Image

QUICK CONTACT













Image

5 Hal yang Perlu Disiapkan Saat Mencari Mobile App Developer

30 Apr 2020 by Billy Gani

Meningkatnya jumlah pengguna smartphone saat ini tentu menjadikan aplikasi perangkat berbasis Android maupun iOS menjadi idola baru dalam dunia pemasaran digital. Sebuah survei yang dilakukan oleh Sauro dan Zarolia (2017) membuktikan bahwa sebagian besar pengguna ponsel lebih banyak memiliki software aplikasi dibandingkan dengan membuka situs toko online, yakni dengan presentasi 51,1% berbanding 49,8%. Bahkan, kini muncul kecenderungan bagi para e-commerce untuk bertransformasi menjadi m-commerce (mobile commerce) oleh karena fungsi aplikasi perangkat yang dapat memproses transaksi secara digital dan lebih praktis seperti kartu debit, Go-Pay, OVO, atau bahkan kartu kredit. Data tersebut tentunya membuat para penyedia jasa pembuatan aplikasi perangkat (mobile apps) semakin dicari oleh para pebisnis di era digital sekarang ini.

Dalam hal ini, para mobile apps developer berperan besar dalam mengembangkan bisnis lewat aplikasi smartphone. Tanpa perlu repot memikirkan rancangan struktur dan visual, mobile app developer dapat menganalisa rancangan yang tepat hanya dengan melihat jenis usaha yang sedang Anda kembangkan. Bahkan ada beberapa mobile app developer yang menawarkan layanan dengan harga yang sangat terjangkau dengan kualitas terbaik untuk kebutuhan Anda. Jika Anda merupakan salah satu pebisnis dalam bidang UKM maupun UMKM yang tertarik untuk mengembangkan usaha melalui aplikasi mobile namun masih bingung bagaimana proses pembuatan aplikasi mobile, berikut beberapa pertanyaan yang dapat anda jawab sebelum memilih mobile app developer yang tepat untuk bisnis Anda:

Apakah Data & Informasi Tentang Ide Aplikasi / Bisnis Saya Sudah Jelas dan Lengkap?



Jika Anda baru memiliki ide terkait usaha yang akan Anda jalankan, kemungkinan besar Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu kepada pihak developer. Sebab, jika Anda tidak melakukan konsultasi terlebih dahulu, besar kemungkinan aplikasi yang hendak dibuat tidak berjalan sesuai dengan ekspektasi Anda.

Sebagai analogi, Jika hendak naik angkutan umum dari arah Bandung - Jakarta. Ketika sudah di perbatasan Jawa Barat - Jakarta, angkutan umum sudah menurunkan Anda karena Anda sudah berada di Jakarta. Namun ternyata, maksud tujuan Anda adalah turun di Bundaran HI. Secara teknis, supir angkutan umum tidak salah, sebab benar menurunkan Anda di Jakarta, namun Anda perlu menginformasikan lebih detail maksud tujuan Anda yang sebenarnya.

Sama halnya ketika Anda ingin membuat aplikasi mobile, Anda harus menyampaikan apapun yang Anda kehendaki kepada mobile app developer selama proses pembuatan aplikasi. Berikan informasi secara lengkap dan detail tentang workflow, proses, dan fitur-fitur yang ingin Anda sertakan di dalam aplikasi. Tentukan dengan jelas dimana tujuan akhir yang hendak Anda capai.
Karena itu, sangat disarankan untuk mempersiapkan terlebih dahulu data-data mengenai flow, proses, dan fitur yang ada di dalamnya pada saat dikonsultasikan kepada tim mobile app developer atau agensi yang Anda pilih.

Jika Anda sudah memiliki data-data tersebut, tentunya kinerja tim mobile app developer aplikasi Anda akan menjadi lebih mudah. Data yang sudah disiapkan akan memberikan gambaran jelas kepada mereka sehingga dapat memberikan estimasi waktu dan biaya yang lebih cepat serta efisien.

Berapa Jumlah Orang dalam Tim yang Diperlukan? Apakah Cukup dengan 1 Developer?

Berlanjut dari poin diatas, jika Anda sudah memiliki ide, alur, desain, dan data yang lengkap serta matang, Anda hanya perlu mencari developer saja untuk mengimplementasikannya menjadi aplikasi yang Anda inginkan. Namun, jika Anda masih kurang yakin dan membutuhkan bantuan untuk konsultasi lebih lanjut terkait project management dan designing, sangat disarankan untuk mencari tim mobile app secara keseluruhan mulai dari Project Manager, Designer, hingga Tester. Mereka akan membantu Anda untuk berkonsultasi mulai dari pemecahan masalah, desain aplikasi, pengerjaan development, hingga tahap testing.

Apakah Saya Memerlukan Desain untuk Mobile Apps?

Ketika sudah memiliki ide yang matang, konsep yang terstruktur, dan data yang lengkap, namun belum memiliki gambaran visual terhadap aplikasi yang hendak dibangun seringlah terjadi dalam tahap awal pembuatan mobile apps. Jika Anda mengalami masalah tersebut, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan pihak designer. Berikan informasi dan gambaran rinci tentang perusahaan atau bisnis Anda. Informasikan pesan visual yang hendak Anda sampaikan kepada audiens melalui aplikasi Anda, misalnya dengan konsep minimalis / elegan / bold, dan sebagainya. Dengan demikian, para designer akan memberikan solusi visualisasi yang tepat dan cocok untuk bisnis atau perusahaan Anda.

Apakah Source-Code Dapat Diberikan Seutuhnya kepada Saya?

Pertanyaan yang seringkali diajukan dalam pembuatan mobile app adalah apakah mobile app developer dapat memberikan source-code aplikasi kepada klien supaya klien dapat mengembangkan aplikasinya lebih lanjut? Jawabannya relatif.
Ada beberapa mobile app developer yang memang tidak memberikan source-code, ada juga yang meminta tambahan biaya, dan ada juga yang sudah termasuk di harga project.

Namun yang terpenting, ketika tim Mobile app developer dapat memberikan source-code kepada Anda, hal pertama yang harus Anda tanyakan adalah apakah pemberian source-code akan diberi biaya tambahan atau tidak. Disini, pihak developer wajib menyampaikan secara transparan mengenai biaya-biaya tambahan yang dikenakan sebelum aplikasi diluncurkan secara go-live.

Mendapatkan source-code tentu menguntungkan bagi Anda karena ketika anda berkembang dan mempunyai tim developer sendiri, tim developer akan mengembangkan dari source-code tersebut dibandingkan dengan membuat dari nol. Atau bisa juga menunjuk pengembang lain bukan pihak mobile app developer awal.

Setelah Aplikasi Diluncurkan, Siapa yang Melakukan Maintenance Aplikasi? Pihak Mobile App Developer atau Tim Saya?

Masih terdapat beberapa kasus dimana mobile app developer mengerjakan aplikasi mobile secara one-time atau hanya sampai pada tahap aplikasi sudah jadi saja, tanpa memberikan pemeliharaan (maintenance) lebih lanjut. Perlu Anda ingat bahwa masalah-masalah teknis seperti error dan bugs masih sangat mungkin Anda temui setelah aplikasi diluncurkan sekalipun. Jika anda meng-outsource-kan mobile app development ini, kemungkinan besar anda tidak memiliki tim developer in house, tentunya anda tidak bisa me-maintain aplikasi ini sendiri. Ini akan menimbulkan masalah.

Tentunya Anda tidak ingin masalah tersebut berlanjut, bukan? Karena itu, penting bagi Anda untuk menanyakan terlebih dahulu tentang masa dan syarat garansi yang diberikan sebelum anda memilih mobile app developer.

Selain garansi, tanyakan juga tentang after sales maintenance yang diberikan tim developer. Sudah seharusnya pihak mobile app developer memberikan layanan after sales maintenance dengan harga yang wajar berdasarkan persentase dari harga total proyek. Tanyakan pula apa saja yang termasuk after sales maintenance tersebut dan bagaimana SLA (Service Level Agreement) prosesnya jika Anda mengalami masalah dengan aplikasi sewaktu-waktu. Jangan sampai mobile app developer langsung lepas tangan setelah aplikasi diluncurkan go-live.

 

 

Setelah memahami lebih dalam tentang pertanyaan apa saja yang dapat Anda ajukan sebelum memilih vendor mobile app developer, kini Anda tidak perlu ragu lagi dalam memilih tim mobile app developer yang terpercaya untuk bisnis Anda. Jika anda baru memulai bisnis dan masih bingung dalam memilih jasa pembuatan aplikasi mobile berkualitas, jangan khawatir.

Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Mobile App Development di Jakarta, termasuk jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan. Kami menjamin bahwa aplikasi Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan menyediakan penanganan jika terjadi masalah pada aplikasi Anda.

Selain itu, kami juga memiliki layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Buatlah perusahaan Anda lebih dikenal oleh target audiens dengan menyerahkan layanan jasa Mobile App Development di Jakarta hanya pada Eannovate.

Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.

 

Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

 

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore),

Whatsapp : +62813-8251-8448

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm