Image

QUICK CONTACT













Image

Why It’s Important to Sketch Before You Wireframe

12 Mar 2020 by Billy Gani

Pernahkah anda memiliki ide untuk website atau aplikasi? Mungkin mudah untuk mendapatkan ide, tetapi bagian paling sulit adalah memahami bahwa ide tersebut harus direalisasikan dalam bentuk tampilan antarmuka. Disinilah peran sketsa bekerja. Sketsa banyak digunakan oleh berbagai profesi yang membutuhkan kreativitas dan konstruksi di dalamnya. 

Bahkan Leonardo Da Vinci memulai penemuannya dari sebuah sketsa sebelum ia membangunnya lebih lanjut. Tidak peduli seberapa pintarnya anda, tetaplah tidak mungkin untuk merealisasikan ide sederhana dalam kepala anda langsung kepada tahap membangun tanpa menjelaskan detail di dalamnya. Melakukan sketsa ide sebelum merealisasikannya adalah hal yang perlu setiap desainer lakukan.

Setiap Ide Harus Dapat Diterjemahkan Kedalam Tampilan Antarmuka Pengguna

Merancang tampilan antarmuka bagi pengguna merupakan sebuah proses. Hal ini berawal dari ide sederhana, namun ide tersebut butuh diterjemahkan ke dalam antarmuka dari website atau aplikasi anda. Tidaklah cukup jika kita hanya mengatakan,”saya ingin aplikasi ini melakukan X,Y,dan Z.” Anda perlu mengetahui bahwa pengguna akan melihat setiap layar untuk melakukan X,Y,dan Z dalam aplikasi atau website anda. 

Sketsa mengambil sisi imajinatif dari pikiran anda dan menerapkannya pada layar dengan tampilan antarmuka lalu membuat anda untuk mulai berpikir tentang pengalaman yang akan dirasakan oleh pengguna. Anda dapat melihat apakah aplikasi atau website anda bekerja dengan baik dalam menghasilkan hasil yang diinginkan. Sketsa membuat anda dapat memvisualisasikan interaksi dari layar ke layar sehingga ide anda dapat terlihat jelas dalam bentuk antarmuka pengguna. 

Sketsa Bukanlah Wireframe

Banyak desainer yang salah ketika memikirkan bahwa sketsa yang dimaksud adalah wireframe. Keduanya memang memiliki kesamaan tetapi bukan berarti merupakan hal yang sama. Keduanya memang berfungsi dengan baik untuk mengilustrasikan konsep antarmuka, tetapi wireframe dan sketsa dilakukan di dua medium serta menghasilkan hasil yang berbeda. 

Saat anda membuat sketsa, anda mencoba untuk mendapatkan konsep dasar dari bagaimana aplikasi atau website anda akan bekerja dalam bentuk antarmuka. Ada banyak cara yang dapat anda temukan untuk membentuk sebuah konsep antarmuka. Spesifikasi dari antarmuka bagi pengguna tidak terlalu penting di bagian ini. Yang lebih penting adalah memahami bagaimana pengguna dapat melihat setiap layar dan mengarahkan mereka ke hasil yang ditujukan. 

Saat anda membuat wireframe, anda mencoba untuk menyempurnakan konsep dari bagaimana aplikasi atau website itu berjalan dengan menggunakan widget abu-abu yang berpiksel (pixelated grayscale widgets). Medium yang anda gunakan membantu anda untuk berpikir lebih detail dimana ukuran, penempatan dan urutan elemen dapat diketahui. 

Anda juga dipaksa untuk berpikir lebih teliti tentang setiap elemen dari halaman, mulai dari atas hingga bawah, bukan hanya yang dasar saja. Saat anda bekerja dengan menggunakan pixel, anda akan mendapatkan hasil yang lebih akurat tentang bagaimana antarmuka pengguna bekerja. Ketika anda sudah selesai wireframe tersebut, konsep dari antarmuka tersebut juga pastinya terlihat lebih jelas di mata anda. 

Sketsa Selalu Dilakukan Sebelum Wireframe

Banyak desainer yang memiliki proses berbeda dalam bekerja. Sebagian mungkin melewati sketsa dan langsung membuat wireframe. Tetapi sebagian lainnya mungkin juga langsung membuat mockup dan melewati wireframe. Tetapi, saat anda melewati salah satu bagian ini, anda akan kehilangan detail yang jelas dan sempurna. Antarmuka anda tentunya akan menjadi kurang baik karena tidak sepenuhnya sempurna.  

Mana situasi yang anda pilih? Berakhir dengan membuat konsep dasar dari sebuah antarmuka saat tahap wireframe, atau berakhir dengan menyempurnakan konsep tersebut sebelum masuk ke tahap mockup? Hal ini merupakan hal yang kontra produktif karena sketsa merupakan tahapan paling baik untuk membentuk konsep. Wireframe merupakan tahapan dimana penyempurnaan konsep tersebut berjalan dan mockup merupakan tahapan dimana grafik visual dan penempatan konten dilakukan. 

Saat anda melewatkan tahapan sketsa dan wireframe, anda akan berakhir dengan memikirkan terlalu banyak hal dalam prosesnya. Hal ini tidak hanya membuat anda kesulitan saat merancang antarmuka tetapi juga menjadikannya kurang perhatian saat tiba waktunya untuk  dikembangkan. 

Sketsa Dapat Membantu Anda Untuk Bertukar Ide Dengan Klien

Salah satu keuntungan terbesar dari menggunakan sketsa adalah kemampuannya yang membuat anda dapat mengekspresikan ide secara cepat dan mengikutsertakan orang lain dalam membuat pengalaman pengguna yang baik. Entah dengan sketsa di papan tulis atau kertas, penting bagi anggota tim anda dan klien untuk memahami konsep dasar dari pengalaman pengguna yang ingin disajikan sehingga mereka dapat memberikan anda konten yang relevan dan sesuai. 

Penting juga untuk memasukkan setiap masukan atau ide yang klien anda berikan tentang sketsa tersebut sehingga mereka dapat melihat perubahannya, Hal ini juga dapat membuat tim anda bekerja lebih baik dan memahami satu sama lain. 

Sketsa Membuat Anda Berpikir & Bekerja Lebih Cepat

Membuat wireframe dari awal tanpa konsep dasar yang jelas sulit untuk dilakukan karena anda tidak dapat membuat pixel dalam software anda bekerja secepat ketika anda menggambarnya dengan pensil di kertas. Saat anda membuat konsep dari antarmuka, anda dapat memikirkan setiap cara untuk merangkai pengalaman pengguna yang sempurna. Ada banyak ide yang dapat muncul dalam pikiran anda yang mungkin sulit untuk diilustrasikan menggunakan kanvas pixel secepat itu karena fleksibilitas yang juga kurang. 

Sketsa membuat anda dapat mengeksplor berbagai pilihan yang berbeda secara cepat sehingga anda dapat menentukan arah desain yang tepat. Mendapatkan konsep dasar dari sebuah antarmuka melalui sketsa dapat membuat proses wireframe menjadi lebih cepat dan mudah. 

Sketsa Membuat Wireframe Anda Lebih Detail

Memiliki wireframe dengan konsep yang sudah ter sketsa mengartikan bahwa anda tidak perlu menentukan banyak hal dalam tahap tersebut. Saat anda selesai membuat sketsa, anda tidak perlu bertukar ide untuk mendapatkan arah desain yang dapat anda jalani. 

Hal ini dapat membawa anda untuk menjadi lebih detail dalam membuat wireframe karena anda menghabiskan banyak waktu untuk menyempurnakan konsep yang sudah anda miliki. Semakin rinci dan sempurna wireframe anda, makan semakin mudah untuk membuat mockup di tahap selanjutnya. 

Sketsa anda Mungkin Terlihat Jelek, Tetapi Tetap Berfungsi Dengan Baik

Anda tidak memerlukan kemampuan seperti Leonardo Da Vinci untuk melakukan sketsa. Sebuah sketsa yang terlihat jelek juga tetap dapat berfungsi dengan baik. Yang terpenting adalah kemampuan anda dalam menjelaskan perbedaan dari setiap konsep antarmuka. 

Sketsa menawarkan orang lain untuk melihat sekilas tentang apa yang anda pikirkan. Saat anda menemukan ide baik, mudah bagi anda untuk menuangkannya dalam sketsa. Tidak seperti mockup, sketsa tidak harus terlihat cantik. Anda tidak memerlukan kemampuan teknik desain untuk melakukannya. Hal ini membuat kerjasama anda dan klien serta anggota tim lebih mudah. 

 

Sketsa mengukur tone dari keseluruhan proses desain anda. Sketsa merupakan kunci untuk memproduksi pengalaman pengguna yang baik dan mengkomunikasikannya secara langsung. Mungkin anda berpikir bahwa anda tidak membutuhkannya, tetapi saat anda melakukannya, anda akan menyadari jalan yang anda lalui sehingga mengetahui apa saja yang baik dan buruk dalam proses tersebut. Membuat sketsa dapat membantu anda untuk mendapatkan segala kemungkinan dari jenis antarmuka yang dapat anda buat. 

 

Ketika sudah memahami pentingnya penggunaan sketsa sebelum membuat wireframe, kini saatnya anda untuk mulai memikirkannya dalam desain website dan aplikasi anda. Anda baru ingin memiliki website yang profesional? Bukan seorang desainer dan ingin memiliki website yang sederhana namun tetap profesional untuk menarik perhatian target audiens anda? Anda bingung mencari agency yang tepat untuk memenuhi kebutuhan anda dalam bidang UI UX di Jakarta?

Jangan khawatir.

Ketika mencari bantuan profesional, Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau?

ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.

Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.

Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

 

Reference: UX Movement



AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm