Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Lebih Dekat Jenis - Jenis Flow Meter

13 Feb 2020 by Billy Gani

Water flow meter merupakan alat yang mengukur jumlah air yang mengalir melalui sebuah pipa. Ada beberapa teknologi pengukur aliran air yang dapat dipilih tergantung pada aplikasi pengukuran air, persyaratan pemeliharaan, dan ketentuan anggaran. Masing-masing jenis meter aliran air ini memiliki prinsip operasi yang unik, manfaat aplikasi spesifik, dan biaya pemasangan. Pertanyaannya adalah: flow meter apa yang harus anda pilih untuk aliran air di rumah anda? 

Ada tiga jenis utama flow meter yang umum digunakan yaitu flow meter mekanis, flow meter vortex, dan flow meter magnetik. Mari kita bahas lebih dalamnya:

Flow Meter Mekanis – Flow meter ini merupakan jenis yang paling umum. Alat ini bekerja dengan mengukur kecepatan air yang mengalir melalui pipa dan menyebabkan turbin atau piston berputar. Laju aliran volumetrik air sebanding dengan kecepatan rotasi dari bilahnya. Kelemahan dalam menggunakan flow meter mekanik untuk pengukuran air adalah mudah tersumbat ketika air kotor atau memiliki partikel yang lebih besar yang meningkatkan biaya perawatan. Flow meter mekanis juga tidak berfungsi dengan baik dengan aliran air yang rendah.

Flow Meter Vortex – Vortex flow meter menggunakan vortisitas yang ditumpahkan dari sensor yang dibenamkan di dalam aliran. Vortisitas merupakan kekuatan alam berbentuk “pusaran” yang terbentuk ketika air bergerak melewati rintangan, seperti air yang mengalir di sekitar batu sungai atau sama seperti angin ketika melewati tiang bendera. Dalam ukuran vortex, sensornya melentur dari satu sisi ke sisi lainnya saat masing-masing vortex mengalir dan menghasilkan output frekuensi yang berbanding lurus dengan laju aliran secara volumetrik. Vortex flow meter dapat mengukur hingga lima variabel dalam satu koneksi: laju aliran volumetrik, aliran massa, kepadatan, tekanan, dan suhu. Flow meter vortex dapat bekerja dengan baik pada pipa yang berukuran besar karena mereka dapat dimasukkan ke dalam aliran dengan mengetukkan panas menggunakan retraktor.

Flow Meter Magnetik – Flow Meter Magnetik menggunakan medan magnet untuk mengukur kecepatan air dengan aliran volumetrik dalam pipa. Flow meter ini menggunakan Hukum Faraday tentang Induksi Elektromagnetik. Menurut Hukum Faraday, ketika cairan mengalir melalui medan magnet, maka cairan tersebut akan menghasilkan tegangan. Ketika air mengalir lebih cepat, maka lebih banyak tegangan dihasilkan. Tegangan yang dihasilkan sebanding dengan pergerakan air; elektronik memproses sinyal tegangan ke dalam laju aliran volumetrik. Flow meter magnetik memiliki akurasi menengah, sehingga tidak dapat bekerja pada air murni karena tidak ada ion untuk diukur.

 

Tiga contoh diatas  adalah beberapa jenis flow meter yang dapat anda gunakan untuk keperluan air di rumah ataupun kantor anda. Jika anda belum menemukan vendor yang menjual flow meter berkualitas untuk memenuhi kebutuhan anda, jangan khawatir. 

PT Ferindo Energi Instrumen merupakan salah satu pemegang merk flow meter dan meteran air Flow Controls berkualitas di Indonesia. Ferindo beroperasi dalam hal distribusi dan suplai flow meter LC,Solar dan Water Meter Amico yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan rumah anda. Ferindo juga merupakan authorized genuine water meter dan amico supplier authorized seller Flow Meter Liquid Controls di Indonesia yang sudah teruji kualitasnya. 





Reference: Sierra Intruments

 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm