Image

QUICK CONTACT













Image

Understanding More About The Customer Needs With UX

01 Sep 2020 by Billy Gani
Pernahkah kita berpikir mengapa konsumen kurang tertarik dengan produk atau layanan yang kita tawarkan? Mengidentifikasikannya terkadang memang sulit. Bahkan jika Anda dapat memahaminya, hal tersebut juga membutuhkan upaya tertentu untuk menjaganya agar tetap berjalan dengan baik. Mengetahui, memahami dan memuaskan keinginan konsumen merupakan salah satu cara terbaik dalam membuat mereka melakukan pembelian.
 
Saat berbicara tentang konsumen dan pengalaman mereka, mungkin mereka kurang merasakan koneksi mendalam antara kedua ungkapan tersebut saat pertama kali mendengarnya dalam satu kalimat yang sama. Namun, keduanya memiliki beberapa persamaan yang mungkin belum Anda ketahui. Pengalaman pengguna dimulai ketika mereka melakukan kontak langsung dengan layanan atau produk yang Anda miliki pertama kali dan hal tersebut berakhir ketika perjalanannya mencapai puncak - atau bahkan lebih panjang.
 
Jadi, seperti yang dapat kita lihat, tentunya Anda perlu memuaskan kebutuhan dari konsumen dalam area yang lebih luas. Berikut ini beberapa metode yang dapat kami bagikan untuk membantu Anda agar lebih memuaskan kebutuhan dari target audiens.
 
Kebutuhan Konsumen & Kepentingan Mereka
 
Untuk memulai dengan orang yang memiliki bakat dan pengetahuan agar dapat Anda andalkan, Steve Jobs berkata tentang “Anda harus memulai dengan pengalaman pengguna dan bekerja mundur ke teknologi. Anda tidak dapat memulai dengan teknologi dan mencoba mencari tahu di mana Anda akan menjual produk Anda.” Dengan penafsiran ini, Steve Jobs menyarankan Anda untuk memulai dengan memahami kebutuhan dan keinginan pengguna sebelum memberikan mereka solusi, dan karena itulah Anda membangun keseluruhan pengalaman berdasarkan apa yang mereka butuhkan. Mengapa Anda harus membangun sebuah solusi yang ujung-ujungnya tidak akan digunakan karena konsumen Anda tidak membutuhkannya?
 
Anda memerlukan pemahaman lebih dalam tentang apa yang konsumen Anda ingin raih dan pekerjaan apa saja yang harus mereka selesaikan dengan menganalisa perilaku mereka dalam situasi tertentu serealistis mungkin.
 
Definisi Dari Kebutuhan Konsumen
 
Tetapi, sebelum berlanjut ke dalam bagaimana cara Anda melakukan hal tersebut, mari kita lihat apa saja jenis kebutuhan yang dimiliki konsumen yang dapat kita layani.
Kebutuhan konsumen secara definisi literal merupakan masalah yang dimiliki oleh konsumen dan cara yang mereka intensikan untuk menyelesaikannya dengan membeli sebuah produk atau jasa layanan tertentu - businessdictionary.com. 
 
Apa Yang Membuat Kebutuhan Konsumen Ini Penting?
 
Hal ini menjadi penting untuk diperhatikan karena kebutuhan yang konsumen miliki sebenarnya cukup nyata karena untuk memuaskan mereka, Anda harus memberikan apa yang memang mereka butuhkan. Bisnis Anda harus melakukan hal ini jika ingin memiliki konsumen loyal di dalamnya. Loyalitas menghasilkan profit berkelanjutan untuk bisnis Anda, maka dari itu Anda dapat mulai memetakan kebutuhan yang memang diperlukan oleh konsumen. 
 
Jenis Utama Dari Kebutuhan Konsumen
 
Meskipun kebutuhan dan keinginan konsumen datang dalam hal yang bervariasi, kami mencoba untuk menggaris bawahi beberapa hal yang kami anggap penting dan dapat menjadi jenis utama dari variasi kebutuhan mereka:
 
  • Pengalaman. Sebagai desainer UX, Anda tentunya memahami seberapa besar dampak dari pengalaman yang dimiliki oleh pengguna atau konsumen dalam produk digital Anda. Buatlah pengalaman tersebut lebih jelas dan mudah. Anda tidak memerlukan proses yang rumit dalam melaksanakannya.
  • Desain & Fungsionalitas. Tentunya Anda para desainer senantiasa memahami hal ini. Tetapi, konsumen Anda memerlukan produk yang mudah digunakan dan intuitif. Maka dari itu, Anda dapat memberikan produk dengan fungsi dan desain sesederhana mungkin namun tetap menarik dan memberikan solusi akan kebutuhan mereka. Konsumen tentunya ingin agar pekerjaan mereka dapat selesai, menginginkan kepuasan dan penyelesaian masalah dari mereka. Contoh mudahnya adalah jika Anda ingin membeli mesin pembuat kopi, tentunya Anda ingin mesin tersebut dapat mempermudah Anda dalam membuat kopi setiap harinya, bukan?
  • Empati. Konsumen Anda harus memberikan mereka perasaan dimana dengan produk atau layanan yang Anda berikan, mereka dapat lebih memahami kebutuhan mereka.
  • Informasi & Kontrol. Hal ini merupakan sesuatu yang diharapkan dapat terjadi secara alami. Ketika seseorang ingin membeli sesuatu, tentunya mereka ingin mengetahui segala sesuatu tentang produk atau layanan tersebut agar tidak membuang-buang uang. Untuk menanggapi hal ini ini, Anda harus memberi mereka semua informasi yang diperlukan saat mereka pertama kali berinteraksi dengan bisnis Anda. Kontrol, seperti kebutuhan pelanggan lainnya, termasuk dalam hal ini karena setiap orang ingin memiliki segalanya di tangan mereka. Mereka ingin dengan mudah mengontrol situasi apapun yang terjadi saat berinteraksi dengan produk atau layanan Anda.
  • Keadilan. Semua orang mengharapkan hal ini. Sebagai manusia, konsumen Anda tentunya ingin merasakan bahwa bisnis Anda memperlakukan mereka dengan baik, seperti halnya seseorang yang ingin membantu mereka. Anda tidak bisa memperlakukan konsumen hanya sebagai tugas lain yang harus Anda kerjakan.

Tentunya kebutuhan dari konsumen datang dengan berbagai jenis seperti harga, aksesibilitas, efisiensi dan transparansi. Kita tentunya perlu mempertimbangkan beberapa hal diatas untuk menyajikan pengalaman terbaik bagi konsumen. 
 
Kenali Target Audiens Anda Untuk Melayani Kebutuhan Mereka
 
Untuk melakukan berbagai kebutuhan konsumen di atas, Anda harus melihat terlebih dahulu terhadap target audiens Anda. Tempatkan kebutuhan dasar dari konsumen Anda dalam konteks yang realistis. Menurut mbaskool.com, ada beberapa pertanyaan yang dapat Anda jawab:
 
  • Siapa saja konsumen potensial Anda?
  • Apa saja yang mereka lakukan?
  • Seberapa banyak uang yang mereka miliki?
  • Hal apa yang membuat mereka nyaman dalam berbelanja?
  • Apa yang mereka ekspektasikan terhadap produk atau layanan Anda?
  • Mengapa, kapan, dan bagaimana cara mereka membeli produk Anda?
  • Apa hal yang mereka pikirkan tentang Anda?

Menjawab beberapa pertanyaan di atas mungkin sulit. Anda harus mempertimbangkan banyak bagian dari strategi kepuasan konsumen dan harus mencari cara dalam menemukan setiap bagian dari rencana yang baik tersebut. Untuk melihat gambaran besarnya, Anda harus menggali lebih dalam dan memahami apa saja hal yang berkontribusi dalam kepuasan konsumen.
 
Menurut SuperOffice, interaksi antara konsumen dan sebuah organisasi atau perusahaan didefinisikan sebagai pengalaman pengguna. Poin dari keseluruhan konsep bersandar pada bagaimana cara Anda membuat pengguna kembali. Ketika mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan, mereka berekspektasi untuk puas, dan mereka akan merasa senang jika produk atau layanan yang Anda berikan memenuhi ekspektasi mereka. 
 
Hubungan antara kebutuhan pelanggan dan bisnis Anda sangatlah penting. Website dan aplikasi Anda dapat membuat perbedaan besar dalam memberikan konsumen sudut pandang tentang bisnis Anda. Jadi, Anda harus merancangnya dengan sebaik mungkin. UX dapat menyelesaikan semua ini karena rahasianya terletak pada membuat konsumen agar senantiasa terlibat dengan produk atau layanan Anda.
 
 
Untuk lebih memahami tentang konsumen dari produk atau layanan digital yang Anda berikan kepada mereka, Anda perlu mengetahui lebih tentang UI / UX Design dari website Anda. Dan jika Anda masih membutuhkan bantuan, Eannovate hadir untuk Anda. 
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: UX Studio

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon