Image

QUICK CONTACT













Image

Successfully Leverage Adaptive Content on Your E-Commerce Site

09 Sep 2020 by Billy Gani
Bayangkan mengunjungi sebuah website, hanya untuk menemukan informasi yang ditampilkan kepada Anda disesuaikan dengan kebutuhan dan minat Anda. Meskipun belum cukup maju, teknologi kini sudah semakin beradaptasi dengan aktivitas kita yang menghadirkan konten adaptif. Konten ini juga dikenal sebagai konten dinamis atau cerdas yang mempersonalisasi pengalaman pengguna, menawarkan rekomendasi produk, atau bahkan menawarkan versi berbeda dari halaman arahan berdasarkan data yang telah dikumpulkan tentang pengguna tertentu.
 
Brand besar saat ini senantiasa mengeksplorasi berbagai macam konten adaptif untuk digunakan dalam meningkatkan hasil pencarian mereka. Tetapi, mulai dari tahun 2019, setiap penjual dalam e-commerce dalam berbagai ukuran senantiasa menggunakan konten adaptif ini untuk meningkatkan pengalaman pengguna agar senantiasa kompetitif. Ketika digunakan secara baik, konten dengan jenis ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna saat mereka berinteraksi langsung dengan website Anda dan meningkatkan tingkat kepuasan mereka.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Konten Adaptif?
 
Kunci dari kesuksesan konten yang dinamis adalah informasi. Ketika konsumen mengunjungi website Anda, membuat pembelian, dan berinteraksi dengan brand Anda, informasi tersebut secara otomatis akan tersimpan. Ketika konsumen yang sama tersebut kembali, website Anda dapat mengambil data yang sudah disimpan sebelumnya dan menyajikan konten yang relevan dengan konsumen tersebut.
 
Contohnya adalah rekomendasi produk yang dapat Anda temukan saat membuka Tokopedia, Shopee, dan e-commerce lainnya. Dalam halaman utama (homepage), Anda disajikan dengan berbagai rekomendasi, undangan untuk melihat produk yang pernah Anda kunjungi sebelumnya, dan sebagainya.
 
Memiliki seluruh informasi yang disajikan saat pengguna berkunjung pertama kalinya membuat Anda lebih mudah untuk menarik kembali pengguna untuk mempertimbangkan pembelian produk lain yang pernah mereka lihat sebelumnya. Dan faktanya, berdasarkan laporan dari Amazon, hampir 29% peningkatan mereka alami karena besarnya jumlah produk yang dibeli dari hasil rekomendasi yang mereka berikan melalui halaman utama website.
 
Jika Anda membeli produk bahan makanan secara online, Anda juga dapat menemukan salah satu contoh konten adaptif di dalamnya. Contohnya, Walmart, salah satu supermarket terbesar di Amerika dalam halaman homepage websitenya memiliki bagian “Reorder Your Essentials” yang menampilkan setiap produk yang sering dibeli oleh pengguna. Dan contoh lain, Netflix, menunjukkan berbagai video yang mungkin Anda sukai berdasarkan apa yang Anda tonton sebelumnya. Setiap media sosial seperti Instagram misalnya juga menyesuaikan konten dalam feeds nya untuk menunjukkan Anda unggahan yang pernah berinteraksi dengan Anda sebelumnya. Seluruh konten tersebut dirancang untuk membawa Anda kembali pada website atau aplikasi yang mereka miliki.
 
Cara Mengimplementasikan Konten Adaptif
 
Sekarang, ketika kita sudah membagi beberapa definisi dan pemahaman tentang konten yang adaptif, Anda mungkin bertanya bagaimana cara memasukkannya ke dalam website e-commerce yang Anda miliki. Langkah pertama yang perlu Anda tentukan terlebih dahulu adalah bagaimana cara Anda untuk membuat personalisasi dari pengalaman pengguna dalam menarik perhatian mereka. Sebagai tambahan dari menampilkan rekomendasi produk, ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan:
 
E-commerce Engine Add-ons, Plugins
 
Menerapkan konten yang pintar dapat dilakukan secara khusus atau melalui add-on dan plugin dalam website Anda. Untuk integrasi termudah dan solusi termurah, plugin merupakan pilihan yang tepat. Semua platform e-commerce besar telah merekomendasikan penggunaan plugin sistem yang tersedia. Manfaat dari layanan ini adalah kemudahan instalasi dan fakta bahwa plugin tersebut langsung terhubung ke keranjang belanja Anda, mengumpulkan data pengguna sendiri (dikelompokkan berdasarkan cookie atau id yang digunakan untuk mengidentifikasi pengguna), dan secara otomatis mengirimkan konten yang dipersonalisasi.
 
Berbagai Cara Untuk Menyajikan Konten Adaptif
 
Berdasarkan Lokasi Pengguna
 
Berdasarkan lokasi geologis pengguna, Anda dapat menampilkan konten khusus yang dibuat untuk mereka. Anda dapat mengundang pengguna untuk mengunjungi tempat liburan tertentu, memecahkan hambatan bahasa, atau menunjukkan produk musim dingin ke kota-kota yang saat ini sedang turun salju. 
 
Pop-Up Pintar Yang Didasarkan Dari Tindakan Pengguna
 
Hal ini dapat berupa jumlah waktu yang dihabiskan pengguna dalam halaman tertentu, persentase sebuah halaman ditelusuri, atau intensi untuk keluar. Melalui pop-up ini, Anda dapat menawarkan diskon, menawarkan unduhan gratis,dan yang paling penting adalah mendapatkan email mereka.
 
Melalui Kotak Pencarian
 
Melalui kotak pencarian, Anda dapat membantu pengguna melompat langsung ke halaman produk daripada melalui semua daftar produk. Pada halaman daftar pencarian, Anda dapat menyusun ulang produk berdasarkan klik atau produk yang baru dilihat.
 
Contoh lain dari website dengan konten adaptif yang banyak digunakan adalah Airbnb. Jika Anda sudah mencari baru-baru ini, Anda akan langsung melihat rekomendasi untuk melanjutkan pencarian tanggal dan area yang sebelumnya dipilih. Pengalaman yang disesuaikan ini membuat perencanaan perjalanan lebih mudah melalui beberapa kunjungan ke website Airbnb tersebut.
 
Tips Membuat Konten Dinamis Bekerja Dengan Baik Dalam Website Anda
 
Perbedaan terbesar dari konten dinamis dan konten statis adalah bahwa pengalaman pengguna yang dipersonalisasikan. Anda perlu memahami bagaimana konsumen berinteraksi dengan website dan mengetahui dimana Anda dapat meletakkan konten dinamis untuk memberikan pengalaman yang berarti untuk pengguna.
 
Konten adaptif Anda dimulai dengan menentukan jenis konten apa yang Anda ingin bagikan berdasarkan dengan apa yang Anda ketahui tentang mereka - hal ini disebut dengan periode inisial dimana Anda mengidentifikasikan ketertarikan dari pengguna.
 
Dengan memproduksi konten yang dirancang secara khusus untuk pengguna, Anda dapat memiliki data yang Anda perlukan.
 
Contohnya, jika Anda menjual produk dan alat memasak, Anda dapat membuat unggahan blog dengan resep-resep yang spesifik untuk para vegetarian. Pengguna yang mengunjungi bagian tersebut dari website Anda dapat dengan mudah mendapatkan formulir yang menanyakan apakah mereka tertarik untuk mendapatkan berbagai resep vegetarian setiap bulannya dari Anda. Jika mereka tertarik, mereka bisa saja memberikan alamat email dan informasi lainnya yang dapat Anda gunakan untuk memicu konten dengan tema vegetarian lainnya, alat masak yang sesuai dan dapat digunakan oleh para vegetarian, gambar produk yang sedang digunakan untuk membuat masakan vegetarian, dan sebagainya.
 
Lokasi Geografis
 
Jika Anda masih belum mengetahui secara dalam tentang konsumen produk Anda, mensegmentasikan lokasi geografi dapat menjadi salah satu pilihan Anda. Anda dapat menargetkan konsumen dalam satu pasar dengan rekomendasi pada halaman arahan Anda. Iklan berbayar juga dapat menjadi salah satu pilihan Anda untuk mengetahui konsumen secara lebih dalam. Hal ini dikarenakan Anda dapat melihat pengguna mana yang menekan tombol klik dan yang tidak. Ketika tidak berada dalam website Anda, Anda dapat menggunakan iklan dengan sifat banner dinamis. Untuk menyampaikan konten yang dipersonalisasikan melalui Facebook atau Instagram, Anda perlu menyesuaikan katalog produk Anda untuk membuat iklan produk melalui Facebook.
 
 
Mulailah Berinvestasi
 
Terlepas dari cara Anda menyampaikan konten adaptif atau dinamis, Anda perlu mensegmentasikan pelanggan berdasarkan data tertentu. Pengalaman pengguna yang relevan akan menghasilkan peningkatan konversi. Konten yang adaptif merupakan salah satu tren pemasaran online yang akan terus meningkatkan penjualan Anda. Mulailah berinvestasi dalam konten adaptif untuk membantu audiens Anda dalam menemukan hal yang mereka butuhkan.
 
Jika Anda sudah lebih memahami penggunaan konten adaptif terhadap website e-commerce Anda, inginkah Anda memulainya? Jika Anda masih bingung untuk menggunakan konten yang adaptif dalam website untuk bisnis Anda, kami dapat membantu. 
 
Eannovate hadir dengan layanan E-Commerce Web Development yang profesional & berkualitas di Jakarta, Indonesia. Layanan kami senantiasa dilengkapi dengan Custom UI / UX Design, Optimized CMS, Online Shop, dan Shopping Cart Web Development terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda. 
 
Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam memberikan layanan SEO Digital Marketing dan Website Design di Jakarta dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
 
 
Reference: SEMRush

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm