Image

QUICK CONTACT













Image

SEM: Tips, Benefits, & How It Relates to SEO

17 Mar 2020 by Billy Gani

Optimasi mesin pencari (SEO) dan pemasaran melalui mesin pencari (SEM) mungkin merupakan konsep yang sulit untuk digunakan. Bahkan, apakah ada perbedaan diantaranya?

Keduanya biasa digunakan secara bergantian, yang membuatnya lebih sulit lagi. Penting bagi anda untuk memahami perbedaan diantara dua istilah ini dan mengapa mereka berbeda. 

Dalam artikel berikut ini, kami akan mencoba membantu anda untuk menjelaskan beberapa masalah dengan pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ) yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

Apa Itu SEM?

SEM, atau Search Engine Marketing, merupakan teknik pemasaran dimana para pemasar memasarkan dan menjual produk mereka dengan menggunakan website agar mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian. 

Menurut definisi yang lebih dalam dari Wikipedia, Search Engine Marketing (SEM) merupakan bentuk dari pemasaran internet yang melibatkan promosi website dengan meningkatkan visibilitasnya dalam halaman hasil pencarian (SERP) melalui optimasi dan periklanan.

SEO meningkatkan jumlah dari pengunjung website dengan membuat website tersebut muncul dengan peringkat yang tinggi. SEM dipertimbangkan sebagai pemasaran internet yang meningkatkan visibilitas dari hasil mesin pencarian organik dan juga iklan di dalamnya. SEM termasuk SEO merupakan salah satu teknik dari pemasaran saat ini. 

Apa Kegunaan Dari SEM?

SEO membuat anda dapat mengoptimalkan website untuk kesempatan yang lebih baik dengan muncul lebih tinggi di hasil pencarian dan periklanan online yang membuat anda dapat mengirimkan konten promosional kepada target audiens yang anda pilih, tetapi,SEM menggabungkan keduanya dan menghasilkan keuntungan bagi konten anda yang telah dioptimalkan untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi serta ditempatkan langsung di depan audiens yang besar kemungkinannya untuk menekan iklan tersebut. 

Apakah Paid Search Sama Dengan SEM?

Dalam poin ini, mungkin anda bertanya,”Jika saya dapat membayar untuk membuat website saya lebih tinggi di hasil pencarian, apa bedanya SEM dari Paid Search?”

Paid Search merupakan aspek umum dari SEM dan mengacu pada pay-per-click (PPC) secara spesifik. Tetapi, dua strategi tersebut nyatanya berbeda. 

Kunci perbedaan dari keduanya adalah SEM merupakan strategi yang lebih luas dengan mengkombinasikan paid search dan taktik SEO. Jadi, jika anda mengatur iklan menggunakan PPC tetapi tidak mengoptimalkan iklan atau website yang ditautkan sebelumnya, hal ini dapat menjadi contoh dasar dari Paid Search. 

Namun, jika anda mengoptimalkan website dan konten dengan keyword yang kuat, lalu meletakkan uang anda di belakang hal tersebut untuk meningkatkan visibilitasnya di mata audiens yang sudah ditargetkan, maka anda melakukan strategi SEM.  

Komponen Apa Saja Yang Ada Dalam SEM?

Seperti yang dapat kita lihat di atas, selain SEO, SEM menggunakan Paid Search seperti PPC dan iklan. Kebanyakan, SEM senantiasa melibatkan kampanye PPC dan aktivitas didalamnya. Tetapi jika anda menggunakan SEO dan Paid Search, hal tersebut masih berada di dalam lingkup dari SEM itu sendiri.  

Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)?

SEO sejatinya merupakan komponen penting dari kategori yang lebih besar, SEM. Menurut Google Knowledge Graph, SEO merupakan proses memaksimalkan jumlah pengunjung terhadap sebuah website dengan memastikan bahwa peringkatnya tinggi dari daftar hasil pencarian yang dilakukan mesin pencari seperti Google. 

Industri SEO ini senantiasa berganti dan berkembang mengikuti perubahan yang dibuat dari algoritma Google. Tetapi, ada satu aspek SEO yang konstan yaitu SEO memiliki aktivitas on-page dan off-page.

Komponen Apa Saja Yang Termasuk Dalam SEO?

Seperti dijelaskan diatas, SEO memiliki dua aktivitas berbeda:

  • Menggabungkan beberapa keyword pilihan untuk dimasukkan ke dalam title tag, deskripsi tag, heading tag, alt text, dan sebagainya. 

  • Artikel dalam blog dan copy halaman website yang tertulis dan dioptimalkan dengan kualitas. 

  • Membersihkan dan memformat halaman

  • Mengoptimalkan kecepatan muatan halaman

  • Integrasi penyebaran sosial melalui konten

  • Dan sebagainya.

Komponen Off-Page SEO Terdiri Dari Apa Saja?

  • Memproduksi profil yang memiliki kualitas tinggi, backlink yang alami (seperti memiliki tautan lain dari website berkualitas) 

  • Memberikan sinyal penyebaran sosial

  • Social bookmarking (Stumbleupon, Reddit)

  • Dan sebagainya.

Mana Yang Lebih Baik:  SEO atau SEM?

Perbedaan utama dari kedua hal ini adalah bahwa setiap SEO dan tindakannya merupakan komponen dari SEM. Seperti yang sudah kita bahas diatas, SEM memiliki komponen berbayar seperti PPC dan juga SMM (Social Media Marketing).

Penting untuk mengetahui bahwa anda tidak dapat menggunakan SEO dan SEM secara bergantian, karena mereka senantiasa bekerja bersamaan, tetapi merupakan hal yang berbeda. 



Banyak pemasar berdebar tentang apa yang lebih baik. Sebagai pemasar, kami mungkin dapat memberikan pernyataan bahwa SEO organik merupakan pendekatan yang paling baik, tetapi, bisa anda lihat bahwa SEM tidak dapat berjalan dengan baik tanpa kehadiran dari SEO itu sendiri. 

Tetapi, ada banyak situasi dimana PPC (komponen dari SEM) juga membuat keuntungan untuk anda dibanding menggunakan SEO. Sebagai contoh, jika anda baru memulai untuk merilis website dan menginginkan visibilitas yang langsung, memilih kampanye PPC merupakan ide baik karena hanya membutuhkan waktu sedikit jika dibandingkan dengan menggunakan SEO. Tetapi, hal ini bukannya pilihan yang tepat jika anda hanya berkonsentrasi pada penggunaan PPC dan tidak menggunakan SEO sama sekali. 

Meskipun SEO organik memberikan hasil yang lebih lambat untuk menampilkan hasilnya, di akhir, anda dapat melihat bahwa SEO lebih membutuhkan sedikit uang dan anda tentunya akan mendapatkan kredibilitas yang mungkin tidak dapat diberikan oleh PPC.



Saat berbicara tentang taktik dan strategi terbaik untuk website anda, nilai penting yang dapat anda evaluasi adalah kebutuhan spesifik anda. Tetapi, jangan lupa untuk tetap memahami perbedaan dan bagaimana anda menjaga usaha anda. 

Jika anda masih baru mulai untuk menggunakan website sebagai salah satu strategi bisnis anda dan ingin memanfaatkan SEO, kami dapat membantu anda dalam bidang SEO & digital marketing di Jakarta.
Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google.
Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 

Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.

Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

 

Reference: HubSpot



AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm