Image

QUICK CONTACT













Image

6 Actionable Design Tips for Startups

27 Aug 2020 by Billy Gani
Bisnis startup atau rintisan pada saat ini sudah bermunculan  dengan kebebasan yang diberikan untuk setiap orang dalam memberikan ide dan membuat dunia melihat hasilnya. Namun, kebanyakan bisnis ini belum memiliki basis dasar dari desain atau belum memiliki designer yang berpengalaman di dalamnya dan berharap bahwa website mereka akan menjadi besar seiring berjalannya waktu. 
 
Sebagai designer, tentunya kita pernah membuat kesalahan dan melihat designer muda lainnya melakukan hal yang sama. Berdasarkan dari pengalaman dalam menangani website untuk bisnis startup, mendatangi acara, serta mengobservasi proses kreatif, kami memberikan Anda beberapa tips yang dapat digunakan dalam menjalankan proses desain dalam bisnis startup Anda. 
 
Berikut ini beberapa contoh dan tips yang dapat Anda lakukan dalam segi desain untuk membangun brand yang lebih kuat, mendatangkan lebih banyak pengunjung website, mendapatkan tingkat konversi yang lebih tinggi dan lebih sukses dalam bisnis. 
 
Kesederhanaan
 
Kebanyakan website startup saat ini dipenuhi dengan grafik, opsi dan pilihan. Anda dapat mempertimbangkan penyederhanaan tampilan antarmuka dari website, menghilangkan elemen yang tidak perlu dan meninggalkan elemen dan hal yang paling penting dalam website Anda. “Less is more” merupakan salah satu aturan yang dapat Anda ikuti. 
 
Buatlah website Anda lebih mudah dinavigasikan, gunakan copy yang sederhana, masukkan kolom pencarian, logo yang dapat di klik, dan seluruh hal yang biasa dilihat dan digunakan oleh pengguna. Anda dapat mengikuti beberapa tips yang dapat juga dipertimbangkan dibawah ini:
 
  • Hierarki Visual - Pastikan bahwa Anda memberikan hierarki visual yang kuat yang dapat dilihat dari judul utama yang selalu lebih besar ukurannya dibanding dengan sub judul dan teks isi, tombol utama yang lebih besar dan lebih mudah disadari keberadaan dari warnanya. 
  • Kontras - Berikanlah sedikit waktu Anda untuk memastikan kontras warna yang Anda gunakan untuk website, pilihlah warna yang bekerja dalam seluruh halaman dan pastikan untuk membuat salah satu elemen lebih lebih menonjol dalam kontras sehingga mudah dibedakan.
  • Flow - Hilangkan langkah yang berulang seperti mengumpulkan informasi pribadi atau proses pendaftaran. Cobalah untuk menyederhanakan perjalanan pengguna dan kurangi kebutuhan untuk berinteraksi. Kurangi klik, pilihan dan informasi yang kurang diperlukan oleh pengguna untuk menyelesaikan sebuah tindakan.

Kurangi Penggunaan Warna Yang Berlebihan
 
Warna senantiasa penting dalam membangun brand yang memorable dan sukses. Tetapi, terkadang para designer terlena dengan memberikan banyak warna dalam palet warna sebuah website startup. Cobalah kita ambil contoh seperti Coca-Cola, Starbucks, Facebook, Twitter yang sukses dan lebih mudah disadari keberadaannya hanya karena satu warna menonjol yang mereka pakai.
 
Tujuan Anda adalah untuk menggunakan satu hingga dua warna netral untuk copy dan elemen grafis lainnya seperti kotak, garis, ikon dan sebagainya. 
 
Gunakan Maksimal Satu Hingga Tiga Fonts 
 
Typography merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat penting untuk setiap website. Salah satu masalah yang sering ditemukan dari designer yang masih kurang berpengalaman adalah kecenderungan untuk menggunakan terlalu banyak fonts yang dapat mengacu pada tampilan visual yang berantakan. Pilihlah salah satu antarmuka yang sesuai dengan kombinasi dari satu hingga tiga fonts sehingga website Anda terlihat lebih rapi dan dapat dipercaya.
 
Tingkatkan Keterbacaan
 
95% dari sebuah desain website terdiri dari typography. Typography ini merupakan hal yang dibaca, dipelajari,dan dimengerti pesannya oleh pengguna. Maka dari itu, sangatlah penting bagi Anda untuk memperhatikan tingkat keterbacaan dari website Anda. 
 
Beberapa hal yang dapat dipertimbangkan:
 
  • Kontras - Pastikan bahwa copy Anda lebih gelap dibandingkan warna latar belakang atau sebaliknya.
  • Tinggi Garis. Aturlah tinggi garis yang Anda gunakan mulai dari 1.5 hingga 1.75 cm untuk memastikan bahwa garis tersebut memiliki ruang yang cukup dan dipersepsikan sebagai tata letak yang rapi oleh pengguna.
  • Hierarki -  Sistemasikan copy yang Anda gunakan. Kebanyakan pengguna saat ini memindai secara online sehingga pastikan bahwa Anda menggunakan judul utama, titik poin yang jelas di dalam website Anda. 

Mobile First
 
Menurut Business Insider, jumlah orang yang menggunakan perangkat seluler mengalahkan jumlah orang yang menggunakan desktop komputer pada tahun 2014. Maka dari itu, website yang responsif telah menjadi sebuah standar saat ini. Berpikirlah dan optimalkan website Anda untuk bersifat mobile-friendly, masukkan informasi yang paling penting dalam website Anda dan pastikan untuk membuatnya mudah ditemukan oleh pengunjung. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan formulir sederhana dengan CTA berukuran besar sehingga pengguna dengan mudah menyadari keberadaannya. 
 
Untuk versi desktop, Anda dapat mempertimbangkan peningkatan pengalaman pengguna dengan memberikan gambar berkualitas tinggi, banyak ruang negatif dan tunjukkan kredibilitas bisnis Anda. Dan juga, jangan lupa untuk menjadi kreatif dalam tampilan desktop untuk website Anda.
 
Pikirkan Tentang Pengguna Akhir
 
Habiskan waktu Anda untuk lebih memahami pengguna akhir, tentukan target audiens yang tepat dan bangun profil pengguna berdasarkan kepribadiannya. Rancang desain untuk pengguna akhir dan berfokuslah untuk memberikan nilai bagi mereka. Selalu ingat bahwa Anda merancang desain untuk konsumen dari produk atau layanan yang Anda berikan, bukan diri Anda sendiri.
 
Dua hal di bawah ini dapat Anda pertimbangkan lebih lanjut:
 
  • Manfaat Dibandingkan Fitur Belaka. Anda dapat memberikan manfaat bagi pengguna dan tunjukkan nilai lebih dari produk atau layanan yang Anda berikan. Hal ini lebih baik untuk diterapkan dibandingkan dengan hanya memberikan fitur terbaik dan menyombongkan seberapa baik bisnis Anda.
  • Pengguna tidak membeli apa yang Anda lakukan; mereka membeli sesuatu dengan konsep yang jelas tentang mengapa Anda melakukannya. 


Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan untuk membantu Anda merancang desain yang sesuai dan tetap profesional dalam website untuk bisnis startup Anda. Jika Anda masih membutuhkan bantuan untuk merancang desain yang tepat dengan UI / UX yang juga baik untuk website Anda, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: Design Modo

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon