Image

QUICK CONTACT













Image

How to Combine SEO & PPC Data for More Powerful Results

28 Jul 2020 by Billy Gani
Anda sebenarnya tidak perlu ragu dalam memilih antara SEO dan PPC. SEO dan PPC masing-masing dapat melengkapi satu sama lain dan meningkatkan strategi pencarian Anda. SEO dan PPC merupakan saluran pemasaran yang berbeda dan memiliki peran dan tujuannya sendiri. Tetapi, bukan berarti Anda harus memilih diantara kedua pilihan tersebut. Anda dapat meraih lebih banyak manfaat dari keduanya. 
 
SEO dan PPC sama-sama memiliki tujuan yang sama yaitu menarik pengunjung ke dalam website Anda. Sebuah pendekatan yang holistik dapat membantu Anda untuk menavigasikan peningkatan dari lanskap yang kompleks. Dengan menggabungkan keduanya, Anda memiliki kesempatan untuk:
 
  • Berbagi pembelajaran
  • Meningkatkan efisiensi budget
  • Membantu menjalankan pertumbuhan dari brand Anda.

Tetapi, kenyataannya, hal ini tidak senantiasa berjalan. Iklan dari sebuah brand terlihat lebih efektif dibandingkan dengan daftar organik yang membuat brand dapat lebih mudah mengelola pesan yang kreatif dan halaman arahan yang juga dapat disesuaikan. Membangun pemahaman yang lebih dalam akan SEO & PPC dapat membantu Anda untuk menyajikan performa yang lebih baik dalam menuju kesuksesan dari brand Anda.
 
Pembagian Data Strategis Antara Pencarian Organik & Berbayar
 
Kemampuan untuk berbagi pembelajaran diantara pencarian organik dan berbayar dimulai dari integrasi dasbor yang menampilkan data performa dari kunci pencarian (SEO & PPC) yang berfokus secara primer pada tren penggunaan kata kunci.
 
Pada dasarnya, tujuan dari hal ini adalah untuk mengekspor dan mengintegrasikan matriks performa organik seperti Organic impressions, rata-rata posisi peringkat dalam Google Search Console, CTR organik, dan sebagainya.
 
Setelah itu, Anda dapat menggabungkannya dengan data matriks PPC seperti CPC, CTR, dan data konversi yang didapatkan.
 
Ketika Anda sudah menyelesaikan perselisihan data dan menemukan hasil yang sesuai, Anda dapat mulai membuat grafik untuk mengidentifikasikan area mana saja yang dapat Anda tingkatkan baik dalam aktivitas PPC maupun SEO. Menggunakan grafik mungkin dapat menjadi metode visual yang mengidentifikasikan sisi eksternal yang lebih luas dari data Anda, tetapi grafik ini juga dapat digunakan untuk investigasi yang lebih mendalam tentang tingkat kata kunci yang Anda gunakan. 
 
Dengan hal ini, Anda dapat mengkombinasikan wawasan yang Anda miliki dan analisa data untuk membuat keputusan kedepannya akan strategi pemasaran digital Anda. 
 
Bagaimana Cara Anda Menerapkan Strategi Ini?
 
Skenario  1: Anda Perlu Memotong Budget, Dimana Anda Harus Memulai?
 
Kebanyakan dari kita saat ini perlu mengambil keputusan yang sulit dalam beberapa tahun terakhir. Dan dengan resesi global yang tidak dapat dihindari, kita seringkali harus memotong budget dari pemasaran yang kita lakukan. 
 
Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir dampak dari pemotongan budget ini adalah dengan mengidentifikasi kata kunci PPC mana yang mendominasi dalam pencarian organik dengan kompetisi yang kecil. Contohnya, Anda dapat mengidentifikasikan kata kunci yang berada di peringkat pertama dan mulai menjumlahkan jumlah budget yang dikeluarkan untuk kata kunci tersebut. Hal ini dapat membantu Anda mengidentifikasikan area mana saja yang dapat Anda masukkan kata kunci PPC dan juga mengelolanya untuk melihat dampak keseluruhan pada traffic dan penjualan Anda. 
 
Skenario 2 : Dimana Anda Dapat Menyimpan Budget Anda Dalam Langkah Selanjutnya?
 
Anda ingin menyimpan lebih banyak pendapatan? Anda dapat mulai untuk mengidentifikasikan kesempatan dimana Anda:
 
  • Tidak memiliki performa yang cukup baik secara organik
  • Tidak menghabiskan budget yang besar dalam PPC.

Contohnya, Anda dapat mengidentifikasikan peringkat kata kunci selain top 3 dari hasil pencarian dan rata rata CPC tertinggi dari rata-rata akun Anda. Jumlah yang dapat Anda simpan dengan filter seperti ini akan lebih besar. Tetapi dampak potensial dalam keseluruhan acquisition dan penjualan juga dapat lebih terlihat jika menggunakan skenario pertama dibandingkan dengan skenario kedua ini jika diterapkan secara langsung. 
 
Jika menyimpan budget Anda menjadi sebuah kewajiban, Anda mungkin perlu menulis beberapa konten yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan peringkat melalui pencarian organik dibandingkan dengan  mencoba menangkap kembali beberapa traffic lama Anda.
 
Untuk para praktisi SEO, Anda dapat mengidentifikasikan kelompok kata kunci terkait dan menulis konten yang berguna dengan dengan frasa ini yang dirancang untuk menargetkan seberapa banyak traffic yang sebelumnya didorong melalui PPC. Memang, bagian ini bukan merupakan area dimana Anda memberhentikan strategi PPC secara langsung, tetapi, apa yang Anda lakukan dapat membangun kasus tertentu di sekitar data yang telah Anda miliki.  
 
Dan pada bulan berikutnya, sebagai contoh, Anda dapat menuliskan konten yang berfokus pada target dari topik yang berkaitan dengan pencarian organik. Setelah itu, Anda mungkin dapat memberhentikan beberapa kata kunci dalam PPC ketika Anda sudah meraih visibilitas organik yang lebih banyak. 
 
Skenario 3 : Halaman Mana Yang Dapat Anda Kustomisasi Untuk Menghasilkan Dampak Besar Dari Penjualan Organik?
 
Peringkat yang kuat penting untuk SEO tetapi hal yang tidak kalah pentingnya adalah mendapatkan klik dari hasil pencarian pengguna. Anda dapat mengukur proporsi klik yang Anda terima yang berkaitan dengan impressions yang Anda dapatkan untuk setiap kata kunci yang berbeda dengan mengukur CTR organik. Aktivitas ini berfokus untuk mengidentifikasi dimana saja area yang kita dapat kita gunakan untuk meningkatkan CTR organik.
 
Sebagai contoh, Anda dapat mengidentifikasi copy dari iklan yang terkait dengan kata kunci dalam CTR organik yang rendah dan CTR PPC tinggi lalu kemudian membaginya menjadi elemen-elemen kunci yang membentuk daftar mesin pencari seperti judul halaman dan deskripsi meta. Cobalah untuk berfokus pada elemen-elemen SEO yang relatif mendasar untuk istilah pencarian volume tinggi yang dapat mendorong peningkatan traffic yang signifikan. 
 
 
Berikut adalah beberapa cara untuk mengkombinasikan data dari SEO & PPC untuk hasil traffic yang lebih baik bagi website Anda. Sekiranya hal tersebut dapat membantu Anda. Jika Anda masih kesulitan untuk menggunakan SEO & Digital Marketing bagi bisnis dan website Anda, kami dapat membantu. 
 
Eannovate memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam memberikan layanan SEO Digital Marketing dan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm