Image

QUICK CONTACT













Image

3 Pillars of SEO Marketing: Keywords, Content & Backlinks

25 Jun 2020 by Billy Gani
SEO seperti yang kita tahu merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO merupakan praktek dari meningkatkan traffic ke dalam kualitas dan kuantitas website melalui hasil pencarian organik. Google membuat ratusan pembaruan, dan algoritmanya senantiasa berubah, setiap tahun. Khususnya setelah 2011, seluruhnya telah berubah, dan pemasaran tradisional sudah mulai hilang.
 
Ratusan penulis blog memiliki berbagai ide berbeda setiap bulannya dalam memproduksi konten. Tetapi, tidak semuanya berhasil. Mereka mencoba beberapa hal berbeda untuk meningkatkan peringkat dan mendapatkan traffic organik. Dan tentu saja, tidaklah berbahaya jika bereksperimen, tetapi kita perlu lebih memahami apa saja prioritas dan faktor kritikal untuk Google dalam mendapatkan peringkat dan mendatangkan traffic berkualitas. 
 
Dalam artikel berikut ini, kami akan membahas tiga senjata utama untuk meningkatkan SEO Anda, dimulai dari:
 
  • Kata Kunci (Keywords)
Kata kunci merupakan jembatan antara apa yang pengguna cari dan apa yang Anda sediakan. Karena itulah, memilih kata kunci yang tepat sangat penting. Jika Anda memilih kata kunci yang kurang sesuai, Anda tidak dapat menemukan atau hanya sedikit traffic yang Anda targetkan. Hal tersebut dapat menghancurkan segala upaya dan strategi yang Anda miliki. Maka dari itu langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk pemasaran melalui konten adalah memilih kata kunci yang tepat. 
 
Jika Anda membuat konten dengan kata kunci yang sesuai dan menjalankan kampanye Anda dengan seri email yang memberikan informasi dan edukatif, maka Anda dapat mengonversi lebih banyak pelanggan dan menghasilkan lebih banyak traffic ke dalam website Anda. Karenanya, jangan pilih kata kunci konten Anda secara acak. Anda harus melakukan penelitian mendalam dan menganalisis persaingan serta volume pencarian terlebih dahulu.
 
Gunakan Kata Kunci Panjang (Long-Tail Keywords) Dibandingkan Kata Kunci Pendek (Short-Tail Keywords)
 
Untuk mengalahkan kompetisi, Anda harus menggunakan kata kunci yang panjang. Dari 15 tahun terakhir, Anda tentunya sering menggunakan kata kunci baik yang pendek atau yang panjang. Karena kata kunci yang relatif pendek sangatlah kompetitif, tentunya lebih sulit berkompetisi dalam menggunakan kata kunci, dan bisa saja menghabiskan waktu Anda. Dan juga, Anda dapat memanfaatkan dampak positif dari kata kunci yang panjang ini. 
 
Ratusan pengguna potensial mencari apa yang ingin mereka baca. Kata kunci yang panjang mungkin memiliki volume pencarian yang rendah, tetapi kehadirannya membantu Anda agar lebih mudah naik ke peringkat atas. Keyword ini dijalankan oleh jumlah traffic dalam website Anda. Jadi, Anda dapat mengambil waktu, menganalisa, dan mencari kata kunci yang panjang dengan baik terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan alat seperti SEMRush, Ahrefs, Serpstat,Moz,UberSuggest, dan Google Keyword untuk membantu Anda dalam riset kata kunci. 
 
  • Konten (Content)

Ada istilah yang mengatakan bahwa “konten adalah raja dalam SEO,” dan mungkin sebagian dari kita pernah melaluinya. Hal ini tidaklah bohong.Konten merupakan salah satu kunci kritis untuk kesuksesan. Dalam studi dari HubSpot, bisnis yang mempublikasikan konten secara berkala mendapatkan 55% pengunjung, 350% traffic, dan mendatangkan hampir sebanyak 67% leads jika dibandingkan dengan bisnis yang tidak mempublikasikan unggahan blog. Dan juga, studi dari Demand Metric menunjukkan bahwa unggahan blog (blog posts) mendatangkan hampir 97% tautan inbound dan meningkatkan indeksasi halaman sebanyak hampir 434%.  Bahkan Google sendiri mengkonfirmasi bahwa konten merupakan salah satu faktor penting dari peringkat sebuah website. 
 
Saat memproduksi konten dan sebelum mempublikasikannya, ada 3 hal yang dapat Anda perhatikan terlebih dahulu:
  • Konten yang unik dan informasional yang berkaitan langsung dengan niche bisnis Anda. 

  • Panjang konten unggahan dalam blog

  • Pengoptimalan Kata kunci 

Studi pemasaran menunjukkan bahwa hampir 1% pemasar membuat konten, dan sisa 99% lainnya mengkonsumsi saja. Dan membuat konten berkala yang unik dan informatif menjadi tantangan tersendiri bagi para pemasar. Jadi, ketika Anda memproduksi konten, pastikan bahwa konten tersebut sesuai dengan niche dari bisnis Anda. 
 
Selanjutnya, panjang unggahan blog Anda. Sebelum 2011, membuat 300-400 kata untuk konten sudahlah cukup untuk memeringkatkan website Anda tinggi dan membuat kesan yang baik di depan audiens. Tetapi saat ini, hal tersebut tidaklah lagi bekerja dari satu industri ke industri lainnya. 
 
Pengoptimalan Kata Kunci Merupakan Faktor Penting
 
Dalam titik ini, Anda seharusnya sudah memiliki beberapa kata kunci. Jika daftar tersebut kurang dari 100 per kelompok, kembalilah ke langkah pertama dan usahakan untuk membuatnya 100 atau lebih. Lebih mudah untuk memasukkan 100 kata kunci yang mirip dalam unggahan blog Anda. Dan juga, Google menyukai konten yang memiliki visual di dalamnya seperti infografik, video, GIF, dan sebagainya. Jadi, Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan SEO website Anda. 
 
Anda dapat mengoptimalkan kata kunci Anda dalam URL, Title Tag, H-1 Heading, Deskripsi Meta, dalam 100 kata pertama dari unggahan, dan konklusi dari konten Anda. Ketika Anda sudah selesai dengan pembuatan konten lalu mengoptimalkannya dengan baik, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mempublikasikan konten tersebut seperti:
 
  • Google lebih menyukai URl yang pendek, jadi cobalah untuk membuat URL Anda singkat dan padat.

  • Untuk berada di peringkat yang lebih tinggi, cobalah untuk memasukkan kata kunci utama Anda dalam judul konten. 
Otoritas Domain & Backlinks

Sekarang dengan riset kata kunci dan pembuatan konten, Anda telah memenangkan setengah perjuangan dari SEO. Tetapi, hal terberat dari menjalankan SEO adalah membangun tautan. Hal tersebut merupakan bagian dari
off-page SEO. Tidak peduli seberapa banyak on-page SEO yang Anda lakukan, Anda tidak dapat menempati peringkat yang baik jika tidak membangun tautan. 
 
Semakin banyak tautan ke dalam website yang memiliki otoritas tinggi, semakin tinggi visibilitas, semakin tinggi traffic yang Anda dapatkan, dan semakin tinggi juga peringkat dari website Anda. Setiap website dapat meningkatkan peringkat, penilaian domain, dan otoritasnya dalam Google jika Anda memiliki backlinks yang juga kuat. Tetapi, hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan. 
 
Kesimpulan 
 
Riset kata kunci merupakan hal yang sangat penting dalam SEO. Jika Anda memilihnya dengan tepat, hal tersebut dapat mendatangkan traffic, yang berarti semakin banyak konversi dan leads yang website Anda datangkan. 
 
Konten bukanlah sekedar raja tetapi kerajaan. Kehadirannya dapat menjadi penyelamat ataupun penghancur dari sebuah bisnis. Konten Anda mendefinisikan merek,kelayakan, dan membantu Anda untuk membangun kepercayaan dalam pasar. Jika hal tersebut tidak informatif dan menginspirasi, maka seluruh upaya Anda dapat menjadi sia-sia. 
 
Dan bagian tersulit adalah otoritas domain website Anda. Semakin tinggi backlinks yang Anda miliki semakin tinggi pula peringkat Anda, dan semakin tinggi peringkat Anda semakin banyak traffic dan penjualan yang masuk pada Anda. 
 
 
Ketika kita sudah membahas 3 pilar utama dalam pemasaran SEO, sudahkah Anda menerapkannya dalam bisnis Anda? Atau malah masih bingung untuk menggunakan SEO atau website dalam bisnis Anda? Jangan khawatir, kami dapat membantu anda. 
 
Eannovate memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm