Image

QUICK CONTACT













Image

How To Choose KPIs For Your Digital Marketing Strategies

02 Jul 2020 by Billy Gani
Pemasaran digital saat ini mengambil alih dunia dengan kehadirannya. Hampir sebanyak 83% bisnis percaya bahwa upaya pemasaran digital yang saat ini mereka miliki berhasil dalam mengejar tujuan mereka. Jutaan orang di dunia sekarang menggunakan internet untuk berbelanja, melakukan riset terhadap bisnis, dan menerima rekomendasi untuk produk dan layanan yang mereka perlukan. Hal ini membuat strategi pemasaran digital yang tepat menjadi lebih penting untuk bisnis Anda. 
 
Dalam era SEO saat ini, kenyataannya, belum ada perusahaan atau bisnis yang kami temukan dan sukses dalam memproduksi kampanye pemasaran digital tanpa menggunakan KPI (key performance indicator) untuk strategi mereka.
 
Kami senantiasa percaya bahwa kunci dalam memilih KPI yang tepat adalah menyesuaikan konteksnya dengan bisnis yang dijalani. Anda harus mencocokkan tidak hanya pada tujuan Anda, tetapi juga pada sumber faktor lain seperti kekuatan dan kelemahan dari bisnis Anda. 
 
Maka dari itu, berikut ini kami berikan beberapa faktor dalam membuat KPI yang kuat dan efektif dalam mengawasi proses strategi Anda.
 
Kaitkat KPI Dengan Tujuan Bisnis Anda
 
KPI Anda harus langsung berkaitan dengan tujuan dari bisnis Anda. Hal ini dapat membuat Anda menjaga keberlangsungan kampanye dari pemasaran. Jika tujuan Anda saat ini adalah untuk meningkatkan kesadaran, setidaknya salah satu KPI yang Anda miliki harus berbicara tentang seberapa sering pengguna menyebarkan unggahan dalam media sosial Anda. Jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan pendapatan, Anda dapat memilih tingkat konversi dan penjualan nyata sebagai KPI Anda. 
 
Identifikasikan tujuan Anda, dan tentukan KPI mana yang paling relevan untuk melengkapinya. 
 
Kenali Masalah & Akui Kesuksesan Anda
 
Jangan hanya berfokus pada kekuatan KPI dari pemasaran digital Anda. Kelemahan dari KPI tersebut juga penting dalam perjalanan Anda. Jika upaya pemasaran melalui media sosial Anda sudah cukup sukses, KPI Anda dapat menentukan mengapa upaya tersebut dapat berhasil. Di sisi lain, jka taktik SEO Anda kurang berjalan dengan baik, KPI Anda dapat menentukan masalah yang dihadapi.
 
Rasio klik, pentalan dan seberapa lama pengguna bertahan dalam halaman website Anda dapat menunjukkan setiap masalah yang mungkin Anda hadapi dalam pemasaran digital. 
 
Ikat KPI Anda Dengan Ukuran Bisnis 
 
Dalam pengalaman kami, perusahaan atau bisnis tentunya memiliki langkah demi langkah dalam perjalanannya. Setiap langkah memiliki persyaratan yang berbeda untuk bertemu dengan proses ke dalam langkah selanjutnya. Bisnis bersifat startup biasanya lebih memperhatikan tentang jumlah konsumen dan memperbesar bisnis mereka. Sedangkan perusahaan yang lebih besar biasanya lebih memperhatikan bagaimana cara mereka mengalahkan kompetitor dan menjaga pasar yang sekarang sudah berjalan. Temukan KPI yang sesuai dengan ukuran bisnis Anda.
 
Kunjungan situs yang unik dan tingkat konversi sangatlah ideal untuk mengawasi basis pelanggan yang sedang berkembang. Untuk perusahaan yang lebih besar, peringkat hasil keterlibatan pengguna dari mesin pencari sangat ideal untuk memantau kendali Anda atas pasar saat ini.
 
Kesederhanaan Adalah Kunci
 
Pada titik ini, jelas bahwa KPI dapat menjadi serbaguna, dan memantau beberapa indikator yang sangat penting untuk menghasilkan hasil yang lebih baik daripada hanya mengawasi lusinan indikator tersebut. Melacak terlalu banyak KPI membutuhkan banyak alat dan banyak waktu untuk menguraikannya. Hal ini juga dapat membuat Anda kesulitan dengan terlalu banyak informasi dan menyebabkan penilaian buruk.
 
Daripada Anda menghadapi resiko dan kewalahan oleh terlalu banyaknya informasi, pertahankan KPI Anda agar tetap sederhana dan mudah dikelola sehingga Anda dapat lebih berfokus pada matriks yang lebih penting.
 
Pilihlah KPI Yang Sesuai Dengan Industri Bisnis Anda
 
Setiap industri memiliki persyaratan yang berbeda, dan karena itulah Anda perlu mengawasi beberapa KPI yang berbeda. Sesuaikan KPI mana yang ingin Anda kelola untuk industri bisnis dimana Anda berjalan.
 
Misalnya, toko online harus melihat penjualan onlinenya terlebih dahulu mengingat bisnis mereka hanya mengandalkan interaksi secara digital. Kepuasan pelanggan juga merupakan KPI penting untuk bisnis dalam industri ini. Jika Anda menjalankan perusahaan berbasis media online, KPI Anda harus menyertakan pengunjung unik dan berapa lama mereka menghabiskan waktu menjelajahi website Anda.
 
Setelah menghasilkan kampanye pemasaran dari berbagai faktor di atas untuk konsumen Anda, kita dapat belajar bahwa ada beberapa KPI yang penting untuk setiap pemasaran digital terhadap traffic website dan hasil dari mesin pencarian. Berikut ini beberapa KPI yang dapat Anda perhatikan:
 
Rasio Traffic To Lead (Traffic To Lead Ratio)
 
Matriks ini dapat membuat Anda memiliki informasi tentang seberapa efektif website Anda dalam menghasilkan leads. Contohnya, jika website Anda dikunjungi lebih dari 100 kali dalam sebulan tetapi hanya menghasilkan satu lead, mungkin Anda harus memperbarui konten dan taktik dari pengumpulan leads dari website Anda. 
Tetapkan rasio Anda dan awasi jika terjadi perubahan setiap ada update terbaru dalam kampanye Anda. 
 
Halaman Yang Populer (Popular Pages)
 
Saat Anda mengukur seberapa lama pengguna bertahan dalam website Anda, carilah halaman mana yang sering mereka kunjungi. Hal ini dapat memberi Anda arahan untuk mengetahui konten atau layanan mana yang menarik perhatian mereka.  Apakah mereka lebih tertarik pada unggahan blog daripada halaman layanan Anda? Apakah mereka lebih suka pergi ke satu halaman layanan tertentu daripada yang lain? 
 
Mengidentifikasi halaman mana yang paling populer dapat memberikan gambaran tentang apa yang Anda lakukan dengan benar dan di mana website Anda perlu ditingkatkan.
 
Sumber Traffic (Traffic Source)
 
Menemukan bagaimana pengunjung dapat mencapai website dapat memberitahu Anda tentang strategi pemasaran digital mana yang berhasil dan mana yang tidak dioptimalkan dengan benar.
 
Jika website Anda menerima lebih banyak traffic dari website lain (referral), hal ini mengartikan bahwa pengguna mencapai website Anda melalui tautan di website lain. Maka dari itu, Anda mungkin perlu meningkatkan kampanye Anda.. Di sisi lain, jika Anda mendapatkan banyak traffic dari unggahan media sosial Anda, Anda melakukan hal yang baik dengan taktik Anda di area tersebut. Peningkatan traffic dari pencarian langsung (direct)  dapat menunjukkan peningkatan kesadaran audiens tentang bisnis Anda.
 
Keterlibatan Pengguna (Audience Engagement)
 
Memetakan halaman mana dan konten apa yang menarik perhatian pelanggan Anda lalu mengarah pada keterlibatan dari pengguna lebih banyak membantu Anda untuk berfokus pada peningkatan taktik Anda. Apakah pelanggan meninggalkan lebih banyak komentar di unggahan media sosial daripada di website Anda? Manfaatkan informasi ini untuk meningkatkan kehadiran Anda melalui media sosial sambil mengoptimalkan website Anda untuk menarik pengguna ke halaman yang Anda inginkan.
 
 
Lanskap digital senantiasa berubah, dan berubah secara  cepat. Penting bagi Anda untuk tidak hanya sadar bagaimana memilih KPI yang efektif, tetapi juga jenis indikator apa yang ideal untuk meningkatkan kinerja Anda. Tetap selangkah lebih maju dari kompetisi membutuhkan KPI terbaik dan strategi pemasaran digital yang tepat untuk dapat Anda temukan.
 
Jika Anda membutuhkan bantuan akan memasarkan bisnis Anda secara digital, kami hadir untuk Anda.
 
Eannovate memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.

Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.

Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.

Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.


Reference: Forbes

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm