Image

QUICK CONTACT













Image

Local SEO Basics: What Is Local SEO?

13 Mar 2020 by Billy Gani

Apa Itu SEO Lokal

SEO lokal merupakan praktek optimasi dari sebuah bisnis, produk, atau servis untuk kueri pencarian yang memiliki lokasi spesifik. Google (dan mesin pencarian lainnya) menggunakan lokasi pengguna berdasarkan alamat IP (dari desktop) dan geolokasi (untuk perangkat) untuk menentukan hasil apa yang akan ditampilkan untuk pengguna. Jadi ketika seseorang mencari tentang dokter gigi, tempat cuci mobil, dan sebagainya, mesin pencari tersebut akan menampilkan bisnis yang relevan sesuai lokasi tempat pengguna berada. 

Hasil Pencarian Lokal di Google

Hasil pencarian lokal menggabungkan dua bagian (atau kesempatan) untuk bisnis lokal yaitu  hasil pencarian organik (website anda) atau Google My Business dari bisnis tersebut. Pengguna juga dapat mencari hasil pada lokasi yang berbeda dengan memasukkan kualifikasi tempat misalnya “Hotel di Jakarta.” Di posisi lain, termasuk iklan, gambar, One Box, pengguna senantiasa mencari secara spesifik dalam Peta Lokal. 

Praktek dari SEO lokal ini sudah termasuk optimasi dari website bisnis untuk kueri pencarian lokal, sama seperti mengoptimasi halaman dari Google My Business. 

Pengecualian

Ada beberapa pengecualian dari Google untuk membuat sebuah bisnis lokal menjadi kueri lokal; dalam hal ini, Google mencoba untuk menentukan intensi dari pengguna dibandingkan dengan lokasi mereka. Hal ini sangat lazim untuk hasil pencarian seperti “hotel di …” dimana Google biasanya hanya mengembalikan situs pemesanan di hasil pencarian organik yang sudah ditemukan. Google berpendapat bahwa pengguna menginginkan pilihan dari beberapa hotel dalam area yang dicari dibandingkan dengan menyajikan mereka 10 hotel yang berkaitan dengan pencarian. 

Hasil berbasis lokasi untuk hotel tersebut beralih pada Juli 2018. Pada Juli 2019, Google kembali beralih dari hasil lokal kedalam maksud untuk permintaan pencarian tentang "Bandara Transfer" di Inggris. Semua bisnis lokal dihapus dari hasil pencarian demi menyediakan opsi pemesanan bagi pengguna. Untuk melihat penyedia lokal, pengguna sekarang harus menentukan lokasi, seperti "Bandara Transfer di ...".

Google dapat dan akan mengubah kueri pencarian mereka. Namun, Google tetap masih menampilkan bisnis lokal bersamaan dengan kumpulan hotel dan kumpulan pencarian lokal yang disempurnakan dengan lokasi mereka serta kueri pencarian. 

Strategi SEO lokal anda haruslah dapat beradaptasi dengan lokasi anda serta keinginan dari pengguna. 

Hasil Pencarian Lokal

Hasil pencarian terdiri dari paket lokal (Google My Business) dan hasil pencarian organik (website). Strategi lokal yang anda buat dapat memasukkan berbagai aspek untuk meningkatkan visibilitas bisnis seperti iklan berbayar, GMB, dan organik. 

Kami menyarankan anda untuk berkonsentrasi dalam menggunakan visibilitas organik (tidak berbayar). Namun, tentunya ada waktu dan tempat dimana anda dapat menggunakan pilihan iklan berbayar; mungkin ketika anda memulai perjalanan SEO anda dan masih belum muncul di bagian paket lokal atau hasil pencarian organik. Dan juga, bisa saja kompetitor anda menjalankan beberapa iklan berbayar dari waktu ke waktu sehingga visibilitas organik anda menurun. Maka dari itu, anda harus menjaga keberadaan online anda saat jam-jam tersebut. 

Google My Business

Google My Business menyajikan branding bisnis yang sangat tinggi secara langsung di hasil pencarian dengan panel dibawahnya. Google juga meningkatkan opsi bagi pengguna dalam berinteraksi dengan bisnis yang berkaitan secara langsung melalui halaman GMB seperti Janji pertemuan, permintaan, dan dapat mengirimkan pesan. 

Tanpa halaman GMB, anda mungkin akan kehilangan sebagian dari kesempatan untuk mendapatkan tempat di pencarian lokal. GMB merupakan salah satu halaman dan alat yang penting bagi setiap bisnis. 

Mengoptimalkan Halaman Google My Business Anda

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat halaman Google My Business anda. Anda dapat memeriksa apakah anda sudah pernah muncul sebagai GMB dilayar perangkat pengguna dengan mengunjungi website https://www.google.com/business/.

Google My Business tentunya akan membutuhkan anda untuk memverifikasi bisnis yang anda miliki. Cara utama adalah melalui kartu pos ke bisnis. Kartu pos ini berisi nomor pin yang harus Anda masukkan sebelum diverifikasi.

Opsi verifikasi lain mungkin ditawarkan kepada Anda, tergantung pada seberapa yakin Google bahwa bisnis anda memang berada di lokasi itu. Hal ini dapat mencakup verifikasi telepon, teks, atau email. Daftar bisnis Anda yang baru dapat diverifikasi di dasbor akun Anda atau jika anda menggunakan perangkat seluler, dapat melalui aplikasi GMB.

Tips Untuk SEO Lokal : Rangkuman

Pedoman dasar ini dapat membawa bisnis anda untuk berjalan di arah yang benar dan menyajikan pemahaman dalam meningkatkan dan membangun SEO lokal anda. 

Berikut ini beberapa tips yang dapat diingat:

  • Review kompetitor anda dalam pencarian lokal; apa yang perlu anda tiru, dan apa yang dapat anda lakukan lebih baik dibanding mereka?

  • Ambil sedikit waktu untuk mengisi bagian Google My Business anda.

  • Utilisasi Posting Google

  • Tanyakan ulasan Anda kepada pelanggan, pertahankan ulasannya, dan hindari berurusan dengan ulasan negatif dengan cara yang salah. Dan pastikan Anda tidak melakukan kesalahan umum GMB.

  • Jika Anda tidak mendapatkan jangkauan organik yang Anda butuhkan dalam waktu cepat, pertimbangkan untuk menggunakan iklan berbayar sampai peringkat Anda meningkat.

  • Optimalkan setiap halaman website Anda untuk lokasi Anda. Gunakan strategi SEO mendasar yang untuk judul halaman, berita utama, dan deskripsi meta.

  • Jangan lupa kutipan yang kuat, tautan, dan konten lokal dapat membawa ke website Anda - semuanya dapat membantu Anda mencapai tujuan.

 

Ketika sudah memahami lebih dalam tentang SEO lokal, kini saatnya anda untuk menerapkannya. Atau anda baru saja mulai menggunakan website sebagai sarana pemasaran bisnis anda secara online? Anda masih bingung tentang dunia pemasaran digital ? Jangan khawatir. 

Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik  hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 

Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.

Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

 

Reference: SEMRush



AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm