Image

QUICK CONTACT













Image

Several Handy Tips for Your Home Page Design

24 Apr 2020 by Billy Gani

Tidak ada tempat seperti rumah, kata mereka. Dan di dunia website yang berkembang untuk semua kebutuhan dan tujuan, hal ini juga sama terjadi. Halaman beranda (homepage) memiliki beberapa fungsi: sebagai kartu undangan pengguna, titik awal perjalanan dari website, penyimpanan tautan dan data vital, serta aset strategis untuk tujuan pemasaran. 

Dalam sebagian besar kasus, seringkali sentuhan visual dan emosional pertama jatuh dalam beranda. Tidak diragukan lagi, desain adalah salah satu cara inti untuk menjadikan sentuhan ini lembut, cerdas, dan bermanfaat. Berikut ini kami bahas beberapa tips efektif untuk membuat halaman beranda Anda menjadi  ramah pengguna (user-friendly).

Informasi

Dengan semua kemajuan yang dimiliki internet saat ini, posisi ini tidak berubah: halaman beranda sering kali menentukan jika pengguna melangkah lebih jauh ke halaman lain dalam website anda. Dan hal tersebut juga tidak hanya diperoleh dari visual dan gaya website tetapi oleh informasi yang dicari oleh pengguna. Dengan menjadikannya mudah diakses, terlihat dan jelas, para desainer menumbuhkan peluang pengalaman pengguna yang positif.

Umumnya, beranda dari sebuah website termasuk beberapa data seperti:
Sifat alami website -  Halaman harus secara instan memberi informasi kepada pengguna tentang perusahaan, blog, situs web e-commerce, jejaring sosial, platform pendidikan dan sebagainya; Elemen identitas merek atau perusahaan - beranda membutuhkan presentasi visual yang dapat dikenali untuk membedakan website tersebut dari para kompetitor. Jika ada produk, perusahaan atau merek di baliknya, desain halaman web harus secara konsisten mencerminkan identitasnya; Manfaat website - Website dapat dengan cepat menginformasikan pengguna tentang mengapa website tersebut dapat bermanfaat atau menarik bagi mereka; Informasi kontak yang dapat dihubungi dan tautan media sosial; Tanda Kepercayaan - Testimoni, ulasan, kehadiran besar dalam media sosial, dan sebagainya. 

Solusi dari poin-poin diatas dapat Anda  masukkan dan sebarkan pada tata letak tertentu dalam website Anda. Dan juga, penempatannya harus bergantung pada tujuan website dan penelitian dari target audiens. Mari kita lihat beberapa tips yang efektif dalam aspek ini.

  • Isi Judul Dengan Navigasi Inti

Desain dari header website, merupakan bagian atas halaman website, yang dilihat orang sebelum bergeser ke halaman lain pada detik pertama mereka melihat website tersebut. Header dapat mencakup berbagai elemen tata letak yang bermakna, misalnya: elemen dasar identitas merek seperti logo, slogan, tagline yang mengatur tema website, tautan ke kategori inti dari konten website, tautan ke jejaring sosial, kontak dasar informasi (nomor telepon, email, dll.), pengalih bahasa jika antarmuka terdiri dari multibahasa, kolom pencarian, kolom untuk berlangganan, tautan untuk berinteraksi dengan produk yang dapat dicoba terlebih dahulu, pengunduhan dari AppStore, dan sebagainya.

Jelas, tidak mungkin untuk menempatkan semua daftar dalam satu header. Selain itu, hal ini bukanlah ide yang baik untuk meletakkan segalanya karena header yang penuh dengan beragam informasi akan mengalihkan perhatian pengguna. Itulah sebabnya anda harus memilih informasi mana yang penting untuk ditempatkan di header dan seperti informasi apa yang muncul atas dasar komunikasi yang kuat antara desainer, pemangku kepentingan, dan spesialis pemasaran.

  • Gunakan Tagline Yang Informatif

Jangan mengira pengguna akan berkeliaran di sekitar website Anda untuk mencoba menentukan mengapa hal tersebut berguna bagi mereka. Dengan dikelilingi ribuan website lainnya, website anda dapat hilang pada detik pertama jika mereka tidak melihat alasan yang jelas untuk tetap tinggal. 

Jadi, berikan kepada mereka - tagline yang informatif. Dalam istilah pemasaran, hal ini merupakan frase pendek dan menarik yang merangkum manfaat atau memberikan deskripsi dari website Anda. Hal ini termasuk kata kunci yang mengatur tema yang tepat dan mengambil tempat pada tingkat pertama hirarki visual untuk halaman tersebut. Tagline akan dengan cepat menginformasikan kepada pengguna mengapa website Anda ini layak mendapat perhatian mereka.

Interaksi

Aspek selanjutnya adalah interaksi - cara pengguna mempersepsikan, memproses, dan berinteraksi dengan informasi yang mereka temukan dalam beranda sebuah website. Berikut ini beberapa tips mengenai hal tersebut:

  • Periksa Model Pemindaian & Pergerakan Mata

Bukan rahasia lagi bahwa pengguna pertama-tama memindai halaman dan setelah itu membuat keputusan apakah akan masuk lebih dalam website tersebut atau tidak. Penting bagi Anda untuk memperhatikan beberapa model umum yang digunakan pengguna dalam memindai halaman. Di antara model umum berikut, Anda akan menemukan Z-Pattern, Zig-Zag dan F-Pattern.

Pemindaian halaman website ditingkatkan dengan hierarki visual yang memungkinkan desainer untuk menunjukkan konten berdasarkan prioritasnya dan menavigasi pengguna dari zona inti ke zona sekunder. Mudahnya pemindaian merupakan salah satu parameter yang harus diuji dengan cermat setiap saat karena memiliki dampak besar pada kegunaan halaman dan potensi pemecahannya.

  • Buat Beranda Website Anda Mudah Diakses Dari Mana Saj

Beranda biasanya menjadi fondasi struktur dari sebuah website. Jadi, pengguna harus memiliki kesempatan untuk kembali ke beranda dari halaman dimanapun mereka berada. Pastikan bahwa seluruh halaman website anda dirancang untuk tidak melewatkan interaksi yang vital ini.

Tampilan

Tips ketiga ini terkonsentrasi pada tampilan halaman. Tidak diragukan lagi, rekomendasi tersebut berlaku untuk semua jenis halaman website, dimana beranda paling berpengaruh.

  • Ketatlah Dalam Memilih Warna

Warna adalah hal yang dapat memperkuat atau merusak keputusan desain dari website Anda. Perhatikan dalam pemilihan palet warna, dan selalu ingat bahwa warna mempengaruhi persepsi pengguna. Mempelajari psikologi warna dapat membantu Anda untuk membuat pilihan tepat dalam mentransfer pesan yang kepada pengguna. Perhatian teori warna tradisional untuk menemukan kombinasi warna yang akan terlihat elegan dan harmonis.

  • Perkuat Halaman Dengan Visual Yang Menonjol

Sebagian besar pengguna secara visual didorong dan merasakan pesan yang diberikan dalam gambar lebih cepat daripada kata-kata. Itulah sebabnya menerapkan ilustrasi tema khusus, foto berkualitas tinggi, atau spanduk adalah langkah yang menguntungkan untuk beranda dari website Anda. Gambar tersebut akan berfungsi sebagai kait cepat yang menarik perhatian pengguna dan mentransfer ide yang diperlukan. Namun, perlu diperhatikan pemilihan gambar agar Anda tidak membebani beranda dengan gambar dan membuatnya kurang efektif.

 

Beranda dari sebuah website merupakan hal pertama yang dilihat oleh pengguna dan sangat penting untuk meningkatkan fungsi dan visualnya. Maka dari itu, sudahkah anda memastikan bahwa website Anda menerapkan hal tersebut? Jika anda masih baru ingin memulai bisnis atau perusahaan Anda memerlukan website untuk mendukung visibilitas online anda, jangan khawatir. Kami punya solusinya.

Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.

Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.

Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

 

 Reference: Tubik Studio








CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon