Image

QUICK CONTACT













Image

5 Tips for Creating Effective E-Commerce Copy

19 May 2020 by Billy Gani

Hampir sebanyak 98% copy dalam e-commerce menghadirkan konversi langsung ke dalam website Anda. Sebagai pemilik bisnis, tentunya kadang Anda lelah dan dibatasi waktu serta kekurangan sumber daya. Anda menjadi akuntan, programmer, dan orang yang menjual langsung produk dari bisnis Anda. Tetapi, bagaimana jika kami memberitahu Anda bahwa memproduksi teks atau copy dapat membantu Anda untuk berhubungan langsung dengan konsumen ideal, membangun kepercayaan akan merek Anda dan mempengaruhi orang untuk menekan, menyebarkan dan membeli produk Anda?

Kabar baiknya adalah, anda sudah memiliki salah satu wawasan baru yang dapat membantu Anda untuk menciptakan pesan yang kuat. Anda tentunya mengetahui konsumen produk Anda lebih dari siapapun. Maka dari itu, berikut ini kami bagikan beberapa tips untuk membuat copy yang menarik dan sangat menjual dengan hanya berdasarkan pengetahuan Anda tentang konsumen:

1. Jadilah Konsumen Anda

“Jika Anda tidak dapat mengubah diri Anda menjadi konsumen, mungkin Anda seharusnya tidak berada dalam bisnis periklanan sama sekali.” Kata tersebut dilontarkan oleh copywriter ternama, David Ogilvy. Dan hal tersebut benar adanya. Jaga konsumen Anda agar tetap menjadi dasar dari copy yang Anda buat untuk memproduksi merek yang menarik perhatian, mempengaruhi, dan tentunya menjual produk atau layanan yang Anda berikan. Membuat kepribadian yang kuat dari luar dapat membantu Anda membuka kunci akan keinginan, ketakutan dan motivasi yang dimiliki oleh konsumen. 

Bagaimana Cara Melakukannya?

Pilihlah salah satu konsumen ideal dan sketsalah kepribadian dasarnya, lalu masukkan ke dalam pilihan rinci seperti umur, jenis kelamin, tujuan dan karir. Setelah itu, Anda dapat menyempurnakan profil mereka dengan menjawab pertanyaan yang lebih dalam seperti “Apa saja tantangan yang mereka lewati setiap harinya? Apa saja yang ia inginkan lebih dari hal lain? Apa yang membuat hidupnya lebih mudah?” dan sebagainya. 

Sebelum Anda mulai menulis copy, Anda dapat membacanya melalui kepribadian Anda. Lalu berpikir seperti apa yang konsumen Anda pikirkan. 

2. Ikuti Bahasa Mereka

Sebagai seorang copywriter, Anda tentunya dapat menjadi orang pertama yang menjual produk dan layanan yang Anda miliki kepada konsumen. Dan apa yang dapat Anda lakukan secara efektif? Tentunya Anda mendengarkan, mengikuti dan mengadopsi tone dari konsumen Anda bukan? 

Cobalah untuk membangun koneksi yang lebih dalam dengan konsumen dari merek Anda melalui tone yang konversasional dan lebih dalam. 

Bagaimana Cara Melakukannya?

Bayangkan sebuah percakapan antara konsumen Anda dan temannya. Tuliskan beberapa frasa yang menurut Anda dapat ia gunakan untuk mendeskripsikan produk Anda. Cobalah berpikir tentang “Tone apa yang ia gunakan? Apa kata yang ia gunakan? Apa lelucon yang dia sampaikan? Dan sebagainya. Anda dapat mencoba memasukkan frasa yang lucu dan jujur serta memilih kata yang terasa paling relevan dan nyata untuk audiens Anda. 

3. Anda Ingin Mereka Bertindak? Gunakan Tindakan

Jika Anda ingin konsumen Anda untuk mengambil tindakan, cobalah beritahukan mereka apa yang harus mereka lakukan. Ya, hal ini mengartikan bahwa Anda dapat memilih kata kerja yang kuat dan spesifik dibandingkan dengan menggunakan kata sifat yang umum. Menurut studi yang dilakukan oleh L’Axelle, membuat copy yang memiliki orientasi tindakan dapat membuat hampir 93% orang akan menekan sesuatu.

Bagaimana Cara Melakukannya?

Apakah Anda masih berpikir seperti konsumen Anda? Bagus. Anda memiliki izin untuk berkonsultasi dengan Google untuk melihat daftar dari kata kerja yang kuat. Tetapi, sebelum Anda memilih, pikirkan kembali. Ingatlah bahwa kekuatan sebuah kata bergantung hanya pada bagaimana konsumen merespon hal tersebut. Kata seperti ‘Bertindak’, Tercapai, ‘Klik’, ‘Beli’, dan ‘Ambil’ mungkin dapat bekerja untuk kompetitor anda dalam E-Commerce. Tetapi, bukan berarti mereka akan terinspirasi untuk bertindak, bukan? 

Gunakan salah satu kata kerja, ubah, lalu periksa kembali. Itulah keindahan dari sebuah website E-Commerce, Anda tidak perlu menebak-nebak. Hal ini lebih baik untuk dilakukan jika dibandingkan dengan mengikuti klik dari pelanggan, tarif drop-off dan transaksi biasa. Dan juga,  jangan takut untuk melakukan perubahan di mana diperlukan.

4. Pertimbangkan Waktu Mereka

Haruskah Anda bertahan atau tidak? Menurut studi dari Nielsen Norman Group, kebanyakan pelanggan menentukan apakah mereka akan bertahan dalam halaman produk Anda atau tidak hanya dalam 10 - 20 detik pertama mereka membukanya. Mereka memindai halaman tersebut dengan sangat cepat dan mengidentifikasikan nilai dari produk Anda. Apakah Anda sudah membuat penawaran Anda terlihat jelas? Cara yang paling mudah untuk senantiasa menerapkannya adalah membuat copy yang mudah dibaca, dipindai dan menarik perhatian mereka.

Bagaimana Cara Melakukannya?

Hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah bagaimana caranya agar perhatian pelanggan tertuju pada halaman yang Anda miliki. Penting untuk mempertimbangkan elemen seperti spasi dan format. Anda dapat menggunakan titik poin untuk menjabarkan teks dalam konten Anda atau memasukkan proposisi nilai produk Anda dalam judul utama konten. Setelah itu, anda dapat menanyakan respon balik dari tim atau teman Anda untuk melihatnya sekilas untuk memastikan bahwa pesan Anda teridentifikasi secara langsung. 

5. Jual Secara Langsung Kepada Pelanggan Anda

Menurut studi dari KISSMetrics, menambahkan ulasan ke dalam halaman produk dapat meningkatkan konversi hingga hampir sebanyak 35%.  Menetapkan kepercayaan pelanggan merupakan hal yang penting. Karena mereka tidak dapat memegang secara langsung produk Anda di tangan mereka, tentunya mereka perlu yakin akan keaslian dan keinginan mereka sebelum membelinya. Sudah menjadi tugas Anda untuk membantu mereka agar percaya pada produk Anda.

Bagaimana Cara Melakukannya?

Anda dapat membangun kepercayaan dengan membuat copy  yang jelas, akurat dan jujur. Hal ini mengartikan bahwa Anda harus menghilangkan apapun seperti jargon yang berlebihan yang memiliki potensi untuk membingungkan pelanggan Anda. Jangan membuat klaim apapun yang belum tentu dapat Anda lakukan dan jangan membuat janji apapun yang tidak dapat Anda tepati (termasuk ekspektasi waktu pengiriman). Transparansi merupakan hadiah terbaik untuk pelanggan dari produk Anda. Tetapi, hal yang terbaik adalah Anda bisa mendapatkan hadiah dari mereka berupa loyalitas dan penjualan.



Jika Anda sudah lebih memahami bagaimana cara yang tepat untuk membuat copy yang menarik perhatian pelanggan serta meningkatkan konversi penjualan Anda, kini saatnya Anda menerapkannya ke dalam website e-commerce Anda. 

Anda baru saja ingin mulai membuat bisnis Anda menggunakan website e-commerce untuk meningkatkan kesadaran pelanggan tentang produk dan layanan yang Anda tawarkan? Masih bingung bagaimana cara memulai penggunaan website e-commerce yang tepat untuk bisnis Anda? Jangan khawatir. 

Eannovate hadir untuk memberikan layanan e-commerce website development yang profesional & berkualitas di Jakarta, Indonesia. Dilengkapi dengan Custom UI / UX Design, Optimized CMS, Online Shop, dan Shopping Cart Web Development terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda.

Selain itu, Eannovate juga hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.

Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 

Jika Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.

Selain itu, jika ada pertanyaan mengenai e-commerce website development, SEO Digital Marketing, aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

 

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

 

Reference: eCommerce Lift





AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm