Image

QUICK CONTACT













Image

How to Make Your App Icon Stand Out: Design Tips

20 Apr 2020 by Billy Gani

Desain dari sebuah ikon aplikasi penting dalam optimalisasi dari App Store atau Google Play Store. Tidak seperti deskripsi teks dan screenshots yang berfokus dalam membuat pengguna ingin mengunduh aplikasi, ikon memiliki cakupan yang lebih luas dalam pengaplikasiannya. Sebuah ikon merupakan elemen branding yang harus dapat menarik perhatian saat pertama dilihat, menonjol dari kebanyakan ikon mirip lainnya, mengkomunikasikan esensi aplikasi, dan mudah diingat serta dikenali. Terlihat rumit untuk elemen visual yang terlihat kecil, bukan? 

Untuk itu, kami memberikan beberapa rekomendasi dalam merancang ikon untuk aplikasi anda dalam artikel ini. 

Mulai Dengan Hal Yang Paling Penting

Kombinasi warna dan keharmonisan dari bentuk memiliki peranan penting dan akan kita bahas belakangan, dan juga bukan titik awal kita. Pada tahap awal, anda harus memilih bisnis anda dibandingkan desain terlebih dahulu. Pelajari lebih dalam komponen bisnis dari ikon aplikasi yang akan anda rancang. Tanyakan informasi pemasaran yang bernilai terhadap proposisi, target audiens, karakteristik pasar, dan harga produk. Mengabaikan informasi ini sama saja dengan berjalan dengan penutup mata. Kami tidak akan pernah bosan mengulangi betapa pentingnya analisis data bisnis untuk desain. Persiapan yang baik adalah kunci kesuksesan.

Pelajari Lebih Dalam Tentang Panduan

Meskipun kreativitas anda dalam desain ikon tidak terbatas, anda tetap harus mengikuti persyaratan yang diatur oleh platform dimana aplikasi anda akan dibuat. Desain anda harus terlihat harmonis diantara ikon lain dalam layar pengguna. Karena itulah setiap perangkat Android dan iOS memiliki persyaratannya masing-masing dalam format, ukuran, dan bahkan gaya. 

Pastikan bahwa anda mengikuti tidak hanya rekomendasi tersebut tetapi juga yang memiliki gaya tertentu karena penting untuk pengiriman aplikasi dan pengoptimalan lebih lanjut dalam App Store dan Google Play Store.

Pilih Software  Yang Tepat

Untuk membuat ikon aplikasi anda, pilihlah software yang tepat dan dapat mengkonversi file dalam format PNG. Berikut ini beberapa alat yang paling sering digunakan untuk merancang desain aplikasi:

  • Adobe Illustrator CC merupakan alat yang baik untuk membuat desain vektor yang kompleks. 

  • Adobe Photoshop CC dapat digunakan untuk membuat desain yang memiliki pola persegi panjang dengan garis pemindaian paralel yang diikuti oleh berkas elektron pada layar televisi atau monitor komputer (raster design).

  • Sketch memiliki antarmuka bersifat user-friendly dan variatif plugins, tetapi mungkin tidak cocok untuk desain yang kompleks. 

  • Affinity Designer merupakan alat gambar vektor dengan UI yang jelas dan baik untuk digunakan oleh pemula. 

Perhatikan Detail Atau Ketiadaannya

Lihat ikon anda dan tanyakan pada diri anda apakah ada detail yang dapat anda hilangkan. Meskipun diketahui bahwa gambar dengan sejumlah besar elemen menjadi berantakan setelah diubah ukurannya, ikon dengan teks dan detail fotografi yang tidak penting senantiasa ada di App Store dan Google Play Store. Minimalist merupakan solusi terbaik untuk setiap elemen kecil. Anda dapat berfokus dalam satu ide dan mengimplementasikannya dalam desain yang jelas dan mudah diingat. 

Perhatikan Panduan Gaya Dari Merek Anda

Sebuah ikon aplikasi harus mengikuti keseluruhan desain merek dalam warna dan gayanya. Dalam hal ini, pengguna dapat mengasosiasikan ikon tersebut dengan produk atau layanan yang anda berikan dan dengan mudah menyadarinya dalam platform dan perangkat yang mereka miliki. 

Biarkan Ikon Anda Berbicara

Apa visual yang pertama kali muncul dalam benak anda ketika berbicara tentang layanan surat? Amplop bukan? Hal inilah yang anda lihat ketika mencari tentang “inbox” dalam App Store. Berbagai macam amplop dalam gaya, bentuk, dan warna yang berbeda muncul sebagai hasil dari pencarian anda. Di sisi lain, menggunakan tanda visual yang nyata merupakan teknik baik, tetapi mungkin membuatnya sulit untuk dibedakan dari kompetitor lainnya. Hal ini merupakan tantangan yang cukup besar bagi para desainer untuk menyeimbangkan antara orisinalitas dan keserbagunaan.

Audit Kompetitor Anda

Sisihkan sebagian waktu anda untuk melakukan riset terhadap kompetitor. Analisa fungsi dari aplikasi mereka untuk mengidentifikasikan bagaimana desainer mereka mengimplementasikan fitur yang berbeda dalam bentuk visual. Hal ini dapat menginspirasi anda untuk bekerja dalam desain tanpa resiko kemiripan dengan kompetitor anda. 

Beberapa bisnis mungkin lebih memilih elemen grafis yang hampir sama dengan elemen yang digunakan pemain utama dalam niche mereka. Pendekatan ini membantu untuk membangkitkan rasa kepercayaan dan simpati untuk aplikasi yang kurang dikenal. Tetapi jangan terbawa oleh pendekatan ini. Karena pada akhirnya, jika desain aplikasi anda mirip dengan kompetitor, pengguna dapat menganggap aplikasi Anda sebagai klon yang tidak memiliki keunikan dalam fungsinya.

Pilih Bentuk Dan Warna Yang Tepat

Dapat dipahami jika anda membuat ikon yang menonjol dalam kontras warnanya. Namun, saat anda mulai menambahkan warna, hal ini cenderung sulit dihentikan. Karena anda tidak ingin ikon anda terlihat seperti seni modern dengan ledakan warna di dalamnya, batasi diri anda dengan palet warna yang sejajar dengan desain merek dan ikuti panduan dari psikologi warna. 

Sketsa kertas sangat bagus untuk pencarian kreatif dalam perjalanan ke bentuk asli yang menarik. Gambar beberapa sketsa dan mulailah bereksperimen dengan asosiasi yang muncul di pikiran Anda. Gunakan bentuk geometris dasar - lingkaran, kotak, dan segitiga - untuk membuat blok ikon utama. Ingat bahwa setiap desain ikon yang rumit dapat dibuat dengan bentuk sederhana.

Tes Aplikasi Anda

Kapan saja saat ikon aplikasi anda muncul, ada tentunya ingin hal tersebut muncul dengan baik. Uji aplikasi anda dalam beberapa varian kejadian.

  • Cek ikon aplikasi anda dalam ukuran yang berbeda untuk melihat apakah kehadirannya terbaca dengan jelas.

  • Bermain dengan berbagai latar belakang untuk melihat apakah desain ikon anda memiliki kontras yang baik di dalamnya. 

  • Melihat tampilannya di berbagai resolusi. 

  • Uji penampilan ikon aplikasi tidak hanya di antara kompetitor di App Store dan Google Play Store tetapi juga di antara ikon acak yang bisa ada di layar pengguna.



Setelah memahami lebih dalam tentang bagaimana merancang desain yang menonjol dari ikon aplikasi anda, sudahkah anda menerapkannya? Jika anda masih baru saja ingin  mulai menjalankan bisnis anda dengan website atau aplikasi, jangan khawatir. Kami dapat membantu anda dalam menyediakan UI / UX Design terbaik dan berkualitas di Jakarta.

Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.

Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.

Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

 

Reference: Tubik Studio

 






CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm