Image

QUICK CONTACT













Image

5 Bad Design Practices to Avoid on Your Home Page

26 Jun 2020 by Billy Gani
Kesan pertama apa yang Anda tampilkan dalam website Anda? Kebanyakan hal tersebut bergantung pada desain dari homepage atau beranda website Anda. Homepage merupakan pintu terdepan dari website Anda. Jika kehadirannya tidak dirancang dengan baik, Anda tidak dapat mempertahankan pengguna di dalam website Anda untuk waktu yang lama. 
 
Kesan pertama dapat membawa pengguna untuk menelusuri lebih lengkap website Anda, dan juga meninggalkannya karena kekecewaan. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini beberapa contoh praktek yang dapat dihindari dan diikuti sehingga website Anda tidak mengecewakan pengguna. 
 
Jangan Sambut Pengguna Dengan “Selamat Datang”
 
 
Banyak website yang ingin menyambut pengguna dengan kata “selamat datang” atau “welcome” saat pengunjung mendatangi website mereka. Hal ini tidak banyak memberi tahu pengguna apa yang dapat mereka harapkan dari website Anda. Meskipun hal ini mungkin bekerja dengan baik dalam tatap muka, hal ini jarang diperlukan dalam website Anda.
 
Apa yang diinginkan pengguna adalah judul yang terlihat dengan mudah atau tagline yang menjelaskan apa yang website Anda tawarkan dan bernilai untuk mereka. Jika apa yang Anda tawarkan berguna dan unik bagi mereka, Anda tentunya tidak memiliki masalah dalam mempertahankan mereka. 
 
Jangan Penuhi Website Anda Dengan Gambar Stok (Stock Images)
 
Salah satu cara lain untuk membuat kesan pertama yang buruk adalah menempatkan gambar stok foto dalam homepage Anda. Jika Anda berpikir untuk menggunakan gambar stok dalam membuat website Anda terlihat profesional, pikirkan kembali. Kebanyakan gambar stok dalam internet saat ini sangat mudah dikenali karena terlihat palsu, ornamental dan jauh dari kata relevan dalam kaitannya dengan konten website. Hal tersebut tentunya bukanlah kesan pertama yang ingin Anda berikan kepada mereka saat pertama kali mengunjungi website Anda. 
 
Jika Anda ingin website Anda terlihat profesional dan otentik, lihatlah terhadap gambar dari konten pribadi Anda. Saat gambar yang Anda tampilkan dekat dengan hal nyata, hal tersebut dapat membuat website Anda terasa lebih otentik, yang menambahkan kredibilitas website. 
 
Jangan Sertakan “.com”, “homepage” atau “LLC” Dalam Judul Halaman Anda
 
Terkadang desainer sering menempatkan “.com”, “homepage” atau singkatan nama perusahaan dalam judul halaman. Hal ini tidaklah perlu dilakukan. Ekstensi domain Anda menunjukkan hal ini dalam kolom alamat (address bar), dimana pengguna dapat dengan mudah mengenalinya. Mereka tentunya mengetahui  bahwa mereka ada dalam homepage Anda dengan melihat bagian URL dari halaman tersebut. Dan banyak pengguna yang tidak terlalu peduli tentang singkatan dari makna dari singkatan nama bisnis atau perusahaan Anda. 
 
Simpan ruang bernilai dalam judul halaman tersebut untuk nama website dan tagline yang Anda miliki. Tagline biasanya pendek, mudah diingat dan rangkuman dari keseluruhan brand Anda. 
 
Jangan Menggunakan Paragraf Untuk Menjelaskan Segala Hal



Teks paragraf mungkin akan bekerja untuk setiap halaman selain homepage. Saat pengguna memasuki homepage website Anda, mereka tidak ingin melihat blok teks paragraf yang panjang untuk mengetahui tentang apa website Anda. Hal ini menjadi pekerjaan yang berat dan pengguna tidak memiliki waktu untuk bersabar dalam membaca keseluruhannya. Anda harus membuat homepage Anda mudah dipindai dan meningkatkan ketertarikan bagi pengguna. 
 
Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan judul yang atraktif dengan teks yang juga menarik perhatian. Teks ini berupa teks singkat yang membuat pengguna ingin menelusuri website Anda jauh lebih dalam lagi. Ketika mereka menekan teks tersebut dan berpindah ke halaman lain, barulah paragraf teks yang panjang dapat melakukan pekerjaannya. 
 
Jangan Membuat Homepage Anda Sama Dengan Halaman Lain 
 
Homepage merupakan halaman yang khusus. Kehadirannya tidaklah dapat terlihat sejenis dengan halaman lainnya dalam website anda. Tata letaknya harus terlihat berbeda sehingga saat pengguna mengunjunginya, mereka dapat langsung mengetahui bahwa mereka berada di homepage website Anda. Mendefinisikan karakteristik dari homepage merupakan poin yang penting. 
 
Setiap homepage memerlukan titik fokus tersendiri. Kehadirannya terasa saat mata pengguna melihat website Anda untuk pertama kali dan menjadikannya pusat perhatian untuk konten terbaru yang Anda tempatkan di dalamnya. 
 
Ada banyak cara untuk membuat titik fokus dalam halaman homepage untuk mendominasi website Anda. Gunakan kontras warna yang tepat, ukuran font yang sesuai dan posisi yang tepat untuk membuat titik fokus pengguna beralih ke dalam homepage Anda. 
 
 
Ketika sudah lebih memahami praktek apa saja yang harus Anda hindari dan Anda lakukan dalam merancang desain homepage untuk website, sudahkah Anda menerapkannya dalam website Anda?
 
Jika belum, kami dapat membantu Anda. Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
 
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
 Reference: UX Movement

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm