Image

QUICK CONTACT













Image

Making SEO & User Experience Work Together

12 May 2020 by Billy Gani

Kami menyadari bahwa membantu bisnis melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mencapai, menarik, dan mengubah target audiens mereka bahkan lebih penting daripada peringkat mesin pencari. Tapi kita bukan satu-satunya yang berkembang seperti itu. Mesin pencari juga senantiasa berkembang. Para spammer selalu mencari cara terendah untuk masuk (dan cara untuk mencapai peringkat) dengan kekuatan besar yang menyerang mesin pencari. Hal ini memaksa mesin pencari untuk menaikkan standar mereka, yang kemudian memaksa para praktisi SEO juga untuk menaikkan strategi mereka.

Siklus ini berulang dari tahun ke tahun di mana kita berada sekarang. Dan untuk itu, mesin pencari dapat berterima kasih kepada Anda. Tetapi, praktisi SEO yang cerdas adalah mereka yang berada di depan mesin pencari jauh sebelum algoritma baru diluncurkan. Contohnya seperti Panda, Penguin, Hummingbird, dan semua pembaruan algoritma lainnya yang tidak memiliki dampak pada pemasar online yang berfokus pada pemasaran website klien mereka.

Mereka yang masih mencari cara mudah untuk mendapatkan peringkat mendapat tantangan besar,berkali-kali dalam perjalanannya. Namun, segelintir praktisi SEO yang cerdas selama bertahun-tahun melaju melalui setiap pembaruan algoritma seperti yang diharapkan. 

Anda mungkin sibuk bekerja untuk mencapai tujuan klien Anda daripada bekerja untuk meningkatkan peringkat yang belum tentu berperan dalam mencapai apa yang mereka inginkan: Pertumbuhan. Dan agar bisnis apa pun dapat tumbuh, mereka harus berfokus pada pelanggan mereka terlebih dahulu.

Pengalaman Pengguna (UX) Sangat Krusial Dalam SEO

Ada sekian banyak bidang pengoptimalan UX yang membutuhkan tingkat pemahaman lebih. Tetapi, tidaklah semua praktisi SEO harus paham secara mendalam tentang UX. Namun, tentunya mereka harus memahami hal dasar dari prinsip UX. Optimasi UX senantiasa berfokus pada pengunjungnya. Apapun yang Anda lakukan dalam pemasaran melalui website haruslah memikirkan tentang pengguna terlebih dahulu. 

Ya, Anda mungkin melakukan hal-hal tertentu untuk mesin pencari, tetapi mesin pencari (hampir selalu) membutuhkan hal-hal tersebut karena mereka telah mempelajari apa yang diinginkan pengguna (pencari) mereka. Mesin pencari memiliki beberapa operasi penyimpanan data yang canggih di dunia. Mereka tidak hanya membantu orang menemukan apa yang mereka inginkan; tetapi juga mengumpulkan data yang membantu mereka memahami perilaku pengguna. Dari data tersebut, algoritma dapat memberikan lebih banyak apa yang diinginkan dan sedikit data yang tidak diinginkan oleh pengguna.

Hal ini mengindikasikan bahwa orang melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan pencari memiliki peluang lebih baik untuk mendarat di halaman pertama hasil pencarian. Dalam hal ini, apapun yang Anda lakukan untuk mesin pencari, Anda lakukan untuk para pencarinya (pengguna).

Meskipun demikian, pengalaman pengguna (UX) bukanlah hanya sekedar produk SEO. Anda tentunya tidak memperhatikan UX hanya karena mesin pencari membuat Anda melakukannya. Praktisi SEO yang bijak akan bergerak diatas seluruh kebutuhan dari Google atau mesin pencari lainnya dan senantiasa mencari cara untuk meningkatkan pengalaman bagi pengguna mereka secara keseluruhan. 

Salah satu alasannya adalah bahwa mesin pencari hanya dapat menyediakan beberapa aspek tertentu dari perilaku pengguna. Jika mereka melihat pentalan yang kuat dari hasil pencarian setelah memasuki website Anda, mereka hanya tau bahwa pengguna kembali secara langsung setelah menekan website Anda, mereka tidak tahu mengapa. Pentalan tersebut dapat menjadi hasil dari satu hingga 10 hal yang salah dari website Anda. Hal ini tidak berpengaruh bagi mesin pencarian karena mereka hanya melihat pentalan tersebut dan mungkin faktor tentang seberapa baik Anda dalam peringkat mereka. 

Tugas Anda sebagai praktisi SEO adalah untuk menentukan apa yang menghasilkan perilaku ini dan mencari tahu cara yang lebih baik untuk menyajikan hasil yang lebih relevan untuk pengguna secara keseluruhan.

Seperti yang kami katakan di atas, Anda tidak perlu menjadi pakar UX untuk mengambil langkah kuat dalam memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik yang melengkapi upaya SEO Anda.

Bahkan, tempat terbaik untuk memulai adalah dengan kebijaksanaan konvensional. Sebelum kita masuk ke beberapa praktik semi-universal untuk SEO / UX, perlu diingat bahwa tidak semua "praktik terbaik" akan menjadi hal terbaik untuk Anda, industri Anda, atau pengunjung Anda.

Riset Kata Kunci

Titik dasar dari hampir setiap pemasaran online adalah riset kata kunci. Hal ini mempengaruhi segala aspek mulai dari desain website hingga menyampaikan pesan untuk menavigasikan konten dalam sebuah halaman. 

Setelah Anda memahami cara melakukan riset kata kunci, ada beberapa poin yang berguna untuk dipahami sebelum memutuskan kata kunci mana yang akan Anda masukkan dalam upaya pemasaran Anda secara keseluruhan.

  • Bahasa Pencarian Pengguna

Kata kunci memberikan Anda wawasan yang bernilai tentang bagaimana pengguna berpikir akan produk atau layanan yang anda berikan. Seringkali, bisnis menggunakan bahasa yang hanya diketahui dalam industri tersebut. Namun, pengguna yang mencari bukan hanya berasal dari industri tersebut dan mungkin tidak mengetahui tentang kata yang tepat dalam mendeskripsikan setiap produk atau layanan yang mereka cari. 

Riset kata kunci tidak hanya digunakan untuk mencari kata yang biasa pengguna gunakan tetapi juga masalah dan solusi yang mereka cari. Hal ini merupakan informasi bernilai yang dapat anda informasikan dalam konten anda.

  • Intensi Pengguna

Tidak setiap kata kunci atau frasa berarti apa yang mereka katakan. Sebagai contoh, jika Anda mencari dengan frasa “audit website” untuk mencari seseorang yang dapat menjalankan audit, mungkin saja hasil yang ditampilkan bisa tentang tips bagaimana melakukan audit website secara manual. Seringkali, intensi ini menjadi lebih jelas ketika Anda memasukkan frasa yang panjang, tetapi berhati-hatilah agar tidak membuat asumsi yang salah. 

Anda tentunya selalu ingin menyajikan pengguna halaman yang sama dengan intensi pengguna, bukan?

 

Sekarang, jika Anda sudah lebih memahami tentang bagaimana SEO & UX bekerja sama dalam menghasilkan website yang baik bagi pengguna, sudahkah Anda menerapkannya? Jika belum dan masih bingung untuk melaksanakannya, jangan khawatir. 

Eannovate hadir Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.

Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 

Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.

Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

 

Reference: SearchEngine Journal




AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm