Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Bahan Kemasan Makanan Yang Ramah Bagi Lingkungan

19 May 2020 by Billy Gani

Bagi Anda yang memiliki usaha dalam industri makanan, menyajikan kemasan yang berkualitas sangatlah penting. Hal ini dikarenakan kemasan tersebut berguna untuk membuat produk makanan menjadi lebih menarik perhatian dan juga memudahkan konsumen untuk membawanya. Tidak hanya itu, bahkan beberapa merek membuat cetakan kemasan mereka menjadi lebih aman untuk dikonsumsi, seperti tidak licin ketika dipegang dan tidak mudah jatuh. Oleh karena itu, cetakan kemasan makanan haruslah dirancang sesuai dengan kualitas makanan serta desain yang juga menarik tanpa menghilangkan fungsi utamanya yaitu mudah untuk dibawa.

Berbicara mengenai kemasan, bahan yang paling banyak digunakan saat ini masih berkutat pada plastik, kertas dan styrofoam. Padahal, kampanye mengenai kelestarian lingkungan kerap digaungkan. Sebagai generasi yang peduli dengan lingkungan, sebaiknya Anda juga memperhatikan kelestarian lingkungan sebagai bentuk investasi hidup terbesar di masa depan. Anda dapat memulainya dengan tidak mengabaikan bahan kemasan dari produk Anda. 

Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan saat mencetak kemasan produk Anda khususnya jika bergerak dalam industri kuliner. Lantas, bahan-bahan kemasan apa saja yang perlu diperhatikan?

Bahan Kemasan Kertas

Salah satu bahan yang kerap digunakan untuk mencetak kemasan khususnya makanan adalah kertas. Bahan ini cenderung murah dan mudah untuk didapatkan di mana saja di seluruh Indonesia. Namun kertas juga dapat menjadi pisau bermata dua jika bahan kertas yang digunakan berupa kertas daur ulang.

Mengapa menggunakan kertas daur ulang untuk mencetak kemasan makanan dapat berbahaya? Hal ini disebabkan karena kertas daur ulang biasanya berasal dari kertas koran atau karton bekas dan masih mengandung bahan berbahaya seperti timbal dari tinta cetak, bahan perekat, lilin, dan jenis bahan kimia lainnya. Jika kertas bekas tersebut digunakan, maka dikhawatirkan dapat menimbulkan potensi kanker bagi orang yang mengkonsumsi produk khususnya makanan dalam kemasan tersebut.

Untuk mencegah hal seperti ini terjadi, Anda dapat menggunakan kertas dari serat-serat alami yang biasanya masih berwarna putih bersih. Hal ini, dapat mencegah timbulnya masalah kesehatan pada konsumen dari produk Anda khususnya jika Anda berada pada industri makanan. 

Bahan Kemasan Plastik

Selain kertas, plastik kerap digunakan untuk menjadi material dalam mencetak kemasan makanan. Selain sifatnya yang mudah dibentuk, plastik juga dinilai dapat membuat kemasan makanan terlihat lebih bersih dan menarik.

Namun, tidak sembarang plastik dapat digunakan untuk mencetak kemasan khususnya makanan. Pastikan bahwa Anda selalu memperhatikan kode lambang segitiga yang biasanya berada di bagian bawah kemasan. Hal ini dikarenakan setiap  jenis plastik memiliki reaksi yang berbeda terhadap suhu khususnya panas.

Jenis-jenis plastik yang dapat digunakan untuk mencetak kemasan makanan adalah Polietilena Tereftalat (PET) dengan kode 1; Polietilena Berdensitas Tinggi/High Density Polyethylene (HDPE) dengan kode 2; Polivinil Klorida (PVC) dengan kode 3; Polietilena Berdensitas Rendah/ Low Density Polyethylene (LDPE) dengan kode 4; Polipropilena (PP) dengan kode 5; Polistirena (PS) dengan kode 6; dan yang terakhir adalah Polikarbonat (PC) dengan kode 7. 

Bahan Kemasan Styrofoam

Bahan terakhir yang kerap digunakan adalah styrofoam. Perlu diketahui, styrofoam sendiri sebenarnya adalah nama dagang dari perusahaan Dow Chemical dari Amerika Serikat untuk produk polistirena busa.

Kendati styrofoam banyak digunakan karena harganya yang cenderung murah, material ini tidak disarankan untuk dipakai secara berkala. Pasalnya, polistirena mengandung senyawa berbahaya seperti stirena dan benzena yang dapat menghidupkan sel kanker dalam tubuh manusia. Saat terkena makanan atau minuman yang panas, sebagian polistirena mengalami kerusakan dan terurai, sehingga dapat menyebabkan senyawa berbahaya tersebut berpindah ke dalam tubuh. Hal tersebut tentu berbahaya untuk kesehatan dari konsumen produk Anda.

 

Selain memperhatikan keamanan bahan kemasan, ada baiknya jika anda tidak melupakan estetika visual serta cetakan desain kemasan yang berkualitas. Jika Anda sudah memiliki ide yang kreatif tentang bagaimana kemasan produk Anda khususnya makanan dan memerlukan digital printing yang berkualitas dengan harga terjangkau untuk merealisasikannya, jangan khawatir!

 

Instaprint dapat menjadi solusi atas permasalahan Anda. Jika Anda berdomisili di area Tangerang dan sedang mencari percetakan digital di daerah Serpong, Bintaro, atau Tangerang Selatan yang berkualitas serta menawarkan harga terjangkau, Instaprint solusi Anda.

Mulai dari cetak stiker, kartu nama bisnis, buku tahunan, tugas kuliah seperti skripsi, paper, sampai ke pembuatan banner, spanduk, dan kebutuhan kantor lainnya, Instaprint dapat membantu Anda. Tidak hanya di Tangerang, Instaprint juga berada di daerah Jakarta Barat khususnya Cengkareng.

Jauh dan tidak bisa keluar rumah karena sedang PSBB? Tenang saja. Anda tetap dapat mencetak hasil desain kemasan tanpa harus pergi langsung ke Gading Serpong, Bintaro, atau pun Cengkareng. Anda cukup buka website nya, order dan submit desain yang ingin Anda cetak, kemudian pilih cara pengiriman yang juga bervariasi. Dijamin, hasil desain Anda langsung selesai dicetak dan sampai ke tangan dengan dikirim melalui ekspedisi seperti JNE atau kalau mau lebih cepat lagi bisa lewat GoJek.

 

 

 

Reference: PrintQoe 

 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm