Image

QUICK CONTACT













Image

5 Steps To Improve Your UI Skills

04 Sep 2020 by Billy Gani
Apa yang harus dilakukan jika Anda mengetahui cara menggunakan perangkat lunak dan mengetahui dasar-dasar tentang desain dari sebuah antarmuka? Ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keterampilan Anda, dan Anda tidak perlu berinvestasi dalam kursus dan tutorial online yang mahal. Berikut ini beberapa tips yang dapat kami berikan untuk meningkatkan keterampilan Anda dalam merancang desain antarmuka.

1. Mempelajari Penggunaan Aturan Persepsi Manusia Dalam Antarmuka 
 
Apakah desain yang Anda rancang mengikuti aturan dari persepsi manusia? Memang baik jika Anda memahaminya. Karena, tanpa pengetahuan ini, Anda tidak dapat menjelaskan alasan di balik pilihan visual Anda. Ada banyak alasan di balik desain Anda, tetapi Anda dapat memfokuskannya kepada beberapa aturan di bawah ini:

  • Aturan Kedekatan (Law of Proximity). Jika kita memiliki beberapa elemen, elemen yang berdekatan satu sama lain dapat dianggap sebagai satu kelompok (bahkan jika terlihat berbeda). Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga jarak dan margin yang tepat antara setiap elemen dan bagian. Jangan takut dengan ruang kosong yang terlalu banyak (lebih baik terlalu banyak, daripada terlalu sedikit) serta pastikan bahwa ruang kosong berkisar sekitar 50% dari desain Anda. Hal tersebut dapat membuat UI Anda terlihat lebih jelas dan rapi serta membantu untuk menjaga hierarki elemen yang tepat.

  • Jakob’s Law. “Pengguna menghabiskan sebagian besar waktunya di website lain”. Anda pasti pernah mendengar hal tersebut sebelumnya, bukan? Secara umum, aturan ini berbicara tentang bagaimana Anda membuat elemen UI agar terlihat lebih familiar bagi pengguna. Dalam banyak kasus, desain UI yang terlalu kreatif dapat membuat pengguna kewalahan. Kita semua tidak menyukai apa yang tidak kita mengerti. Jika Anda harus memilih antara solusi visual standar dan tidak biasa, pilihlah solusi yang standar, dapat dimengerti, dan terkenal.

  • Aturan Efek Isolasi (The Isolation Effect). Biasa juga dikenal dengan Von Restorff Effect, aturan ini mengatakan bahwa jika ada banyak elemen dalam sebuah desain, salah satu elemen yang berbeda akan menarik paling banyak perhatian dan lebih mudah diingat. 
2. Coba Ikuti Gaya & Tren Desain Yang Berbeda
 
 
Klien Anda mungkin ingin membuat UI untuk produk mereka dengan gaya tertentu. Hal tersebut cukup sering terjadi. Anda mungkin tidak menyukai semua gaya desain atau tren yang sedang terjadi saat ini, tetapi ada baiknya untuk mencoba melihatnya terlebih dahulu satu kali dan menganalisa apakah tren atau gaya tersebut cocok untuk desain yang diinginkan oleh klien dan pelajari cara untuk menerapkan efek tertentu untuk berjaga-jaga jika menggunakan tren atau gaya tersebut. Hal ini dapat memberi Anda perspektif pribadi yang lebih luas.
 
3. Sederhanakan Koleksi Font Anda
 
Desainer sering kali cenderung mempersulit typography dalam desain mereka, dan menggunakan terlalu banyak font dalam pasangan yang berbeda. Sebenarnya, Anda tidak perlu memiliki banyak font untuk membuat UI yang berguna dan menarik bagi pengguna.
 
Sederhanakan koleksi font Anda menjadi  dua atau tiga jenis font sans-serif, satu serif dan satu jenis font yang dekoratif (tulisan tangan, tapi cukup sederhana untuk mudah dibaca - terkadang berguna). 
 
Jika Anda benar-benar mencari font yang menarik dan berbeda serta dapat dibaca dan digunakan dalam UI Anda, cobalah menggunakan beberapa pilihan gratis seperti Montserrat, Poppins, Lato atau pilihan berbayar seperti Sofia Pro, Gilroy, Brandon Grotesque atau Proxima Nova. Seluruh font tersebut juga tersedia melalui Adobe Fonts.
 
4. Pelajari Muatan Kognitif & Coba Meminimalisasi Kehadirannya
 
 
Coco Chanel pernah berkata "Sebelum keluar rumah, lihat ke cermin dan lepaskan salah satu aksesori". Hal ini juga bisa diterapkan pada desain UI. Jika terjadi terlalu banyak hal, akan sulit bagi pengguna untuk fokus pada elemen yang paling penting. Sebelum Anda berakhir dengan desain Anda, cobalah untuk menghapus hal yang paling tidak perlu dalam desain tersebut. 
 
5. Selalu Periksa Aksesibilitas Dari Desain Anda
 
Kami merekomendasikan Anda untuk lebih memahami tentang aksesibilitas dari desain tampilan antarmuka yang Anda rancang dn bahkan jika perlu menambahkan daftar checklist. Saat Anda akan merancang desain dari antarmuka, Anda dapat mempertimbangkan beberapa aturan sebagai berikut:
 
  • Apakah kontras di antara setiap elemen tertata dengan baik?
  • Apakah setiap elemen yang dapat diklik memiliki target sentuh yang tepat? 
  • Apakah teks yang Anda berikan cukup dapat terbaca?

 
Ketika sudah lebih memahami beberapa tips untuk meningkatkan keterampilan Anda dalam merancang desain UI untuk produk digital Anda, kini saatnya Anda mengerti apa saja manfaat dari UI / UX Design untuk bisnis Anda. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam bidang UI / UX Design, kami dapat membantu.  
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: UX Design

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon