Image

QUICK CONTACT













Image

5 Habits to Improve UX Research

27 Jul 2020 by Billy Gani
Ada banyak kesalahpahaman yang berada di sekitar riset pengguna, entah dari segi validasi konsep atau berbagai anekdot yang dikumpulkan sebagai keputusan pembelian produk. Sebagai designer, Anda mungkin cukup beruntung jika memiliki tim yang dapat melakukan riset pengguna, atau tim yang dapat memahami, berempati dan mengkomunikasikan pengguna dalam mencari Anda. 
 
Kita telah belajar dari pengalaman yang dapat mengatakan bahwa ada kekuatan besar jika riset pengguna dikombinasikan dengan desain. Jika Anda ingin menghasilkan keputusan desain yang lebih baik, Anda dapat memulainya dengan riset pengguna. Berikut ini beberapa kebiasaan sederhana yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan hasil riset yang lebih baik kedepannya.
 
Pastikan Seluruh Insights Dapat Diaplikasikan 
 
Pahami bagian yang dapat diaplikasikan dalam riset Anda, seperti:
 
  • Apakah tim Anda memiliki budget cukup untuk melaksanakan hasil dari riset? Jika tidak, mungkin Anda dapat membuat breakdown tentang mengapa Anda memerlukan budget lebih.
  • Apakah ada fitur dasar yang harus dimiliki oleh target konsumen Anda?
  • Apakah Anda membatasi waktu riset sehingga hasilnya memiliki dampak yang maksimal?
 
Mulailah proses pencarian kebutuhan, jarak dan solusi penjualan dari produk atau layanan Anda. Membuat laporan tentang hal tersebut merupakan sebagian dari upaya Anda. Mungkin, analisa yang mendalam memang sulit tetapi menjadi salah satu langkah yang penting untuk lebih memahami pengguna. 
 
Dalam dunia dimana informasi tersedia begitu banyak seperti saat ini, terlalu banyaknya pertemuan dan kotak masuk yang berantakan dapat membantu Anda untuk lebih memahami, berempati, dan memprioritaskan mereka untuk mengambil tindakan. 
 
Riset Yang Baik Dapat Mempersempit Jarak Anda Dengan Konsumen
 
Ada cara untuk membuat proses pembelajaran riset Anda lebih personal. Anda dapat menambahkan cerita asli yang sejalan dengan data, mengundang sebanyak mungkin anggota tim Anda lalu menghindari tumpukan informasi yang Anda takutkan akan terjadi di akhir proses dengan memberikan pembaruan terhadap data yang Anda dapatkan.
Presentasi desain yang baik tentunya penting. Desain presentasi Anda tidak boleh membingungkan pengguna dengan banyaknya informasi. Memasukkan gambar, visual atau klip video yang sesuai dibandingkan menggunakan teks yang panjang. Potongan informasi yang lebih kecil dapat membuat penemuan Anda lebih nyaman untuk dibaca.
 
Berfokuslah pada diskusi produk di sekitar konsumen, hipotesis, dan tentunya presentasi solusi yang baik menambah nilai bagi produk atau layanan yang Anda tawarkan kepada konsumen. 
 
Antisipasi Setiap Tindakan & Bersiap Jika Ada Kesalahan
 
Pertama, perjelas pertanyaan yang tepat - apa saja yang dapat ditanyakan dan tidak ditanyakan dalam riset Anda. 
 
Kedua, senantiasa ingat untuk merekrut partisipan yang lebih banyak dari target Anda. Hal ini sebagai salah satu antisipasi dari tidak datangnya peserta, atau mungkin beberapa orang mungkin tidak cocok untuk penelitian Anda bahkan dengan screener yang cermat. Berhati-hatilah dengan jangkauan ruang lingkup dari terlalu banyak pemangku kepentingan dalam riset Anda.
 
Jangan lupa untuk senantiasa membawa prototipe, seperti presentasi sederhana. Pastikan untuk mengontrol sesi riset Anda karena tentunya sangat mudah bagi Anda untuk terbawa dengan hal ketika Anda sudah nyaman dengan konten yang Anda berikan. Mintalah peneliti lain untuk memeriksa apakah pertanyaan Anda dapat dijawab, netral, dan jelas.
 
Moderasikan Pertanyaan Anda Dengan Audiens Yang Terlibat
 
Tingkatkan kesulitan pertanyaan Anda, untuk membantu narasumber dalam menyesuaikan diri dengan percakapan. Pengalaman dan respon balik tentang sebuah produk tidaklah selalu mudah untuk diceritakan. Anda harus dapat mengungkapkan pikiran Anda dengan kuat, kepada orang lain, yang mungkin saja Anda berikan lewat internet. Peran Anda sebagai peneliti adalah untuk menetapkan harapan tentang bagaimana sesi akan berlangsung dan membuat orang di sisi lain merasa nyaman karena mereka mendapatkan situasi yang juga nyaman.
 
Catat kontradiksi antara kebiasaan dan apa yang dikatakan oleh narasumber. Setiap orang cenderung lebih senang membantu orang lain jika mereka diperlakukan secara menyenangkan. Mereka akan mencoba menjawab pertanyaan yang Anda ajukan dan memberikan jawaban yang Anda inginkan (bahkan jika pertanyaannya tidak dibangun dengan baik).
 
Lacak Dasar Dari Pertanyaan Yang Anda Berikan
 
Mengelompokkan pertanyaan di bawah tema dapat membantu karena Anda mungkin dapat menyelesaikan beberapa masalah dalam beberapa tindakan. Coba perhatikan tentang apakah Anda mencoba memahami pertanyaan "mengapa" (kualitatif) vs. "berapa banyak, seberapa banyak, seberapa sering" (kuantitatif). Ada bias terhadap generalisasi data besar karena jumlah yang terlibat dapat menghasilkan bukti yang mengesankan dan gagal— mensurvei 500 orang tampak seperti hal yang besar dibandingkan dengan hanya melakukan wawancara dengan 5 pakar dari subjek materi tertentu.
 
Namun tanpa memahami "mengapa" dalam setiap tindakan, mengamati dan mendengarkan kebutuhan secara jelas, data yang besar dapat menjadi penopang Anda untuk berspekulasi bahwa Anda sudah tahu apa yang kita cari. 
 
Pada akhirnya, tidak apa jika Anda berakhir dengan lebih banyak pertanyaan, asalkan pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang lebih baik.
 
 
Berikut diatas adalah beberapa kebiasaan yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan riset tentang pengalaman pengguna dari produk atau layanan digital Anda. Jika Anda merupakan pengusaha dengan bisnis yang baru saja Anda mulai dan ingin mulai menggunakan website atau aplikasi sebagai salah satu sarana penjualan Anda, kami dapat membantu. 
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: Prototypr.io

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm