Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Penyebab Masalah Dalam Flow Meter Anda 

30 Jun 2020 by Billy Gani
Flow meter memiliki fungsi penting dalam mengukur aliran fluida, namun objek pengotor sering kali dapat menurunkan efektivitas kerja perangkat. Material alam yang terbentuk dari proses baik kimia maupun biologi secara langsung dapat menghambat, bahkan merusak komponen dari flow meter Anda.
 
Umumnya, material produk ini terbuat dari logam/stainless/seamless brass tube yang resisten terhadap bahan kimia yang kuat. Akan tetapi, logam yang sering terpapar fluida ber-ion tinggi sangatlah rawan terhadap korosi logam. 
 
Berikut ini beberapa penyebab utama yang menjadi masalah pada perangkat flow meter:
 
Material Bubur (Slurry)
 
Slurry merupakan kombinasi antara bahan kimia dan biologi yang berbentuk bubur kental dan dapat dikatakan mirip dengan slime. Material ini memiliki sifat abrasi yang cukup kuat pada logam dengan tekstur yang lembek. Slurry dapat merusak sensor flow meter Anda jika tidak segera dibersihkan.
 
Mikroorganisme/Ganggang (Slime)
 
Material biologi yang satu ini juga sering menjadi penyebab sumbatan pada flow meter. Teksturnya yang lengket dan kental membuat kehadirannya sangat sulit dikendalikan, terutama saat menempel pada turbin. Namun,  hal ini tidak akan menjadi masalah serius jika perangkat Anda bersifat elektromagnetik.
 
Material Sedimentasi
 
Sedimentasi merupakan salah satu penyumbang kasus terbesar penyumbatan pada komponen meteran. Walaupun banyak produk yang memiliki sistem saringan pada pipa, namun lumpur berukuran mikro yang lolos akan menumpuk dan menjadi material sedimentasi.
 
Pengapuran Logam
 
Sebagaimana prinsip kimia, material ion akan menyatu dengan ion serupa. Dan hal ini dapat terjadi pada pipa logam yang terus menerus mengalirkan air ledeng ber-ion tinggi. Hasilnya, bahan kimia seperti magnesium, kalsium, natrium akan terakumulasi menjadi kapur yang mengendap pada dinding pipa.
 
Lumpur Karat (Sludge)
 
Pipa produk memang dirancang dengan material anti-karat terutama terhadap material fluida. Namun, logam tersebut dapat sangat rentan terhadap udara bebas. Material yang berkarat akan terkelupas dan kemudian menjadi penyebab sumbatan pada pipa.
 
Kesalahan Saat Instalasi
 
Penyebab masalah pada kinerja flow meter bukan hanya dikarenakan sumbatan material sedimentasi maupun biologis. Salah satu kasus yang cukup umum adalah kesalahan instalasi perangkat sehingga menyebabkan aliran material menjadi tidak konsisten atau deviation in flows.
 
Cara Mengatasi Sumbatan Pada Meteran Anda
 
Secara fundamental, meteran pada umumnya memiliki diafragma atau sebuah celah sempit sebagai penghubung pipa. Pada bagian tersebutlah penyumbatan seringkali ditemukan. Maka dari itu, berikut ini beberapa cara yang dapat kami berikan dalam mengatasi pipa yang tersumbat.
 
Periksa Gate, Kabel, dan RCV
 
Pada pemeriksaan pertama, lakukan tes tekanan pada meteran. Ketika skala normal flow tidak memenuhi standar minimum, periksalah apakah gate telah terbuka dengan benar atau tidak. Kemudian periksa juga kabel dan solenoid dari perangkat Anda.
 
Lepas Flow Meter Dari Sambungan
 
Sebelum melepaskan perangkat dari sambungan, pastikan bahwa sistem pada kondisi off. Lepas dengan cermat dan perlahan, atau Anda akan merusak salah satu kabelnya. Kemudian lakukan tes pada paddle wheel apakah berfungsi dengan benar atau tidak.
 
Bersihkan Kotoran pada Dinding Pipa
 
Setelah Anda memastikan tidak ada masalah pada komponen elektrikal meteran, periksa dan bersihkan dinding pipa dari segala jenis kotoran. Pakailah bahan kimia yang aman atau sabun dan air bersih.
 
Pasang Kembali Seperti Semula
 
Bila pemeriksaan dan pembersihan komponen telah selesai, pasang kembali semua bagian dengan berhati-hati. Terutama saat Anda memasang pin pada ring, dan jangan lupa merapikan kabel yang telah dipotong. Selanjutnya, Anda dapat melakukan kembali tes tekanan.
 
Berikut diatas merupakan beberapa penyebab flow meter bermasalah serta solusi yang dapat Anda lakukan secara mandiri di rumah untuk memperbaikinya. Namun, bila perangkat masih bermasalah, akan lebih baik bagi Anda untuk memanggil profesional atau menghubungi toko/pabrik.
 
 
Jika Anda membutuhkan bantuan mengenai Flow Meter atau sedang mencari produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, Ferindo dapat menjadi salah satu solusi Anda. 
PT Ferindo Energi Instrumen merupakan salah satu distributor merk meteran air panas Flow Control dan flow meter solar berkualitas dengan harga yang bersahabat di Indonesia. Ferindo juga menyediakan berbagai merk water meter berkualitas di Jakarta. 
 
Tak hanya itu, Ferindo juga beroperasi dalam hal distribusi dan suplai Flow Meter LC, Solar, dan Water Meter Amico yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ferindo juga merupakan authorized genuine water meter dan Amico supplier authorized seller Flow Meter Liquid Controls di Indonesia yang sudah teruji kualitasnya.
 
 
 
 
Reference: Ferindo

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm