Image

QUICK CONTACT













Image

Tips Untuk Tetap Nyaman Dalam Berkemah Saat Musim Hujan

22 Sep 2020 by Billy Gani
Berkemah merupakan salah satu cara yang tepat untuk menghabiskan waktu dengan keluarga dan menikmati keindahan alam. Mungkin yang pertama terlintas di pikiran anda adalah harga yang cukup mahal. Tetapi sebenarnya, anda tidak memerlukan peralatan yang mahal untuk membawa perlengkapan anda selama berkemah. Dengan sedikit kreativitas, tentunya anda dapat menikmati masa berkemah anda dan tetap nyaman tanpa memikirkan budget yang anda keluarkan.
 
Saat sudah mengemas berbagai perlengkapan Anda dan bergegas pergi ke tempat perkemahan, ada salah satu tantangan yang harus Anda hadapi. Ya, cuaca yang mungkin kurang bersahabat. Jika cuaca benar-benar tidak baik untuk berkemah, kami menyarankan Anda untuk menunda sejenak rencana berkemah Anda. Tetapi, jika cuaca masih dapat ditolerir, seperti hujan yang tidak terlalu besar, Anda masih dapat menjalankan rencana Anda.
 
Mungkin hujan yang kecil tidak terlalu merepotkan Anda, tetapi jika intensitas hujan yang cukup besar turun ketika Anda sampai tempat perkemahan, Anda memerlukan strategi khusus untuk tetap dapat menikmati liburan Anda.
 
Hujan senantiasa dapat terjadi, tetapi bukan berarti pengalaman berkemah Anda hancur karenanya. Berikut ini beberapa tips yang dapat kami berikan untuk tetap menjalankan aktivitas berkemah dikala hujan dengan intensitas yang rendah hingga sedang.
 
Temukan Tempat Perkemahan Yang Tepat
 
Pilihlah tempat berkemah dengan jarak yang tidak terlalu dekat dari sungai atau danau jika memungkinkan. Tidaklah menyenangkan untuk terbangun dengan jarak 30 meter dari sungai atau danau ketika sedang hujan. Bahkan lebih baiknya, jika Anda menempatkan tenda Anda ke arah matahari terbit, lebih mudah bagi Anda untuk membujuk diri sendiri agar keluar dari kantong tidur di pagi yang gerimis untuk melihat keindahan matahari terbit. 
 
Dan apapun yang Anda lakukan dalam tempat perkemahan, janganlah pernah memasang tenda di bawah pohon. Ketika hujan panjang yang mengguyur tempat perkemahan Anda selesai, tetesan air dapat senantiasa menetes dan membasahi anda serta tenda yang Anda tempati. Dan juga, lebih berbahaya bagi Anda karena bisa saja ranting-ranting besar yang pohon tersebut miliki patah dan jatuh menimpa tenda dan diri Anda. Hal tersebut tentunya berpotensi melukai diri Anda.
 
Terangi Malam Anda
 
Cahaya tentunya dapat meningkatkan nuansa santai di bawah terpal tenda atau kanopi Anda. Bawalah senter LED untuk Anda gunakan dalam menelusuri daerah sekitar tenda dan perkemahan Anda, nyalakan lilin untuk memberikan kedipan kecil pada malam hari, dan kemaslah lampion kemah serta senter untuk kebutuhan Anda. Selalu ingat untuk membawa baterai cadangan karena sangat diperlukan jika senter Anda mulai redup atau bahkan mati. Jika Anda berencana untuk mengeksplor sekitar perkemahan dan kembali saat malam ke tenda Anda, tinggalkan lampu reflektor yang dapat Anda tempelkan pada pohon dekat tenda Anda sehingga nantinya Anda tidak akan kebingungan mencari tenda saat sudah gelap.
 
Buatlah Ruang Tamu Di Depan Tenda Anda
 
Ketika aktivitas luar Anda selesai di siang hari, Anda dapat memasuki sore dan malam hari dengan aktivitas yang juga menarik. Anda dapat membawa kursi lipat, menyalakan api kecil dan memanggang makanan untuk makan malam Anda. Janganlah menjadi pemalu dan hanya berkelompok sendiri. Ajaklah orang-orang di tenda sekitar untuk berkumpul dan bercanda serta memasak bersama. Jangan lupa untuk memasang tutup terpal atau kanopi sambungan dari tenda Anda hingga “ruang tamu” tersebut untuk menutupi dari hujan. Setelah itu aturlah pencahayaan, keluarkan camilan, pasanglah lagu atau bernyanyi bersama teman-teman Anda.
 
Pastikan Kehangatan Tubuh Anda
 
Perlengkapan berkemah saat hujan dan baiknya lapisan pakaian Anda dapat membantu meregulasikan temperatur tubuh Anda, melembabkan tubuh ketika sedang beraktivitas dan menjaga kehangatan tubuh saat Anda sedang beristirahat. Pilihlah pakaian berbahan dasar polyester atau wol dan lapisi dengan jaket yang waterproof atau jas hujan di luarnya. Katun bukanlah pilihan yang tepat karena ketika hujan, bahannya akan senantiasa basah dalam waktu yang lama dan menurunkan temperatur tubuh Anda dan menjadikan tubuh Anda kedinginan dalam waktu cepat. Pastikan bahwa Anda juga mengemas beberapa pakaian ganti untuk melapisi tubuh dan juga kaus kaki berbahan wol dalam tas anti air agar dapat Anda gunakan setelah hujan.
 
Gunakan Pakaian Berwarna Cerah
 
Pergi berkemah dan berburu dengan teman-teman Anda? Jangan lupa untuk menggunakan pakaian dengan warna-warna cerah seperti merah atau oranye. Anda tentu tidak ingin disalah artikan sebagai rusa atau hewan lainnya, bukan? jadi tinggalkan skema warna perkotaan Anda di rumah dan gunakan jaket berwarna cerah yang menonjol untuk menunjukkan diri Anda. Hal ini juga berguna bagi teman-teman Anda agar lebih mudah mencari Anda ketika berpencar, apalagi jika waktu sudah mulai gelap.
 
Gantung Pakaian Anda 
 
Saat pakaian Anda basah kuyup, Anda mungkin tergoda untuk melipatnya di sudut lalu memasukkannya ke dalam tas dan meringkuk di kantong tidur Anda. Pertimbangkan untuk menggantung pakaian basah Anda terlebih dahulu. Anda akan berterima kasih kepada kami besok harinya, saat Anda memiliki pakaian kering yang tidak berbau seperti jamur atau tumbuhan dalam tas dan tenda Anda. Kemasi tali jemuran dan ikat di bawah terpal atau bagian depan tenda sehingga Anda dapat menggantung semua pakaian basah hingga kering. Meluangkan waktu untuk mengelola faktor kelembaban dapat membuat perjalanan Anda jauh lebih menyenangkan.
 
Jika Anda sangat membutuhkan pakaian kering, taruh beberapa pakaian basah Anda di dalam kantong tidur. Panas tubuh Anda akan mengeringkannya dalam semalam.
 
 
Nah, sekarang ketika Anda sudah lebih memahami beberapa tips untuk berkemah saat musim hujan, inilah saatnya Anda untuk mempersiapkan rencana perkemahan Anda selanjutnya. 
 
Jika Anda masih belum dapat menemukan perlengkapan untuk berkemah yang memiliki harga terjangkau dengan kualitas yang baik, Tendamart dapat membantu Anda. 
 
Tendamart merupakan salah satu distributor dan penjual bahan-bahan tenda dan terpal terlengkap, terbesar, dan berkualitas di Jakarta Indonesia. Selain menyediakan bahan-bahan untuk material tenda lipat dan terpal, Tendamart juga menyediakan, menjual dan memberikan jasa sewa berbagai macam jenis tenda lipat seperti Tenda Sarnafil,Tenda Kafe,Tenda Pleton,Tenda Kanopi,Tenda Roder,Tenda Membrane,dan masih banyak lagi. Bahan tenda dan terpal yang kami jual terdiri dari jenis PVC tarpaulin (IZZI Tent), Terpal PE, Mica Transparan, Tensile Membrane, dan sebagainya. Selain menyediakan bahan-bahan material tenda & terpal, Tendamart juga memproduksi TAS Motor, Terpal Penutup Kendaraan, Wingbox, dan produk lainnya yang berkaitan dengan bahan terpal/tarpaulin. Serahkan seluruh kebutuhan tenda yang berkualitas dan terbaik di Jakarta, Indonesia hanya pada Tendamart.
 
 
 
 
Reference: Rei

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm