Image

QUICK CONTACT













Image

Cara Menjaga & Memelihara Alat Berat Agar Tetap Dalam Kondisi Prima

23 Sep 2020 by Billy Gani
Dalam industri konstruksi dan penghancuran, alat berat bisa dianggap sebagai tulang punggung pada pengerjaan konstruksi, penambangan, penebangan, agrikultur, dan sebagainya. Tanpa alat berat seperti bulldozers, forklifts, dan backhoes (beko), pekerja dalam industri ini mungkin tidak dapat menyelesaikan pekerjaan mereka.
 
Meski alat berat merupakan alat yang sangat kuat dan tangkas, tentu saja alat tersebut juga bisa mengalami kerusakan, turun mesin sebagainya. Sesuai dengan ukuran dan kompleksitas dari alat berat, perbaikan karena kerusakan kecil pun bisa dibandrol dengan harga tinggi. Untungnya, Anda dapat meminimalisir perbaikan alat berat dengan mengikuti beberapa aturan dan menjalankan kegiatan preventif berikut untuk menjaga alat berat agar selalu dalam keadaan prima.
 
Melakukan Pembersihan Rutin
 
Salah satu solusi paling mudah untuk merawat alat berat adalah dengan menjaga agar alat berat tersebut selalu dalam keadaan bersih. Berbagai material yang seringkali bersentuhan langsung dengan alat berat Anda seperti lumpur, kotoran dan debu dapat menyumbat saringan udara dan ventilasi sehingga berpotensi untuk merusak komponen elektrik yang dimiliki. Selain itu, elemen-elemen tersebut juga dapat mempercepat proses pengkaratan dan juga menimbulkan kerusakan secara keseluruhan dari waktu ke waktu.
 
Atur jadwal pembersihan alat berat Anda untuk menghilangkan lumpur yang sudah mengeras dan sisa-sisa pelumasan. Namun, buat juga jadwal terpisah untuk prosedur pembersihan tambahan seperti penggantian saringan dan pembersihan mesin Anda.
 
Lindungi Elektronik & Kabel-Kabel
 
Selain debu, air, lumpur dan elemen lainnya, ada hal yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan yakni komponen elektrik yang ada pada alat berat Anda seperti kabel dan sirkuit listrik. Meski berada dalam keadaan tertutup, pastikan kondisi kabel dan sirkuit listrik berada pada kondisi yang baik dan cukup terlindung dari air, debu, dan kondisi lingkungan lainnya yang dapat berpotensi membuatnya rusak.
 
Selain itu, perhatikan juga bagaimana starter, alternator, dan berbagai bagian elektrik penting pada alat berat bekerja. Ketika komponen elektrik tersebut rusak, butuh biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.
 
Melakukan Pelumasan Secara Rutin
 
Pelumas dapat menjadi hal penting untuk membantu memperpanjang umur mesin alat berat Anda. Ada banyak bagian yang bergerak pada alat berat dan pelumas yang dapat membantu untuk mengurangi gesekan, meminimalisir kerusakan, dan menjaga keseluruhan mesin untuk berjalan dengan halus saat dioperasikan. Pelumas juga merupakan kunci untuk menjaga bagian dalam dari alat berat agar tetap bersih, karena dengan memberikan pelumas, hal tersebut dapat mengurangi jelaga yang terkumpul.
 
Cek Ban Secara Rutin
 
Ban yang kempes atau as yang rusak pada alat berat sangatlah sulit untuk diperbaiki. Maka dari itu alangkah lebih baik jika Anda dapat mencegah kerusakannya. Minimalisir dan deteksi sedari dini kerusakan pada jalur ban dengan mengecek kondisi ban Anda secara menyeluruh secara rutin. Terutama sebelum, selama dan setelah melakukan kegiatan pada jalan yang berkerikil, berlumpur tebal dan kondisi jalan ekstrim lainnya. Ingat bahwa benang yang rusak pada ban dapat membahayakan dan menjadi problem serius kedepannya.
 
Menyewa Tempat Penyimpanan Terpercaya
 
Sama seperti tubuh kita yang membutuhkan rumah untuk beristirahat, alat berat juga membutuhkan rumah yang layak untuk mereka beristirahat. Maka dari itu dibutuhkan tempat penyimpanan yang bukan hanya luas, namun juga terpercaya untuk memberikan perlindungan bagi alat berat dari cuaca ekstrim, sinar matahari, karat, korosi dan juga elemen lingkungan lainnya.
 
Setiap kali alat berat selesai digunakan, Anda perlu memasukannya kembali ke tempat penyimpanan. Terlebih lagi ketika sebuah proyek sudah selesai, Anda tentu tidak boleh membiarkannya di area terbuka begitu saja. Dengan menyewa tempat penyimpanan yang terpercaya di sekitar area proyek, maka hal tersebut akan memudahkan Anda untuk mengeluarkan dan menyimpan alat berat kembali tanpa rasa khawatir.
 
Ketahui Batas Maksimal Dari Alat Berat
 
Apakah buku panduan penggunaan dari pabrik alat berat masih Anda miliki? Inilah saatnya untuk membuka dan membaca kembali buku tersebut. Dalam rangka menjaga agar kondisi alat berat tetap prima, Anda harus memastikan bahwa Anda tidak menggunakan alat berat melebihi kapasitasnya, terutama perihal kapasitas muatan maksimal yang bisa diangkut alat berat Anda. Penggunaan alat berat yang melebihi kapasitasnya dapat menjadi masalah yang membuat mesin alat berat menjadi terlalu panas dan mengakibatkan kerusakan fungsi.
 
Simpan Dokumentasi Detail
 
Dokumentasikan segala kegiatan harian, bulanan, tahunan dan juga kegiatan perawatan serta perbaikan dari alat berat Anda. Dokumentasi ini meliputi tanggal, catatan spesifik bagaimana performa alat berat Anda dan juga foto.. Simpan dokumentasi detail ini secara rapi sehingga dapat dijadikan bahan rujukan ketika terjadi penurunan performa atau bahkan kerusakan.
 
Susun dokumentasi ini berurutan dari waktu ke waktu sehingga Anda dapat mengamati seberapa sering alat berat Anda diperbaiki, apakah ada perbaikan yang dilakukan berulang kali, dan apakah masih ada perbaikan yang berada dalam masa garansi. Jenis informasi ini dapat membantu Anda untuk mengetahui penyebab umum dari kerusakan atau kegagalan dari setiap bagian alat berat sehingga Anda dapat mengambil langkah yang tepat.
 
Alat berat adalah sebuah investasi besar yang harus diperlakukan sebagaimana Anda memperlakukan investasi besar Anda lainnya. Dengan memperpanjang masa pakai dan menjaganya agar selalu dalam kondisi prima, Anda dapat meraih keuntungan dari investasi ini. Selain itu, jika Anda dapat merawat alat berat dengan baik, harga jual kembalinya pun juga akan tetap tinggi. 
 
 
Jika Anda sedang mencari distributor atau tempat yang menjual dan menyewakan alat berat berkualitas dan profesional di Indonesia, THI dapat menjadi salah satu pilihan Anda. 
 
Tunas Habibi Indonesia (THI) merupakan salah satu distributor dan penyedia rental alat berat dari semua produk T&H (Technology and Hammer), Liutech Air Compressor, TRD Hydraulic Breaker dan Digga di area Jakarta dan Medan, Indonesia. THI senantiasa berkomitmen untuk menyediakan hydraulic breaker, mobile compressor dan machinery attachment berkualitas premium lainnya di Indonesia. THI juga memberikan layanan prima kepada mitra dalam bidang pertambangan, quarrying, dimensional stone, civil engineering, road construction, demolition, tunneling, industrial, plantation, logging dan lain-lain. Selain itu, THI juga menyediakan jasa penjualan,rental alat berat seperti Liutech mobile compressor di Indonesia untuk kebutuhan anda.
 
 
 
Reference: THI

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm