Image

QUICK CONTACT













Image

5 Key Elements of User-Friendly Notifications

24 Jul 2020 by Billy Gani
Pernahkah Anda memberikan perhatian khusus terhadap notifikasi atau pemberitahuan pesan yang Anda terima setiap harinya dari layanan website atau aplikasi? Berapa banyak dari notifikasi tersebut yang sebenarnya Anda perhatikan? Pertanyaan ini menjadi sebuah masalah karena sebagian besar dari kita menambah jumlah aplikasi secara berkala dalam perangkat sementara waktu dan perhatian kita hanyalah terbatas. 
 
Kita menerima begitu banyak notifikasi setiap harinya sehingga kita tidak hanya terganggu tetapi juga mengalami kesulitan untuk kembali melakukan aktivitas kita. Pada akhirnya, kita cenderung mengabaikan layanan yang mengganggu atau membatasi pemberitahuan tersebut jika memungkinkan. 
 
Mengapa? Ketika Anda mulai menggunakan layanan dari website tertentu atau menginstal aplikasi seluler, Anda mengharapkan sebuah nilai atau hadiah tertentu untuk memenuhi kebutuhan awal Anda dan tidak keberatan mendapatkan pemberitahuan selama mereka membawa nilai yang berarti dan cukup menarik untuk mengalihkan perhatian Anda. Masalahnya adalah sangat sedikit bentuk notifikasi yang mengikuti aturan ini.
 
Sebagai pengguna, kita tentunya merasa terganggu. Tetapi dari perspektif bisnis yang memberikan Anda notifikasi lewat aplikasi mereka tersebut, kehadiran notifikasi dapat menjadi satu langkah potensial yang berguna untuk memberitahukan pengguna tentang informasi terbaru, kesalahan dalam aplikasi dan sebagainya. Kehadiran notifikasi ini dapat menjadi salah satu alat yang kuat bagi pemasar untuk mengkomunikasikan secara langsung kepada pengguna tentang promosi atau informasi terbaru tentang bisnis yang mereka jalankan. 
 
Tetapi, bagaimana cara Anda sebagai salah satu pemasar dan juga pengguna dalam menggunakan notifikasi untuk memberikan nilai dan fungsi yang baik dalam pemakaiannya?
 
Kepentingan
 
Sebelum lebih mendalami proses desain dari notifikasi, tanyakan kepada diri Anda,”Apakah saya memerlukan notifikasi?” Mungkin hal ini terdengar kurang masuk akal, tetapi, beberapa notifikasi tidak perlu sampai ke dalam perangkat pengguna. Terkadang kita merancang notifikasi untuk hampir setiap kesalahan yang kita temukan. Tetapi, apakah pengguna benar-benar perlu mengetahuinya? Jika pemberitahuan tersebut murni informatif dan tidak memerlukan tindakan apa pun untuk memulihkan sistem, maka mungkin notifikasi tersebut tidak terlalu penting untuk ditampilkan pada layar pengguna.
 
Di sisi lain, dalam kasus kesalahan kritis ketika kinerja layanan atau aplikasi Anda tergantung pada tindakan pengguna, yang mungkin dapat menyebabkan data pentig hilang, notifikasi berperan penting baik bagi pengguna maupun bagi Anda. Contohnya adalah notifikasi halaman crash yang diberikan dari Google ketika Anda tidak sengaja menutup seluruh halaman.
 
Relevansi & Ketepatan Waktu
 
Salah satu cara untuk tetap relevan dengan notifikasi adalah dengan menggunakan analisis data. Hal ini dapat memberikan Anda kebiasaan dari pengguna secara lengkap. Ketika merancang desain dari notifikasi, perhatikan data dari penggunaan produk sama seperti informasi lain yang Anda kumpulkan tentang target audiens Anda. Hal ini dapat membantu Anda untuk menyajikan notifikasi yang relevan serta meningkatkan kesempatan untuk peningkatan konversi. Relevansi juga mengharuskan Anda untuk tepat waktu dan memberitahu pengguna pada waktu yang tepat saat mereka tidak mengabaikan kehadirannya. Sudah jelas, malam hari bukanlah waktu terbaik untuk mengirimkan notifikasi. Statistik pengguna dapat sangat membantu dalam hal mengumpulkan data tentang zona waktu tempat pengguna berada dan kapan mereka lebih cenderung untuk melihat notifikasi dalam perangkat mereka.
 
Kustomisasi
 
Selalu menjadi ide baik untuk memiliki fitur produk yang dapat dikustomisasi, khususnya ketika berbicara tentang notifikasi. Hal ini tidak berarti Anda harus membiarkan pengguna mematikan seluruh jenis notifikasi (meskipun terkadang hal tersebut menjadi pilihan banyak pengguna), tetapi Anda dapat membagikan tanggung jawab tentang konten notifikasi tersebut kepada pengguna. Saat pengguna memilih jenis notifikasi apa yang ingin mereka terima dan abaikan, mereka akan lebih senang untuk mendapatkan notifikasi yang mereka pilih untuk terima. 
Jika Anda baru saja merilis aplikasi dan belum memilih terlalu banyak data pengguna untuk dianalisis saat merancang sistem notifikasi, kustomisasi merupakan salah satu pilihan yang tepat. Setelah beberapa lama, Anda dapat melihat pola dari notifikasi mana yang berguna, relevan dan waktu yang tepat untuk pengguna dalam menerima notifikasi tersebut.
 
Pesan Yang Jelas & Komprehensif
 
Apapun konten dalam notifikasi, pastikan bahwa kehadirannya mengkomunikasikan pesan yang sama dengan pengguna Anda, secara literal dan figuratif. Pastikan bahwa Anda menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Hindari penggunaan frasa spam seperti “Anda telah memenangkan…” atau “100% gratis!.” Cobalah untuk membuat pesan yang jelas dan tetap komprehensif. Jangan membuat pengguna bingung dengan kata-kata dari notifikasi Anda. Notifikasi merupakan saluran komunikasi - karena itulah Anda perlu konsisten dengan gambaran brand dan nada dalam pesan notifikasi Anda.
 
Metode Penyampaian Yang Efektif
 
Ada ratusan jenis notifikasi dan penyampaiannya seperti SMS, notifikasi email, push notifications dari aplikasi perangkat seluler, notifikasi website, dan sebagainya. Untuk mengelola notifikasi tersebut dan menggunakan fungsinya secara benar, kita harus dapat mengidentifikasikan dua kelompok notifikasi ini dari jenis interaksinya yaitu “notifikasi dari produk kepada pengguna” dan “notifikasi dari pengguna ke pengguna.” 
 
Bergantung pada jenis layanan dan tujuannya untuk pengguna, kelompok notifikasi ini memiliki tingkat kepentingan yang berbeda. Contohnya, pengguna Instagram tentunya akan lebih tertarik untuk mengetahui foto-foto apa yang memiliki wajah mereka di dalamnya atau teman-teman Facebook mereka baru yang telah bergabung, daripada diminta untuk mengulas aplikasi tersebut.
 
Mengetahui jenis notifikasi dan metode penyampaian apa yang lebih baik diterima oleh pengguna merupakan kunci dari peningkatan seluruh pengalaman pengguna dari setiap aplikasi. 
 
 
 
Jika Anda sudah lebih memahami tentang penggunaan notifikasi dalam aplikasi maupun website Anda, kini Anda dapat menerapkannya secara langsung.  Anda belum memiliki aplikasi atau website untuk mendukung bisnis atau perusahaan Anda? Kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference:DesignModo

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm