Image

QUICK CONTACT













Image

5 Reasons to Make Animated Video for Your Product

17 Sep 2020 by Billy Gani
Saat bekerja dengan strategi pemasaran, perusahaan biasanya berpikir tentang material apa yang mereka butuhkan untuk mengimplementasikannya. Setiap pemilik bisnis biasanya memperhatikan materi visual termasuk gambar, animasi dan video bersamaan dengan teks, produk dan layanan yang mereka berikan. Meskipun sudah jelas diketahui bahwa informasi visual lebih mudah dipersepsikan dibandingkan dengan informasi tekstual, tidak banyak perusahaan yang saat ini ingin berinvestasi dalam desain berbasis video. 
 
Berikut ini, kami mencoba memberikan beberapa alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan penggunaan video animasi untuk presentasi produk atau layanan yang lebih sukses kedepannya.
 
Menceritakan Kisah Anda Dalam Cara Yang Sederhana & Menyenangkan
 
Bercerita merupakan salah satu cara yang masih digunakan untuk membagikan informasi. Entah apapun pesan yang ingin Anda sampaikan - informatif, edukasional, atau pun pengantar - Anda selalu dapat membuatnya dalam bentuk cerita. Setiap orang tidak hanya menyukai cerita yang menarik, tetapi juga cenderung akan mengingatnya. Gunakan kekuatan dari hal ini untuk membuat video animasi yang senantiasa diingat oleh target audiens Anda.
 
Kebanyakan perusahaan yang menyediakan solusi untuk teknik dan perangkat lunak sudah mengambil manfaat dari video animasi. Perusahaan tersebut mengetahui bahwa setiap topik tentang teknologi atau statistik dapat diubah menjadi ilustrasi yang mudah dipahami dan menarik. Grafik menjadi lebih mudah diterima jika berbentuk animasi yang dipasangkan dengan voice-over
 
Jangan bergelut dan mencoba untuk mendeskripsikan produk atau layanan Anda dengan kata semata. Anda dapat mengambil tantangan tersebut atau ide abstrak lalu memasukkannya menjadi sebuah video animasi dengan jalan yang mudah menarik perhatian dari target audiens.
 
 
Berikut ini salah satu contoh video animasi yang dirancang oleh desainer dari Tubik Studio berdasarkan artikel tentang gamification dalam desain UI / UX. Video ini mudah dan menyenangkan serta menjelaskan bahwa teknik gamification dapat memotivasi pengguna dan meningkatkan pengalaman pengguna.
 
Libatkan & Ubah Target Audiens Anda
 
Di samping menarik perhatian dan menceritakan kisah Anda, video animasi sebenarnya membantu Anda untuk lebih berkoneksi dan mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan bagi bisnis Anda. Pernahkah Anda menyadari bahwa tombol CTA dalam video animasi tidak terlalu mencolok dan tidak terlalu mengganggu? Hal tersebut dikarenakan CTA ini menjadi bagian dari cerita dan pengguna tidak merasa bahwa Anda mencoba menjual sesuatu kepada mereka.
 
Teknik yang Anda gunakan dalam menarik target audiens dan gunakan hal tersebut dalam cara yang unik untuk menyampaikan pesan penjualan Anda tanpa harus menjadikan Anda menyebalkan bagi calon pelanggan Anda.
 
 
Berikut ini salah satu contoh dari Tubik Studio yang dirancang untuk Binned, perusahaan yang menyediakan jasa pembersihan. Hal ini dapat menjadi salah satu contoh dalam memasukkan pesan penjualan dalam skenario. Binned sendiri menginginkan agar Tubik Studio merancang video animasi pendek yang dapat memberikan rasa percaya diri akan layanan yang mereka berikan. Jadi, dalam satu sisi, video ini dapat menjadi kartun yang menyenangkan dan juga menjadi penawaran tinggi bagi target audiens yang Binned miliki.
 
Jangan Menghabiskan Banyak Budget Untuk Memproduksi Video
 
Budget menjadi salah satu faktor penentu dari setiap penentuan material promosi yang dimiliki perusahaan. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan video, Anda harus siap untuk mengeluarkan uang lebih dalam membayar perlengkapan, casting, set tempat, biaya pengeditan video dan produksi. Saat memberikan produksi video animasi pada tangan vendor desain, Anda juga perlu membayar waktu seorang ilustrator dan perancang gerak yang dapat mengubah ide berani Anda menjadi kenyataan. Lebih penting lagi, Anda dapat dengan mudah menambahkan perubahan ke video Anda saat merancang desain dan juga sesudahnya.
 
Berikut ini contoh dari Opera yang merefleksikan sistem budget-friendly dalam pembuatan video animasi mereka.
 
 
Opera mencari talent yang dapat membuat video presentasi dari kesuksesan produk mereka di tahun 2016. Setiap ilustrasi kompleks dalam video tersebut dibuat untuk mendemonstrasikan lingkungan dan musim yang berbeda. Jika mereka menggunakan talent asli untuk membuat video tersebut, tentunya Anda bisa membayangkan seberapa besar budget  yang mereka keluarkan, bukan?
 
Jangan Batasi Kreativitas Anda
 
Kesempatan untuk menggunakan desain gerakan (motion design) tidaklah terbatas, dan banyak kebebasan yang dapat Anda gunakan di dalamnya. Dengan teknik pemotongan di ujung yang modern, desainer kini dapat mentransformasikan informasi apapun dari cerita Anda ke dalam video yang impresif dan menarik perhatian.
 
Video animasi memberikan Anda kebebasan untuk menciptakan skenario yang secara fisik mungkin terjadi dan membawa maskot perusahaan Anda menjadi nyata. Mungkin Anda dapat menciptakan cerita seri berbentuk video animasi untuk menceritakan progress dari perusahaan atau bisnis Anda, fitur baru, atau pembaruan terakhir yang Anda lakukan.
 
Membuat Tim Pemasaran Anda Lebih Senang
 
Sebagai tambahan dari menjadi lebih menjadi menarik dan berorientasi pada penjualan, video animasi juga dapat membawa kontribusi untuk strategi pemasaran. Video animasi yang menyenangkan dan orisinil biasanya selalu disebarkan melalui media sosial, yang tentunya memiliki potensi untuk menjadi viral. Jika Anda mengunggah video animasi yang Anda buat ke dalam YouTube dan juga website Anda, mungkin saja mesin pencarian dapat membuat Anda sebagai salah satu halaman preferensi yang mereka miliki. Dan juga, video animasi ini dapat menjadi bagian dari newsletter, kampanye iklan berbayar, artikel blog, dan juga presentasi yang Anda miliki.
 
 
Video animasi merupakan salah satu alat pemasaran yang kuat dan dapat digunakan dalam setiap platform yang Anda inginkan. Jangan meremehkan jenis konten ini dan pastikan bahwa Anda mendapatkan keuntungan untuk bisnis Anda melalui video animasi. 
 
 
Jika Anda masih bingung dalam menerapkan halaman produk dengan desain dan visual yang menarik, kami dapat membantu. 
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: Tubik Studio

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon