Image

QUICK CONTACT













Image

Infinite Scrolling: Is It Good or Bad for Your Website?

25 Aug 2020 by Billy Gani
Sama seperti tren desain lainnya, infinite scrolling atau pengguliran yang tidak terbatas dalam sebuah halaman menjadi cukup populer pada saat ini. Anda juga tentunya pernah merasakan pengalaman dimana Anda mengunjungi sebuah halaman website dan senantiasa menelusuri halaman tetapi tidak menemukan akhir dari halaman tersebut. Jadi, apakah tren ini merupakan tren yang baik untuk diikuti dalam website Anda, atau seharusnya malah Anda hindari?
 
Sebenarnya jawabannya sederhana. Hal tersebut tergantung pada jenis dan tujuan dari website Anda. Seperti yang dikatakan oleh Nielsen Norman, “Infinite Scrolling Is Not for Every Website.” Kehadirannya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan sebelum Anda menentukan apakah Anda akan menggunakan hal tersebut dalam website Anda, pastikan terlebih dahulu manfaat yang ditawarkan lebih bernilai daripada kekurangan yang dimiliki.
 
Infinite scrolling merupakan desain dasar dari sebuah interaksi website yang memperbolehkan pengguna untuk menelusuri halaman dan konten secara bergulir (scrolling) jika dibandingkan dengan menekan klik pada halaman tersebut berulang kali. Dengan ini setiap konten terbaru dapat secara otomatis termuat dan mudah untuk membawa pengguna ke dalam titik tersebut, dimana jika menggunakan paginasi (pagination), setiap konten dalam halaman tersebut mulai dimuat ketika Anda menekan tautan dari halaman tersebut.
 
Teknik desain website ini secara sukses diterapkan pada beberapa jaringan sosial besar seperti Twitter, Pinterest, bahkan Facebook. Tidak heran bahwa banyak website yang mengikuti tren ini tetapi berakhir dengan kegagalan. Alasannya mengapa infinite scrolling berhasil dilakukan oleh Twitter & Pinterest adalah bukan karena keduanya sudah memiliki nama besar dan terkenal tetapi karena kedua jenis website ini memiliki arus konten yang dibuat untuk penggunanya dan senantiasa ter-update. Karena itulah infinite scrolling membuktikan bahwa kehadirannya menjadi solusi terbaik untuk menyajikan pengalaman pengguna yang berkualitas.  
 
Jadi, apa saja manfaat dari infinite scrolling yang banyak digunakan sebagian besar website pada saat ini?
 
Sangat Tepat Untuk Disentuh
 
Dalam dunia yang multi-perangkat seperti saat ini, sangatlah penting untuk memiliki pengalaman pengguna yang sempurna baik dalam desktop ataupun perangkat seluler. Dan karena hampir sebagian besar perangkat seluler dan tablet dirancang dengan teknologi sentuh, Anda tentunya akan cenderung berfokus pada pengoptimalan sentuhan. Disinilah infinite scrolling bekerja dengan baik. Layar yang kecil dari perangkat seluler memerlukan teknologi yang berpikiran maju untuk menampilkan konten dalam cara yang lebih nyaman untuk pengguna. Membuat pengguna menekan tautan halaman yang kecil hanya untuk melihat konten terbaru dari Anda tidaklah berjalan dengan baik.
 
Orientasi Visual
 
Siapa yang tidak menyukai gambar cantik yang berkualitas tinggi? Hal ini mungkin saja menjadi sebuah tren tersendiri dalam website yang didasarkan dari prinsip “sebuah gambar berharga ribuan kata.” Dan cara terbaik untuk menyampaikan gambar dalam konten yang cukup berat adalah dengan menggunakan infinite scrolling. Dengan cara ini pengguna tidak akan terdistraksi dari pengalaman mereka untuk mencari dan menekan tautan selanjutnya. Pinterest dan Flickr merupakan salah satu contoh terbaik dari website yang mendapatkan manfaat dari orientasi visual dengan menggunakan infinite scrolling ini.
 
Eksposur Konten Yang Lebih Baik
 
Disamping jenis konten yang Anda tawarkan kepada pengguna, Anda harus juga mendapatkan sebanyak mungkin impressions dari pengguna. Jika paginasi konten tidak memberikan pengguna kesempatan untuk melihat halaman selanjutnya jika mereka belum menekan tautan, maka infinite scrolling dapat membuat Anda memberikan keseluruhan konten secara tidak terbatas kepada pengguna dalam bentuk halaman yang panjang. Setiap konten dapat dicapai dengan hanya scroll.
 
Penelusuran Halaman Yang Cepat Dan Mudah
 
Halaman yang tidak terbatas biasanya lebih cepat dimuat dibandingkan halaman biasa dalam sebuah website. Alasannya adalah karena ketika pengguna menelusuri halaman terus-menerus, konten-konten baru akan selalu bermunculan secara otomatis dan mengeliminasi kebutuhan pengguna untuk menekan tautan halaman dan memuat halaman secara berulang kali. Hal ini lebih menyimpan waktu pengguna yang tidak hanya bermanfaat untuk mereka tetapi juga untuk SEO Anda. 
 
Semakin Banyak Ruang Untuk Kreativitas
 
Infinite scrolling sendiri merupakan cara yang cukup inovatif dalam menampilkan informasi dan juga memegang potensi besar dalam kreativitas. Di dalam tangan desainer yang tepat, infinite scrolling dapat mengubah sesuatu menjadi lebih menarik dan berfungsi tetapi juga tetap menarik. 
 
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, infinite scrolling membuat pengguna lebih mudah dalam mengkonsumsi informasi dengan tindakan yang lebih sedikit. Terdengar menarik, bukan? Tetapi, setelah beberapa manfaat yang kita bahas di atas, sekarang saatnya kita untuk melihat beberapa kekurangan dari infinite scrolling ini.
 
Permasalahan Dalam Penggunaan Footer
 
Hal ini merupakan masalah yang cukup besar khususnya untuk website berjenis e-commerce. Jika Anda pernah melakukan transaksi pembelian melalui e-commerce setidaknya sekali, Anda tentunya mengetahui dimana setiap tautan penting berada, footer. Sekarang bayangkan jika Anda ingin mengunjungi halaman "Informasi pengiriman" di halaman website yang menggunakan infinite scrolling. Tentunya sangat susah mencapai bagian footer bukan? Hal ini sangat menjengkelkan bagi mereka ketika hanya memiliki beberapa detik untuk menemukan dan mengklik tautan tersebut. 
 
Disorientasi
 
Segala hal dalam halaman website didasarkan dari dunia nyata. Dari sisi pandang ini, segala sesuatu yang tidak terbatas sudah terlihat tidak alami dan kontradiktif. Jika tidak ada keteraturan, pengguna tidak akan dapat menangani informasi yang sangat banyak yang mengalir ke dalam hidup mereka setiap harinya. Dan Anda akan menemukan masalah yang sama dengan infinite scrolling. Tidak adanya orientasi untuk pengguna akan membuat mereka mengalami kesulitan dalam menemukan sesuatu yang sebelumnya mereka lihat di halaman website Anda. 
 
Mereka tidak dapat menemukan produk yang mereka inginkan itu dengan mudah. Dalam kasus halaman yang menggunakan paginasi, setidaknya Anda dapat memetakan informasi dengan bantuan nomor dari halaman. 
 
Selain itu, scroll bar di sebelah kiri memberikan informasi yang tidak akurat tentang jumlah konten yang tersisa untuk dimuat dan pengguna bisa saja berakhir dengan merasa tertipu dan kesal ketika mereka menyadari masih banyak lagi halaman yang harus mereka telusuri.
 
Masalah Navigasi
 
Salah satu prinsip UX yang paling dasar menyatakan bahwa pengguna harus selalu tahu di mana posisi mereka dalam hierarki sebuah website. Hal ini penting untuk kegunaan dari sebuah website. Dalam kasus penggunaan infinite scrolling, sangat sulit untuk memahami di mana Anda berada pada titik tertentu. Selain itu, ketika Anda mengklik sebuah item dan kemudian ingin kembali ke tempat yang Anda tinggalkan, hal menyebalkan dapat terjadi dan Anda dapat kembali ke bagian paling atas dari penelusuran halaman. Bayangkan betapa menyebalkannya hal itu.
 
Seluruh Halaman Menjadi Kesatuan Dan Tidak Bisa Dilewati Dengan Mudah
 
Salah satu keuntungan terbesar dari konten dalam halaman yang menggunakan paginasi adalah Anda dapat melewati yang halaman tertentu, katakanlah 100 halaman dan langsung ke halaman 101, yang tidak mungkin dilakukan dengan infinite scrolling. Pengguna bahkan tidak dapat membayangkan jumlah konten yang ada, apalagi melewatkan sebagian.
 
Konten Yang Terlalu Banyak & Membingungkan
 
Memiliki banyak informasi berkualitas di website Anda selalu merupakan hal yang baik. Tetapi, ketika konten yang tidak terbatas dimuat setiap detik, pengguna mungkin dapat merasa kewalahan dan bingung. Hal ini dapat diibaratkan seperti perjalanan darat yang menyenangkan tanpa tujuan dan tidak pernah berakhir. Dengan mengetahui ada lebih banyak informasi di luar sana, pengguna tidak dapat berhenti sampai mereka bosan dan secara psikologis akan kewalahan.
 
 
 
Setiap kemajuan teknologi adalah hal yang baik jika digunakan dengan benar. Adapun kehadiran dari infinite scrolling, untuk beberapa website itu terbukti bermanfaat dan menarik, sementara untuk yang lain dapat menjadi bumerang dan merusak seluruh UX. Keseluruhan hal tersebut tergantung pada tujuan website Anda dan harapan pengguna. Jika Anda memiliki website yang berorientasi pada tujuan, di mana pengguna melakukan tugas-tugas tertentu dan berharap mendapatkan hasil tertentu, infinite scrolling dapat merusak kegunaan website Anda karena kerugian yang sudah dibahas di atas.
 
Jika Anda masih kesulitan dalam mengatur website dan UI / UX Anda, kami dapat membantu. Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: Design Modo

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon