Image

QUICK CONTACT













Image

Tips Memelihara Perangkat Saluran Air Agar Tagihan Tidak Membludak

11 Mar 2020 by Billy Gani

Beberapa orang pasti pernah mengalami pembengkakan tagihan air tiap bulannya. Namun, sadarkah Anda jika pembengkakan tersebut dapat disebabkan oleh hal-hal sederhana yang selama ini kurang mendapatkan perhatian?

Apakah Anda pernah kesal karena tagihan air di rumah terus membengkak? Atau Anda sudah berusaha melakukan berbagai cara untuk menghemat air tapi tagihan yang datang tetap melebihi perkiraan? Ada beberapa penyebab mengapa tagihan air terus meningkat, mulai dari kebocoran perangkat aliran air, hingga pemilihan water meter yang kurang tepat. Namun Anda tidak perlu bingung. Berikut kami sajikan beberapa tips untuk Anda.

Periksa Kebocoran pada Pipa dan Keran Air

Pipa dan keran air adalah dua alat dalam saluran air yang wajib Anda cek secara berkala. Kedua alat ini sangat berpotensi untuk mengalami kebocoran, dan sebagian besar pengguna mesin pompa air atau PAM tidak menyadari hal ini. Jika Anda tidak mengetahui bahwa di dalam pipa ataupun keran terjadi kebocoran,  tentu saja hal tersebut akan memicu pemborosan yang berujung pada pembengkakan tagihan air di rumah Anda. Coba bayangkan jika air yang terbuang sia-sia akibat kebocoran pipa atau keran sebanyak 30 liter per hari, sementara Anda tetap membayarnya, dipastikan tagihan air akan mengalami kenaikan secara signifikan.

Pakai Tempat Penampungan Air yang lebih Besar sebagai Cadangan

Jangan membuang air dengan sembarangan, meskipun mendapatkan air terkesan sebagai hal yang mudah. Anda perlu tahu bahwa pasokan air bersih setiap tahun di dunia semakin berkurang. Memiliki tempat penampungan air yang besar salah satu cara sederhana untuk menghemat air. Tempat penampungan air bisa Anda gunakan untuk menampung air hujan, dimana air tersebut bisa dimanfaatkan menyiram tanaman, maupun kebun di belakang rumah. Atau jika selama ini Anda berfoya-foya menggunakan air saat membersihkan mobil atau alat kendaraan lainya, air cadangan yang Anda tampung sangat bermanfaat untuk membersihkan kendaraanmu. Memanfaatkan air cadangan akan sangat menghemat penggunaan air yang akan berpengaruh terhadap tagihan Anda.

Gunakan Pompa Air Otomatis

Cara sederhana untuk menghemat air selanjutnya adalah dengan menggunakan pompa air. Pompa air berfungsi untuk mengatur kapan air mati dan hidup, karena dilengkapi dengan saklar otomatis yang bekerja pada tekanan air.  Dengan saklar otomatis, pompa akan hidup secara otomatis ketika keran dibuka, begitupun sebaliknya. Tentu saja cara ini akan menghindari pemborosan air. Jadi jika Anda ingin tagihan air tidak membludak, menggunakan pompa air otomatis sangat disarankan. 

Pilih Water Meter yang Berkualitas

Water meter berfungsi untuk mencatat penggunaan air. Alat ini menjadi indikator untuk menentukan tagihan listrik. Water meter berkualitas tentunya akan membaca secara akurat perihal pergerakan air yang sudah digunakan. Dengan demikian, water meter dapat digunakan untuk menghemat air. 

Water meter juga dapat dijadikan sebagai kalibrasi atau pembanding antara penggunaan air dengan jumlah meteran.  Jika Anda merasa sudah menggunakan air dengan hemat, tapi angka meteran tetap naik, Anda bisa melaporkan ke petugas PAM. Jadi, Anda sebaiknya rutin melakukan penyesuaian antara jumlah air yang keluar dengan laju pergerakan angka pada water meter.



Jika berbicara  tentang kualitas, Anda tidak bisa sembarangan menggunakan water meter. Anda bisa memilih water meter yang tepat dengan melakukan perbandingan harga dan kualitas secara online sebelum memutuskan membeli water meter. Pemilihan water meter dengan merek berkualitas akan membantu Anda dalam mengukur penggunaan air secara akurat.

Jika Anda masih bingung memilih water meter yang berkualitas, PT. Ferindo Energi Instrumen menawarkan water meter berkualitas dengan harga terjangkau. Ferindo merupakan salah satu pemegang merek flow meter dan water meter berkualitas di Jakarta. Ferindo juga dikenal sebagai distributor Water Meter Amico, produk water meter unggulan dan terpercaya dengan harga yang bersahabat. Selain harganya yang terjangkau, Water Meter Amico menawarkan fitur-fitur yang mampu mengontrol penggunaan air dan pastinya menjamin tagihan air Anda agar tidak mengalami pembengkakan.






Reference : Thomas Entertainment





AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm