Image

QUICK CONTACT













Image

5 Advertising Basics You Can Apply in UI Design

29 May 2020 by Billy Gani

Periklanan saat ini bukanlah hanya sebuah aktivitas - tetapi juga sebuah seni, analisa, dan juga bisa disebut pengetahuan. Dan untuk bidang desain website dan aplikasi, terutama di bagian pengalaman pengguna dan desain antarmuka, praktek periklanan memiliki banyak tips, aturan, dan trik yang dapat diambil, dipertimbangkan, dan diterapkan oleh para desainer sehingga produk mereka menjadi efisien, diinginkan, dan berguna.

Sejak kedua bidang ini menciptakan produk yang berfokus pada konsumen, banyak kategori di dalamnya yang bergantung pada pertemuan antara psikologi, sosiologi, dan linguistik. 

Salah satu alasan untuk mempertimbangkan prinsip dari industri periklanan ini untuk desain dari website dan aplikasi adalah karena sebagian besar prinsip tersebut sudah diterapkan kepada beberapa generasi dari konsumen. Hal ini mengartikan bahwa saat beberapa kali tes dilakukan, fitur penting di dalamnya memberikan gambaran dari kebiasaan dan psikologi pengguna, yang penting digunakan saat kita menganalisa pengalaman pengguna dan tampilan antarmuka. 

Saat berbicara tentang iklan, tentunya Anda pernah mendengar nama salah satu pemasar iklan yang paling terkenal di seluruh dunia dan penulis buku yang disebut dengan kitab periklanan adalah David Ogilvy. Dengan pengalamannya, kini ia berbagi beberapa tips yang dapat Anda gunakan dalam periklanan untuk merancang desain UI / UX yang tepat untuk website dan aplikasi Anda.

Iklankan Hal Yang Unik Dari Merek Anda

Untuk memproduksi kampanye iklan yang sukses, tentunya Anda dapat mengiklankan produk yang unik bagi konsumen. Namun, dengan semakin banyaknya pengembangan yang kekurangan hal unik akhir-akhir ini, ada beberapa trik yang dapat dilakukan seperti: menemukan sesuatu yang unik tentang produk dan membuat pelanggan mengetahuinya; membuat produk terlihat nyata atau terasa asli. Anda dapat membuat produk yang tidak memiliki keaslian, tetapi memiliki fitur yang dibuat khusus akan membuat produk Anda menonjol di mata pengguna.

Hal ini dapat berupa fitur operasional baru, elemen desain yang menarik, elemen interaktif, atau logika pengalaman pengguna yang dipikirkan secara menyeluruh. Jika Anda merancang desain dari aplikasi kebugaran, aplikasi pembaca, atau messenger, Anda harus menyadari bahwa produk tersebut tidaklah nyata dan sangat penting untuk membuat fitur yang dapat membuat produk tersebut menonjol dari persaingan. Jika tidak, Anda mungkin tidak akan berhasil mendapatkan dan mempertahankan audiens Anda.

Ada dua hal yang harus Anda masukkan sebagai catatan yaitu analisa kompetitor dan temukan sisi unik dari produk Anda sebelum merancang desainnya. 

Jangan Buat Iklan Yang Anda Sendiri Tidak Ingin Lihat

Posisi ini mungkin agak kontradiktif jika dipindahkan ke dalam desain website atau aplikasi perangkat. Dengan menjadi seorang desainer, tentunya Anda dapat masuk dalam proyek yang bahkan tidak dapat Anda bayangkan sehubungan dengan keluarga Anda. Jujur, terkadang sulit untuk membayangkan nenek Anda membangun peradaban online atau menggunakan aplikasi kebugaran dan itu bukan alasan mengapa Anda tidak boleh terlibat dalam membuatnya. 

Namun, pesan yang ingin disampaikan disini jauh lebih luas dari yang Anda bayangkan - Dalam membuat suatu produk, berusahalah untuk mengerjakannya dengan seksama dan penuh semangat seolah-olah Anda membuatnya untuk orang-orang terdekat Anda. Dalam hal ini, Anda dapat membuat produk yang mengambil bagian dari jiwa Anda dan membuat pengguna akan merasakannya.

Kuncinya adalah, Anda tidak mungkin akan membuat produk berkualitas rendah untuk orang terdekat Anda, bukan? Jadi, jangan buat orang atau keluarga lain merasakan hal tersebut terhadap produk Anda. 

Pengguna Lebih Sering Membaca Judul Utama Dibandingkan Isi Keseluruhan Konten

Pengguna biasanya tidak membaca blok teks secara langsung, tetapi memindai halaman tersebut terlebih dahulu untuk mendapatkan kesan pertama. Dalam sebuah halaman website atau layar aplikasi, istilah “judul utama” dipindahkan menjadi beberapa tata letak elemen. Hal ini tidak hanya termasuk judul utama tersebut saja, tetapi juga elemen CTA, tautan, formulir, elemen merek (logo,nama produk) dan sebagainya. Seluruh fitur ini (teks,formulir,warna,lokasi,elemen di sekitarnya) mempengaruhi efisiensi dari produk dan respon yang Anda dapatkan dari pengguna. 

Seluruh bagian konten dari halaman produk Anda tentunya penting tetapi tidak semuanya dapat dipersepsikan dengan baik oleh pengguna. Maka dari itu, Anda dapat mengoptimalkan hal prioritas seperti judul utama dan elemen seperti tombol call-to-action (CTA) jika Anda ingin melibatkan audiens Anda ke dalam semua bagian dari konten produk Anda. 

Jangan Pernah Berhenti Memeriksa, Dan Iklan Anda Tidak Akan Berhenti Berkembang

Waktu, media, aktivitas senantiasa berubah, tetapi pentingnya pemeriksaan tidak pernah mati. Berbicara tentang desain website dan aplikasi perangkat, memproduksi produk bukanlah sebuah hasil akhir. Bukanlah hanya awalnya saja, setelah produk Anda diluncurkan, Anda senantiasa harus memeriksanya untuk tetap membuatnya berkembang menjadi lebih baik. 

Memproduksi dan mendukung sebuah website atau aplikasi tanpa memeriksanya pada pengguna nyata hanyalah menjadi sebuah teori belaka dan Anda tidak dapat mengkategorikannya sebagai usaha yang sukses. Hal ini dikarenakan pengguna belum mengetahui cara pemakaian, melakukan kesalahan, menemukan bug, dan bingung karena skema yang kompleks atau dipenuhi berbagai konten yang mereka tidak pahami. Dan juga, Anda tidak bisa mendapatkan petunjuk selanjutnya untuk meningkatkan hasil kerja Anda. 

Inti dari ini semua adalah memang tidak mudah menciptakan desain yang dekat dengan kata sempurna. Tetapi, jelasnya, hal ini tidak akan dapat Anda akses jika Anda tidak memeriksa keseluruhannya sebelum meluncurkan website atau aplikasi tersebut dan juga setelah melakukannya secara berkala.

Semakin Informatif & Berguna Produk Anda, Semakin Persuasif Kehadirannya Di Mata Pengguna

Semakin produk Anda berfungsi dengan baik dan bersifat praktis, semakin persuasif dirinya untuk dipromosikan. Tidak peduli jika Anda membuat website, halaman arahan, UI / UX untuk aplikasi seluler, semuanya akan menunjukkan hal yang sama kepada Anda - jadikan produk tersebut bermanfaat dan efisien - sehingga produk tersebut akan diinginkan dengan sendirinya tanpa butuh dipersuasikan.

Intinya adalah Anda tidak perlu menggunakan kalimat yang berlebihan untuk meyakinkan pengguna bahwa produk Anda baik dan efisien. Produk yang informatif dengan tingkat penggunaan yang juga tinggi dapat menjual dirinya sendiri. Jadikan hal ini sebagai acuan Anda. 



Sudahkah Anda menerapkannya untuk website dan aplikasi perangkat yang bisnis Anda miliki? Atau Anda masih bingung untuk menggunakan kedua produk digital ini dalam mengembangkan bisnis Anda? Jangan khawatir. 

Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.

Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.

Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

Reference: Tubik Studio





CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon