Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Cara Meteran Air Pintar Dalam Mengelola Pengeluaran Air Untuk Rumah Anda

20 May 2020 by Billy Gani

Dalam musim yang cenderung kering ini, meteran air yang pintar dapat menjadi salah satu alat untuk menghemat suplai air terutama dalam rumah Anda. Meteran pintar mungkin lebih berguna untuk sektor air daripada untuk sektor energi,

Instalasi meteran pintar telah menghasilkan banyak manfaat, baik secara operasional maupun di sisi pelanggan. Selain penghematan yang jelas dari berkurangnya kebutuhan untuk pembacaan meteran di lokasi, kemampuan untuk mengidentifikasinya yang tidak hanya berupa volume konsumsi air tetapi juga waktu konsumsi memiliki manfaat signifikan, terutama bagi pelanggan, Hal ini mungkin menjadi kunci untuk peningkatan upaya dari konservasi air di rumah Anda.

Maka dari itu, berikut ini beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan jika memasang meteran air pintar dalam rumah anda.

Dapat Mengurangi Tingkat Kebocoran 

Semua program meteran air pintar menyediakan fitur pendeteksi kebocoran secara otomatis. Menurut algoritma yang mereka miliki, pada titik tertentu dalam periode 24 jam untuk jangka waktu yang ditentukan oleh utilitas air, konsumsi air Anda harus turun menjadi nol. 

Jika penggunaan Anda tidak pernah turun ke nol, akun Anda dapat ditandai sebagai pemberitahuan operator utilitas. Ada algoritma korektif yang dapat memperhitungkan penggunaan pendingin jika hal tersebut menjadi masalah di area utilitas.

Meteran air yang pintar mengumpulkan data konsumsi air dengan rentang waktunya lalu mentransfer informasi tersebut kedalam utilitas. Hal ini dapat berupa komunikasi satu arah ke utilitas (AMR - pembacaan meter otomatis) atau komunikasi dua arah antara utilitas dan meteran pintar individu (AMI - infrastruktur pengukuran lanjutan).

Membatasi Penyiraman Di Luar Ruangan

Upaya konservasi air lainnya adalah membatasi penyiraman di luar ruangan hingga hari-hari yang telah ditentukan, seperti hanya pada hari Selasa atau Kamis, dan sebagainya. Pelaksanaan tindakan ini sulit dilakukan tanpa meteran air pintar dan memerlukan biaya yang besar, karena Anda harus memeriksa lokasi secara langsung dan berkala. Dengan data dari meteran air yang pintar, Anda dapat menyiram pada hari-hari tertentu saja tanpa repot.

Pembatasan Waktu Penggunaan

Salah satu program konservasi air yang populer adalah membatasi penyiraman di luar ruangan di siang atau sore hari. Pelaksanaan program ini memiliki masalah yang sama dengan program pembatasan penyiraman luar ruangan, tetapi data konsumsi air interval dapat dengan cepat mengidentifikasi jika Anda yang tidak berpartisipasi.

Identifikasi Pelanggan Yang Tidak Efisien

Teknologi air memiliki pola penggunaan air yang dapat diidentifikasi. Misalnya, toilet menggunakan air dengan lebih cepat, sedangkan mesin pencuci piring dan pencuci pakaian menyebarkan penggunaan air dalam jangka waktu yang jauh lebih lama. Dengan mengetahui waktu dan volume penggunaan air Anda, sebuah meteran air dapat menganalisis berbagai penggunaan air dan, secara teoritis, mengidentifikasi inefisiensi khusus dari Anda seperti toilet dengan penggunaan air tinggi. Meteran air pintar dapat memberikan alat yang sangat berguna untuk membantu Anda mengidentifikasi di mana saja tempat Anda menggunakan air dan cara-cara untuk mengurangi penggunaan air itu.

Verifikasi Investasi Air Yang Dihemat

Akses ke data penggunaan air Anda yang berbeda-beda dapat memberikan umpan balik langsung tentang efektivitas investasi dari penghematan air yang Anda lakukan. Misalnya, Anda dapat membandingkan konsumsi air satu jam sebelum dan sesudah perubahan dari alat penyiram air. Hal ini merupakan ilustrasi grafis tentang jumlah air yang dihemat melalui konversi meteran air Anda,

Notifikasi Berkala Tentang Upaya Penghematan Air

Sangat sulit untuk mendapatkan tanggapan yang tepat waktu terhadap program konservasi menggunakan penagihan air bulanan secara tradisional. Apa yang tagihan tradisional ini katakan kepada Anda hanyalah seberapa banyak air yang Anda gunakan lebih dari sebulan yang lalu. Tagihan tersebut tidak memungkinkan Anda untuk melacak penggunaan air dan menyesuaikan konsumsi air dalam memenuhi upaya penghematan yang ditentukan sebelumnya, seperti yang dapat meteran air pintar lakukan.



Di musim yang kurang pasokan air ini, memungkinkan diri Anda untuk memahami bagaimana penggunaan air serta seberapa banyak yang Anda gunakan sangat penting. Disinilah meteran air pintar bekerja sebagai pemberi informasi yang memberitahu Anda ketika berpartisipasi dalam penghematan air dengan benar, memberitahu ketika Anda mendekati batas konsumsi air, mengidentifikasi kebocoran di sisi meteran air, menunjukkan kepada Anda di mana saja penggunaan air di rumah, dan menyarankan pilihan perilaku untuk mengurangi konsumsi air Anda.

Jika Anda ingin menggunakan meteran air yang cerdas dalam membantu anda mengelola kebutuhan air dalam rumah Anda tetapi khawatir dengan harga pemasangan yang mahal, jangan khawatir. 

PT Ferindo Energi Instrumen merupakan salah satu pemegang merek Flow Meter Solar dan meteran air Flow Controls berkualitas dengan harga yang bersahabat di Indonesia. Ferindo juga menyediakan berbagai merk water meter berkualitas di Jakarta.
Tak hanya itu, Ferindo juga beroperasi dalam hal distribusi dan suplai Flow Meter LC, Solar, dan Water Meter Amico yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ferindo juga merupakan authorized genuine water meter dan Amico supplier authorized seller Flow Meter Liquid Controls di Indonesia yang sudah teruji kualitasnya.




Reference: WaterOnline

 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm