Image

QUICK CONTACT













Image

The Role Of Storyboarding In UX Design

12 Jun 2020 by Billy Gani
Untuk membuat desain yang sesuai, desainer UX menggunakan teknik riset yang bervariasi, seperti pertanyaan kontekstual, wawancara, atau workshop. Mereka merangkum seluruh hasil penelitian ke dalam cerita, alur pengguna serta mengkomunikasikan pemikiran dan solusi mereka kepada tim dengan hasil seperti persona dan gambar rangka (wireframe). Tetapi, ada orang-orang nyata dibalik kenyataan tentang untuk siapa produk ini dirancang. Untuk menciptakan produk yang lebih baik, desainer harus memahami apa yang terjadi di dunia pengguna dan memahami bagaimana produk mereka dapat membuat kehidupan pengguna lebih baik. Dan disitulah storyboard berperan.
 
Dalam artikel ini, kita akan berfokus pada penggunaan papan cerita (storyboards) dalam mengeksplor solusi untuk permasalahan UX, dan juga mengkomunikasikan masalah dan solusi ini kepada orang lain.
 
Storyboards merupakan urutan ilustrasi linier, yang disusun bersamaan untuk memvisualisasikan sebuah cerita. Sebagai alat, storyboard datang dari produksi film. Contohnya Walt Disney Studio yang dikenal sebagai studio yang mempopulerkan storyboard dengan menggunakan sketsa dari berbagai kerangka sejak 1920. Storyboard membantu animator Disney untuk membuat dunia dalam film sebelum secara nyata membangunnya. 
 
Cerita merupakan salah satu bentuk yang kuat dalam menyampaikan informasi karena beberapa alasan seperti:
 
  • Visualisasi  - Sebuah gambar berbicara akan ratusan kata. Mengilustrasikan sebuah konsep atau ide dapat membantu orang untuk lebih memahaminya. Sebuah gambar dapat berbicara dengan lebih kuat hanya dengan memberikan kata-kata dengan banyak lapisan arti di dalamnya. 

  • Memorabilitas - Cerita 22x lebih mudah diingat dibandingkan dengan fakta yang sederhana. 

  • Empati - Storyboards membantu orang untuk lebih terkait dengan cerita tertentu. Sebagai manusia, kita biasanya berempati pada karakter yang memiliki tantangan serupa dengan apa yang kita rasakan di dunia nyata. Dan saat designer menggambar storyboard, mereka terkadang memasukkan karakter tersebut dengan emosi yang mereka rasakan. 

  • Keterlibatan - Cerita dapat menarik perhatian. Orang memiliki kecenderungan untuk merespon cerita: mereka senantiasa penasaran tentang sebuah cerita dan ingin terlibat untuk melihat apa yang akan terjadi kedepannya. 

Storyboard dalam UX dapat menjadi alat yang memprediksi visual dan mengeksplorasi pengalaman pengguna dengan sebuah produk. Kehadirannya mempresentasikan sebuah produk seperti dalam sebuah film dalam rangka melihat bagaimana pengguna dapat menggunakannya. Hal ini dapat membantu designer UX untuk memahami alur interaksi pengguna dengan produk tersebut dari waktu ke waktu dan memberikan wawasan yang jelas tentang apa yang penting di mata pengguna. 
 
Mengapa StoryTelling Penting Dalam UX?
 
Cerita merupakan salah satu cara yang efektif dan tidak sulit untuk ditangkap, dimengerti, dan dieksplor dalam proses desain. Dalam desain UX, teknik ini memiliki beberapa manfaat seperti:
 
  • Pendekatan Desain Yang Berfokus Pada Manusia
Storyboard dapat menempatkan setiap orang dalam jantung dari setiap proses desain. Kehadirannya meletakkan sisi humanis dalam setiap data analisis dan penelitian. 
 
  • Memaksa Anda Untuk Berpikir Dengan Alur Pengguna
Desainer dapat berjalan dengan sepatu penggunanya dan melihat produk dalam skenario yang sama. Hal ini membantu desainer untuk memahami skenario interaksi yang ada, serta untuk menguji hipotesis tentang skenario potensial yang mungkin terjadi.
 
  • Memprioritaskan Hal Penting
Storyboard juga dapat mengungkapkan untuk apa saja Anda mengeluarkan uang. Karena kehadirannya, Anda dapat memotong banyak pekerjaan yang tidak perlu.
 
  • Membuat Metode “Pitch & Critique”
Storyboarding adalah kegiatan berbasis tim, dan semua orang di tim dapat berkontribusi di dalamnya (bukan hanya desainer). Mirip dengan industri film, setiap adegan harus dapat dikritisi oleh semua anggota tim. Dengan menggunakan pendekatan yang bersifat storytelling, kolaborasi dapat terjadi, dan menghasilkan gambar yang lebih jelas tentang apa yang sedang dirancang. Hal ini dapat memicu konsep desain baru.
 
  • Pengulangan Yang Sederhana

Storyboard sangat bergantung pada pendekatan berulang. Membuat sketsa dapat memungkinkan para designer untuk bereksperimen dengan biaya yang kecil dalam menguji beberapa konsep desain pada saat yang bersamaan. Desainer dapat datang dengan solusi baru yang relatif cepat. Tidak ada yang terlalu terikat pada ide-ide yang dihasilkan karena ide-ide tersebut dapat berganti dengan sangat cepat.
 
Storyboard merupakan instrumen yang baik untuk mendapatkan ide. Dalam desain UX, storyboard membentuk perjalanan pengguna dan karakter (persona). Penggunaannya dapat membantu desainer untuk merangkai kepribadian, cerita pengguna dan berbagai temuan penelitian untuk mengembangkan apa saja yang diperlukan dari sebuah produk. Kombinasi antara gambar dan kata yang mudah dikenali bahkan dapat membuat ide yang paling kompleks menjadi lebih jelas.
 
Kapan Storyboarding Dapat Dimanfaatkan?
 
Storyboarding bermanfaat untuk desain yang partisipatif. Desain partisipatif mencakup setiap bagian (designer UI & UX,pengembang, peneliti, dsb) dalam proses desain untuk memastikan bahwa hasilnya sebaik mungkin. Dengan storyboard yang meyakinkan dan menunjukkan bagaimana solusi tersebut bekerja untuk masalah yang dihadapi, produk tersebut akan lebih menarik bagi target audiens. 
 
Dan juga, kehadirannya dapat sangat membantu saat prototipe dibuat oleh berbagai orang dalam waktu yang cukup pendek. Mengkomunikasikan keputusan desain dengan storyboard dapat sangat membantu Anda para desainer dalam tahap ini.
 
Kapan Kita Tidak Membutuhkan Storyboarding?
 
Jika setiap orang berkontribusi dalam menciptakan produk yang sudah menyebarkan pemahaman yang kuat tentang bagaimana hal tersebut dirancang dan setuju dengan arah dari desain dan pengembangannya, maka Anda sudah tidak perlu menggunakan storyboard
 
Sebelum membuat storyboard, Anda harus mengingat bahwa Anda harus mengetahui secara jelas mengapa Anda ingin melakukan hal tersebut. Jika Anda belum memiliki tujuan yang jelas, mungkin Anda dapat berakhir dengan beberapa storyboard yang menarik, tetapi tidak dapat memperluas pengetahuan Anda tentang pengalaman pengguna yang sebenarnya Anda tuju. 
 
Tujuan Utama Dari Penggunaan Storyboard Adalah Untuk Berkomunikasi
 
Saat Anda mencari storyboard secara online, hasilnya akan selalu terlihat baik. Mungkin Anda berpikir bahwa untuk menggunakannya secara benar, Anda haruslah memiliki teknik menggambar yang baik. Kabar baiknya adalah kebalikan dari hal tersebut. Seseorang yang merancang  storyboard tidaklah harus menjadi seperti Leonardo Da Vinci. Orang tersebut hanyalah perlu terampil dalam berkomunikasi. 
 
Jadi, tidak masalah jika Anda bukanlah seorang ilustrator yang terampil. Yang jauh lebih penting adalah kisah aktual yang ingin Anda ceritakan. Jelas dalam menyampaikan informasi adalah kuncinya. Perlu diingat bahwa keterampilan utama seorang desainer bukan diukur dalam menggunakan Photoshop atau Sketch, tetapi lebih merupakan kemampuan untuk merumuskan dan menggambarkan skenario.
 
Sudahkah Anda menggunakan storyboard sebagai salah satu alat dalam merancang produk digital? Atau bahkan Anda tidak mengerti sama sekali tetapi ingin meluncurkan produk secara digital? Kami dapat membantu anda.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di JakartaAtau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon