Image

QUICK CONTACT













Image

Minimalism Function For Website Design

14 Jul 2020 by Billy Gani
Minimalisme sudah menjadi teknik yang kuat dalam desain website modern saat ini. Teknik ini terkadang mempresentasikan percobaan untuk memprioritaskan konten dalam website Anda.  Jika diaplikasikan secara benar, minimalisme dapat membantu Anda para designer untuk berfokus pada waktu muatan yang lebih cepat untuk menyederhanakan pekerjaan pengguna. Minimalisme juga membawa manfaat tambahan untuk website, dalam istilah “less is more.”
 
Berikut ini beberapa prinsip dari desain minimalis yang mungkin dapat Anda terapkan.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Desain Website Minimalis?
 
Banyak dari tren desain saat ini yang secara langsung terpengaruh oleh minimalisme, pergerakan desain website yang dimulai dari awal tahun 2000an.
 
Google senantiasa disebut sebagai salah satu pionir dari antarmuka website yang minimalis. Google sendiri memprioritaskan kesederhanaan dalam tampilan antarmukanya bahkan sejak masih dalam versi beta di tahun 1990an. Meskipun sekarang Google menawarkan produk yang sangat bervariasi, homepage nya hanya memiliki perubahan kecil dalam 15 tahun terakhir ini. 
 
Meskipun seringkali terjadi perdebatan tentang kualifikasi apa yang tepat untuk menggambarkan web design, ada beberapa fitur umum yang dapat disetujui oleh setiap designer dalam penggunaannya. 
 
Hanya Yang Penting Saja
 
Filosofi dari minimalisme terdengar begitu mudah yaitu - “less is more.” Dalam desain website, istilah ini dicapai dengan hanya menggunakan elemen yang penting untuk desain yang dirancang.  Strategi desain website yang minimalis merupakan strategi yang berusaha menyederhanakan tampilan antarmuka dengan menghapus elemen atau konten yang tidak perlu dan tidak mendukung tugas-tugas pengguna. Karena semakin sedikit elemen di layar, semakin kuat potensi elemen yang berada di dalam antarmuka tersebut.
 
Dengan logika tersebut, jika Anda hanya memiliki satu elemen di layar, Anda dapat yakin bahwa pesan Anda dengan mudah dapat terkomunikasikan pada pengguna. Dengan lebih sedikit elemen yang Anda gunakan pada halaman, semakin rendah juga beban kognitif yang didapatkan oleh pengguna. 
 
Minimalisme adalah pemisahan yang disengaja dan digunakan untuk mengalihkan pengguna dari elemen yang tidak terlalu penting dan berfokus pada konten dalam website Anda. Tetapi pada saat yang sama Anda harus yakin bahwa Anda tidak membuat tugas utama pengguna Anda menjadi lebih sulit dengan menghapus atau menyembunyikan konten yang mereka butuhkan. Dengan demikian, rancanglah desain di sekitar konten, dan sisakan elemen sekunder seperlunya (seperti navigasi utama) sehingga pengguna tidak kebingungan dalam mengoperasikan website Anda.
 
Ruang Negatif 
 
Tidak mengherankan bahwa elemen yang paling umum dalam desain yang minimalis adalah dengan tidak menggunakan elemen sama sekali. Ruang negatif - juga dikenal sebagai ruang putih - merupakan fitur paling penting dari desain minimalis, dan juga elemen yang kuat. Hal ini berfungsi untuk memanipulasi aliran visual pengguna. Semakin banyak ruang negatif di sekitar objek, semakin menariklah desain Anda bagi pengguna.
 
Karakteristik Visual
 
Dalam desain minimalis, setiap detail memiliki pengaruhnya tersendiri. Apa yang Anda pilih untuk gunakan penting dalam menarik perhatian pengguna.  Berikut beberapa contoh karakteristik yang dapat Anda gunakan:
 
Flat textures - Antarmuka dengan desain yang minimalis seringkali menggunakan tekstur datar (flat textures), ikon dan elemen grafis di dalamnya. Antarmuka ini tidak menggunakan highlight, bayangan, gradien, atau tekstur lain yang dapat dengan jelas membuat elemen UI terlihat lebih glossy atau 3D.
 
Fotografi Yang Hidup (Vivid Photography - Gambar merupakan bentuk karya seni yang paling menonjol dalam desain minimalis. Kehadirannya memungkinkan terciptanya koneksi emosional dan dapat mengatur suasana. Namun, Anda perlu mengingat salah satu kunci saat memilih foto -  semua karakteristik dengan visualisasi yang minimalis harus berada pada gambar yang Anda pilih. 
 
Memilih gambar yang salah (seperti Foto yang terlihat penuh dengan barang-barang yang mengganggu di sekitarnya) dapat meniadakan manfaat dari antarmuka minimalis yang Anda gunakan.
 
Gunakan Warna Seminimal Mungkin - Dalam desain minimalis, Anda dapat menggunakan warna untuk menciptakan minat visual atau perhatian langsung dari pengguna tanpa menambahkan elemen desain tambahan atau grafik yang sebenarnya. Hal ini dikarenakan Anda dapat merancang desain website yang minimalis dengan hanya menggunakan sedikit warna. Maka dari itu, Anda perlu menjadi kreatif ketika ingin menciptakan hirarki visual untuk tampilan website Anda.
 
Typography Yang Dramatis - Typography yang berani dapat membawa fokus pengguna langsung tertuju pada kata-kata dan konten dalam website Anda. Apalagi jika Anda membuatnya berdampingan dengan visual yang tidak kalah menarik. Contoh desain yang bersifat minimalis dan menggunakan typography biasanya mencakup gaya penulisan yang tebal dan bentuk huruf yang menarik. Tetapi, Anda perlu mengingat bahwa menarik perhatian pada typography yang lebih kuat tersebut hanya dapat bekerja dengan baik ketika teks itu mengkomunikasikan informasi yang juga memiliki nilai.
 
Kontras 

 
Karena Anda harus merancang desain minimalis dengan elemen yang lebih sedikit, Anda haruslah menjadi kreatif ketika harus membuat hierarki visual. Dalam contoh dari produk We Ain’s Plastic diatas, Anda melihat dasar desain yang minimalis dengan latar belakang warna putih yang kontras dengan batu permata berwarna hitam.
 
Berikut adalah beberapa penjabaran yang lebih dalam tentang desain minimalis untuk website Anda. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan desain website yang minimalis? Pastikan Anda mempraktekkan beberapa tips diatas. 
 
 
Jika Anda masih baru dalam dunia digital dan ingin menggunakan website sebagai salah satu pemasaran digital untuk bisnis Anda tetapi masih bingung untuk memulai, kami dapat membantu Anda. 
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 Reference: Nick Babich
 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm