Image

QUICK CONTACT













Image

3 Simple Tips to Improve Your App Icon Design

16 Jun 2020 by Billy Gani
Setiap aplikasi membutuhkan ikon yang menarik dan mudah diingat serta dapat menarik perhatian baik di dalam App Store maupun dalam layar perangkat. Di waktu yang sama, sebuah ikon aplikasi haruslah dapat membantu pengguna - yang berarti mudah untuk dikenali secara mudah. 
 
Apa yang Anda perlukan untuk membuat ikon user-friendly dengan estetika yang sempurna? Tidak sesulit yang Anda bayangkan, dan berikut ini beberapa tips yang dapat kami berikan untuk Anda ikuti:
 
Rancang Desain Ikon Yang Mudah Dikenali
 
Ikon harus mengkomunikasikan arti dari keberadaannya. Pengguna tidak perlu menganalisa terlebih dahulu ikon tersebut untuk mengetahui fungsinya. Ikon anda merupakan salah satu kesempatan pertama untuk mengkomunikasikan nilai dan tujuan dari aplikasi Anda,dalam sekejap.
 
Saat merancang ikon untuk aplikasi Anda, pastikan bahwa ikon tersebut mengkomunikasikan ide Anda dengan menggunakan asosiasi metafora - pengguna mengasosiasikan sebuah ikon dengan objek atau tindakan tertentu. Dan jika objek atau tindakan tersebut tidak jelas bagi pengguna, ikon tersebut sederhananya tidak bekerja dengan baik. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk membuat kehadiran ikon aplikasi yang jelas dan intuitif. 
 
Tips
 
Jangan gunakan ikon yang abstrak, karena ikon tersebut jarang berfungsi dengan baik. Pengguna tidak bergantung pada pengalaman sebelumnya untuk memahami arti dari ikon aplikasi tersebut. Contohnya, ikon Game Center merupakan kumpulan warna dalam lingkaran yang estetik. Kehadirannya terlihat menarik, tetapi orang biasanya bertanya-tanya tentang apa ikon ini dimaksudkan. 
 
Penggunaan yang aman untuk ikon adalah yang mudah dikenali oleh pengguna. Ada beberapa ikon yang mudah dimengerti dan dikenali pengguna seperti ikon print,magnifying glass,dan amplop.
 
Contohnya, ikon aplikasi Gmail yang menggunakan amplop yang secara universal diasosiasikan dengan surel (email).
 
Mengaculah Pada Minimalisme
 
Temukan elemen yang menggambarkan esensi dari aplikasi Anda dan ekspresikan elemen tersebut dalam bentuk yang sederhana. Hilangkan setiap rincian yang tidak penting di dalam ikon Anda.
 
Hal ini mungkin sering ditemui karena kebanyakan designer tentunya ingin ikon aplikasi mereka terlihat menarik. Tetapi, terkadang penggunaan rincian yang terlalu banyak dalam sebuah ikon tidaklah diperlukan. Beberapa rincian dapat menghasilkan gangguan visual dan mempengaruhi pengalaman pengguna, contohnya seperti: 
 
  • Menggunakan kata yang tidak penting dan mengulang nama atau memberitahu pengguna apa yang harus mereka lakukan dengan aplikasi Anda. Contohnya seperti “Watch”, “Play”, atau kata promosional seperti “free.” Gunakanlah kata yang penting atau bagian dari logo Anda. 

  • Memasukkan rincian fotografi. Hal ini dikarenakan keberadaannya sangat sulit dilihat dalam ukuran kecil.

  • Menggunakan perspektif 3D pada ikon aplikasi. Hal ini dikarenakan penggunaannya beserta dengan bayangan dapat membuat ikon tersebut sulit dilihat. 

Keseimbangan dalam rincian penting dalam membuat ikon Anda jelas dan intuitif. Saat Anda menggunakan objek tertentu sebagai ikon Anda, pilihlah beberapa karakteristik umum dari keseluruhan objek dan tinggalkan rincian lainnya yang tidak terlalu penting. Rancang desain ikon yang mengacu pada titik tertentu yang dapat menangkap perhatian dan mengidentifikasikan aplikasi Anda secara langsung.  
 
Uji Ikon Anda Dalam Berbagai Latar Belakang
 
Merancang desain ikon yang mudah dikenali dan minimalis bukanlah akhir dari keseluruhan proses. Seperti banyak objek UI lainnya, pengujian dalam pembuatan setiap elemen UI merupakan keharusan. Anda tidak dapat memprediksi apa saja wallpaper yang pengguna gunakan dalam perangkat mereka, karena itulah Anda perlu mengujinya dengan berbagai latar belakang yang berbeda. 
 
Beberapa tips yang dapat kami berikan mengenai hal ini:
 
  • Jangan membuat ikon yang dapat menyatu dengan latar belakangnya.

  • Jangan membuat pengguna kesulitan untuk mencari ikon aplikasi Anda. 

  • Jangan membuat ikon yang mengacaukan latar belakang - hindari transparansi, dan pastikan bahwa ikon Anda agak buram.

  • Jangan gunakan ikon transparan.

Cobalah ikon Anda dan tempatkan pada perangkat yang memiliki latar belakang dinamis yang mengganti perspektifnya ketika perangkat tersebut dipindahkan.
 
Sekarang,ketika Anda sudah lebih memahami bagaimana cara yang tepat untuk meningkatkan desain ikon dari aplikasi Anda, ini saat yang tepat untuk menerapkannya. 
 
Anda baru saja ingin menggunakan aplikasi sebagai salah satu metode bisnis Anda? Kami dapat membantu Anda. 
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di JakartaAtau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
Article Reference: Nick Babich

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon