Image

QUICK CONTACT













Image

XML Sitemaps Guide: The Best Tricks & Tips

11 Mar 2020 by Billy Gani

Mungkin anda pernah mencari tahu mengapa strategi SEO anda belum berjalan dengan optimal. Saat anda memeriksa dan melakukan audit untuk website anda, anda menemukan bahwa website anda tidak memiliki XML Sitemap. Maka dari itu, anda langsung memberitahukan bagian pengembang (developer) dan meminta mereka untuk mengaktifkannya di CMS website. Tetapi, mereka mengatakan bahwa hal itu tidak dapat dilakukan.

Setelah memikirkannya, anda mengingat bahwa website seperti Screaming Frog memiliki fungsi untuk membuat XML Sitemap sehingga anda membuat dan mengunggahnya. Google melihatnya dan ada dampak positif yang terlihat dari traffic website anda setelah beberapa hari. Yang bisa kita ambil dari cerita diatas adalah pentingnya XML Sitemap untuk digunakan dalam website. Hal ini kadang sering disepelekan dan dilupakan. 

Apa Itu XML Sitemaps & Mengapa Anda Memerlukannya

XML Sitemaps merupakan map digital yang membantu Google untuk menemukan halaman penting dalam website anda dan seberapa sering halaman tersebut diperbarui. 

Google sendiri mendefinisikan sitemap dalam halaman bantuannya sebagai sebuah map yang memberitahu bot crawler file apa saja yang anda rasa penting dalam website, dan juga menyajikan informasi yang bernilai tentang file ini, contohnya, untuk halaman website, kapan terakhir halaman tersebut diperbarui, seberapa sering halaman tersebut berubah, dan apakah ada alternatif bahasa lain dalam halaman tersebut. 

Setiap website harus memiliki XML Sitemap. Keberadaannya sangat penting bagi website besar, website baru, website dengan halaman yang tidak memiliki “host” sendiri, dan website yang menggunakan banyak gambar dan video di dalamnya. 

Berbeda dengan robots.txt yang senantiasa membantu anda untuk memisahkan bagian dari website anda untuk diperingkatkan di mesin pencarian, XML Sitemaps melakukan kebalikannya. Mereka membantu mesin pencarian untuk menemukan halaman baru - bahkan ketika halaman tersebut tidak terhubung dengan website utamanya. 

Google mulai menggunakan XML Sitemaps pada 2005 dan diikuti oleh beberapa mesin pencarian lainnya seperti MSN atau Yahoo. Untuk sekarang, mereka menggunakan XML Sitemaps lebih dari sekedar pencarian URL.

Jangan menyamakan XML Sitemaps dengan HTML Sitemaps. XML Sitemaps tidak terlihat oleh pengunjung website, tetapi hanya terlihat oleh Google dan SEO yang ingin melihat halaman penting dari kompetitor anda. HTML Sitemaps adalah daftar tautan internal yang meneruskan PageRank dari halaman utama website ke halaman-halaman penting, berfungsi sebagai pusat crawl, dan memudahkan pengguna untuk bernavigasi di dalamnya. Ya, Anda harus memiliki keduanya.

Sitemaps dibuat dalam format XML agar Google dapat dengan mudah menguraikan dan mencari tautan baru. XML - eXtensible Markup Language - merupakan perangkat yang ringan dan mudah digunakan untuk menyimpan data. 

Cara paling mudah bagi anda untuk memeriksa apakah website anda sudah memiliki XML Sitemaps atau belum adalah dengan mengunjungi Google Search Console atau menggunakan Bing Webmaster Tools dibawah “Sitemaps.” Sebagian besar mesin pencari, seperti Google atau Bing, mencari entri “Sitemap: ” (atau entri) di file robots.txt website Anda. Atau, Anda juga dapat melakukan ping sitemap langsung ke Google, Baidu, Bing, dan Yandex.

Ada yang dapat anda tambahkan dari XML Sitemaps anda. Anda dapat memberi sinyal pada Google tentang URL mana yang penting dengan hanya memasukkan halaman penting ke dalamnya, dan dengan sering memperbarui halaman tersebut. 

Kebanyakan CMS memiliki fungsi untuk secara otomatis memperbarui sitemaps saat URL baru dibuat atau saat halaman yang sudah ada diperbarui. Untuk Google, frekuensi perubahan dari sitemap tersebut dan perubahan terakhir dari halaman dapat menjadi sinyal baru.

Coba pikirkan XML Sitemap sebagai peta kota untuk para turis dan kota tersebut adalah website, serta turis tersebut adalah Google - anda tentunya ingin memastikan bahwa anda hanya memasukkan gedung yang penting, bukan setiap alamat. Karena itulah, halaman yang tidak penting tidak perlu dimasukkan ke dalamnya. Contohnya, halaman privasi pengguna atau halaman “About Us” anda. Halaman itu perlu diindeks tetapi tidak perlu di-crawl berulang kali dan tidak terlalu penting saat berbicara tentang SEO. 

Tips Menggunakan XML Sitemaps Untuk Website Besar

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan sitemap Anda dengan melampaui persyaratan standar. Situs besar seperti penerbit berita, misalnya, harus menggunakan indeks sitemap, yang berisi (hingga 50.000) sitemap normal, dan juga tidak boleh lebih berat dari 50mb. Situs besar membutuhkannya karena tidak dapat masuk ke dalam satu sitemap. Anda seharusnya tidak mencoba memasukkan semuanya ke dalam satu sitemap tunggal.

Anda dapat memanfaatkan Sitemap ini secara maksimal dengan menyusunnya baik per jenis halaman atau topik. Dalam praktiknya, Anda dapat membuat peta situs XML khusus per subdirektori atau templat halaman untuk mendapatkan pemahaman tentang masalah teknis dan pengindeksan dengan website Anda.

Ada beberapa sitemap yang dikhususkan untuk tujuan tertentu. Website yang beroperasi secara berat dan memiliki media yang banyak (seperti Pinterest & Youtube) memiliki keuntungan dari banyaknya sitemap gambar dan video. 

Sitemap dengan gambar dapat meningkatkan kemungkinan bagi website anda untuk ditemukan dalam hasil gambar di pencarian Google. 

Anda tidak harus memiliki sitemap gambar khusus; Anda dapat menggunakan ekstensi gambar di sitemap reguler Anda.

 

 

Setelah membaca beberapa diskusi diatas tentang Sitemap, sudahkah anda menggunakannya untuk website anda? Atau anda baru saja mulai menggunakan website sebagai sarana pemasaran bisnis anda secara online? Anda masih bingung tentang dunia pemasaran digital ? Jangan khawatir. 

Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik  hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 

Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.

Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

 

Reference: SEMRush

 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm