Image

QUICK CONTACT













Image

Mobile-First Indexing: Will It Change Your Rankings On Desktop?

16 Sep 2020 by Billy Gani
Mobile-first indexing sudah menjadi pembicaraan dari tahun 2018 di dunia SEO, dan menjadi perubahan besar dalam cara kerja penelusuran Google yang juga telah membuat SEO bertanya-tanya tentang apa yang akan terjadi. Tentu Anda seringkali membaca banyak unggahan artikel tentang mobile-first dan prediksinya tentang bagaimana kehadirannya mengubah atau melengkapi hasil pencarian dari pengguna. Kehadirannya memang penting, namun, kita juga harus senantiasa memahami jenis pembaruan apa saja untuk mengingat pengetahuan dasar dari indexing dan peringkat. Khususnya jika diterapkan dalam mobile-first indexing.
 
Indexing vs. Ranking (Peringkat)
 
Beberapa tahun terakhir, Google memiliki situs mikro yang dinamakan “How Google Works.” Versi terakhirnya dikenal dengan “How Search Works” dan berikut beberapa tangkapan layar yang dapat kami berikan yang memberikan dua tugas utama dari performa sebuah mesin pencarian yaitu indexing & ranking.


 
Indexing merupakan pembacaan dan penyimpanan dari informasi website yang dilakukan oleh robot dalam mesin pencarian (seperti Google Bot) Ketika Google sudah mengunjungi dan membaca halaman dari sebuah website, Botnya akan langsung menyimpan informasi yang didapatkan melalui indeks yang mereka miliki. Index dapat diibaratkan sebagai perpustakaan besar dengan banyak buku di dalamnya. 
 
Sedangkan ranking, di sisi lain, merupakan proses dimana mesin pencari mengevaluasi informasi berdasarkan indeks yang sudah ada dan mencocokannya dengan halaman pencarian yang sesuai dengan kriteria kueri pengguna dan faktor lainnya (misalnya jenis perangkat). Sebuah website tidak dapat diperingkatkan jika belum diindeks. Peringkat atau ranking dapat diibaratkan sebagai penjaga perpustakaan yang menyajikan rekomendasi dari kriteria buku yang Anda inginkan. 
 
Indexing menjadi pondasi dasar dari SEO untuk website, dan jika tidak dilakukan, website Anda tidaklah dapat diperingkatkan dengan baik.
 
Mobile-First Indexing
 
Alamat pengindeksan senantiasa memprioritaskan indeks bersifat mobile-first - bukan peringkat. Meskipun memprioritaskan perangkat seluler merupakan perubahan besar bagi Google dan cara Google dalam mengindeks halaman website secara tradisional, bukan berarti banyak hal yang akan berubah untuk sebagian besar website. Yang Google lakukan adalah mengubah versi konten dari halaman website yang akan di indeks. Dan juga, Google lebih memilih untuk mengindeks versi perangkat seluler (mobile-indexing) terlebih dahulu.
 
Jika kita berpikir kembali tentang bagaimana indexing bekerja, ingatlah bahwa indexing adalah proses sederhana dalam membaca dan menyimpan informasi. Jadi, apa tantangan yang harus dihadapi dalam mobile-first indexing kalau begitu? Jika versi perangkat seluler dari konten website Anda tidaklah cocok dengan versi desktop yang Anda tampilkan, tentunya masalah dapat terjadi di bagian tersebut. 
 
Untuk kebanyakan website, seperti website yang menggunakan desain responsif (responsive web design), mungkin permasalahan jarang akan ditemukan. Hal ini dikarenakan konten di dalamnya sudah dicocokkan baik dalam versi desktop maupun dalam versi perangkat. Masalah dapat terjadi jika dalam sebuah website terdapat berbagai konten yang berbeda ketika dilihat melalui perangkat seluler. Dan juga, untuk alasan ukuran dan ruang, hal ini akan menyebabkan konten Anda terpotong atau lebih sedikit jika dibuka menggunakan perangkat seluler dan dibandingkan dengan ketika dibuka melalui desktop. Jika konten yang hilang dalam perangkat seluler tersebut mengandung sinyal peringkat yang penting, tentu saja peringkat website Anda akan berakhir di bawah.
 
Berikut ini contoh cara kerjanya:
 
Bayangkan sebuah skenario dimana konten dalam perangkat seluler Anda tidak cocok dengan konten yang terdapat dan dibuka dalam desktop. Mungkin perusahaan Anda dapat memutuskan apakah konten yang dibuat untuk perangkat seluler diperpendek atau diperkecil jika dibandingkan dengan versi desktop. Dengan asumsi bahwa pengunjung yang menggunakan perangkat seluler kurang menyukai untuk menelusuri terus-menerus konten yang diberikan. Dengan mobile-first indexing, pengindeksan bergeser ke versi seluler, bukan versi desktop. Oleh karena itu, konten berbentuk lebih pendek pada versi seluler di indeks dan dibandingkan dengan konten berformat lebih panjang pada versi desktop.
 
Lalu, untuk hasil pencarian baik bagi versi desktop maupun perangkat, Google mendasarkan keputusannya terhadap konten yang tersedia dalam perpustakaan (index) yang mereka miliki, dengan bentuk lebih pendek untuk versi perangkat. Faktor yang mempengaruhi peringkat dari Google akan diaplikasikan melalui versi yang lebih pendek ini. Versi bentuk yang lebih pendek mungkin tidak terlalu bernilai berdasarkan perkiraan Google, dan oleh karena itu, peringkat Anda mungkin saja bisa turun.
 
Peringkat Desktop vs Perangkat Seluler
 
Ada beberapa pendapat yang berkata bahwa setelah pengindeksan yang memprioritaskan perangkat seluler diluncurkan sepenuhnya, peringkat desktop dan seluler akan menjadi sama. Hal tersebut tidaklah benar.
 
Ingatlah bahwa peringkat dan pengindeksan (indexing) merupakan kedua hal yang terpisah dengan tujuan dan faktor yang juga terpisah. Google merubah cara mereka dalam mengindeks yang bukan berarti mereka mengubah cara mereka memeringkatkan website. 
 
Saat ini, peringkat organik dari Google membedakan kueri dari desktop maupun perangkat seluler. Sebagian hal tersebut disebabkan karena faktor peringkat Google dan hukuman yang ada untuk hasil pencarian melalui seluler, seperti hukuman interstisial yang mengganggu dan faktor kecepatan muatan halaman dalam perangkat seluler. Hal itu kemungkinan tidak akan berubah dengan pengindeksan yang memprioritaskan seluler, karena hukuman atau faktor tersebut mempengaruhi peringkat, bukan pengindeksan. Dan ada banyak faktor lain yang juga dapat mempengaruhi peringkat secara berbeda di desktop dengan pada perangkat seluler yang kemungkinan tidak akan hilang atau diterapkan secara berbeda karena model pengindeksan yang baru.
 
Ketika memikirkan tentang SEO dan berbagai faktor di dalamnya, kembalilah ke dasar yaitu memastikan bahwa Anda tidak menggabungkan keduanya karena masing-masing memiliki fungsi dan tujuan spesifik yang dapat mempengaruhi bagaimana website Anda muncul dalam hasil pencarian.
 
 
Jika Anda sudah lebih memahami tentang mobile-first indexing untuk website Anda, sudahkah Anda mulai mencoba untuk menerapkannya? Jika sudah dan masih bingung untuk menerapkannya dalam website Anda, jangan khawatir. Kami dapat membantu Anda.
 
Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Eannovate juga sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: MarketingLand

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm