa kantong belanja ketika produk Anda ditempatkan dalam toko offline.
 
Kemasan bagian dalam adalah kemasan yang menjaga agar produk Anda tetap aman di dalam kemasan luar. Hal ini dapat berupa kertas tisu di dalam kemasan Anda untuk membersihkan produk atau bagian yang ditutup untuk menjaga kesegaran produk.
 
Dan yang terakhir, kemasan produk, merupakan hal yang seringkali dipikirkan tentang sebuah kemasan boks saat produk Anda datang, dalam bentuk botol dengan label, tag dalam pakaian, pembungkus dari permen, dan sebagainya. Setiap lapisan dari kemasan ini dapat memberikan Anda kesempatan untuk memberikan cerita dan nilai tentang brand Anda.
 
Pilihlah Jenis Kemasan Yang Tepat Untuk Produk Anda
 
Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan untuk memilih jenis kemasan yang tepat untuk produk Anda:
 
Produk Anda
 
Jika Anda menjual sesuatu produk berbahan dasar cairan, hal tersebut akan membatasi pilihan Anda.
 
Kompetisi
 
Apakah semua orang memasukkan sup mereka ke dalam kaleng? Anda pasti ingin berpikir keras untuk memasukkan produk sup Anda ke dalam bentuk kemasan lain. Di satu sisi, hal tersebut dapat membuat Anda menonjol, dan dapat membantu untuk membedakan brand Anda dengan kompetitor. Di sisi lain, konsumen mungkin terbiasa dengan kaleng untuk produk sup, dan toko kelontong menyiapkan stok kaleng tambahan di bagian sup dalam toko mereka, yang juga membuat kotak sup Anda harus lebih menarik agar dapat bersaing dengan kaleng sup lainnya dalam toko.
 
Anggaran 
 
Ingatlah untuk senantiasa memikirkan konsumen ideal Anda. Jika produk Anda dijual dengan harga yang relatif terjangkau, boks atau kemasan yang sederhana mungkin sudah cukup untuk digunakan. Tetapi, jika produk Anda merupakan produk hand-crafted yang dibalut dengan berbagai ornamen yang cukup mahal, Anda lebih baik mengemasnya dengan kemasan yang juga bernilai cukup tinggi agar mengimbangi harga dari produk Anda. 
 
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan dalam merancang kemasan produk Anda. Jika masih mencari tempat yang tepat untuk mencetak kemasan produk seperti box packaging untuk bisnis Anda, Instaprint dapat menjadi salah satu solusi.
 
Instaprint merupakan salah satu digital printing yang bisa Anda percaya untuk mencetak segala jenis kemasan produk seperti box packaging, stiker label kemasan, dan keperluan bisnis yang Anda butuhkan. Untuk mendukung bisnis Anda, Instaprint menawarkan jasa cetak box packaging di Tangerang yang berkualitas dan dengan harga terjangkau. Anda hanya perlu mengirimkan hasil desain, kemudian Instaprint akan mencetaknya dengan kualitas yang tentunya tidak diragukan. Instaprint juga dapat memotong hasil pencetakan box packaging Anda, sehingga Anda tidak perlu repot-repot membuang tenaga lagi untuk memotongnya.
 
Tanpa perlu bolak-balik tempat percetakan, Anda bisa mengetahui proses pesanan melalui website atau SMS dari penyedia jasa pengiriman yang Anda pilih mulai dari pembuatan desain, pengerjaan cetak, hingga status pengiriman hasil cetak ke lokasi. 
 
Jauh? Tenang saja, Anda tetap dapat mencetak box packaging untuk bisnis Anda tanpa harus kesulitan untuk pergi ke Gading Serpong, Cengkareng ataupun Bintaro. Anda cukup membuka website-nya, order dan submit desain yang ingin Anda cetak, kemudian pilih cara pengiriman yang juga bervariasi. Dijamin, desain box packaging untuk bisnis Anda dapat langsung selesai dan sampai ke tangan Anda secara cepat lewat ekspedisi seperti JNE ataupun Gojek.
 
 
 
 
 
 
 
Reference: 99Design

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm