Image

QUICK CONTACT













Image

Youtube Music akan Rilis Fitur Terbarunya Untuk Mengunggah Koleksi Lagu

11 Feb 2020 by Billy Gani

YouTube Music dilaporkan bakal kedatangan fitur baru, yaitu pengguna dapat mengunggah koleksi lagu miliknya ke aplikasi tersebut. Fitur ini disebut mengadopsi Google Play Music yang juga memiliki kemampuan serupa.

Dikutip dari The Next Web, Senin (10/2/2020), perusahaan saat ini tengah melakukan uji coba fungsi tersebut ke dalam aplikasi. Kehadiran fitur ini tidak lepas dari upaya perusahaan untuk memindahkan pengguna Google Play Music ke YouTube Music.

Berdasarkan sumber anonim pada 9to5Google, fitur ini kemungkinan akan hadir dalam waktu dekat, mengingat perusahaan sudah mengajak pengguna Google Play Music untuk memindahkan koleksi musiknya saat ini ke YouTube Music.

Selain itu, sejumlah laporan menyebut Google bakal mematikan layanan Google Play Music tahun ini. Menurut seorang sumber, langkah itu akan diambil pada paruh kedua 2020. Berdasarkan hal tersebut, besar kemungkinan fitur anyar ini akan hadir sebelum aplikasi streaming musik itu berhenti.

Google sendiri memang sudah memproyeksikan YouTube Music sebagai pengganti Google Play Music dalam beberapa tahun terakhir. Salah satunya dilakukan dengan menghadirkannya sebagai aplikasi bawaan di Android 10. Dengan kata lain, aplikasi tersebut akan hadir untuk perangkat yang dijual dengan Android 10. Tidak hanya itu, perangkat baru yang masih menjalankan Android 9 Pie dipastikan turut menerimanya sebagai aplikasi bawaan. 

Lewat hadirnya YouTube Music, Google disebut memang hanya ingin menghadirkan satu aplikasi streaming musik saja. Berbeda dari saat ini, dimana Google memiliki Google Play Music dan YouTube Music yang memiliki fungsi serupa.

YouTube Music untuk Android Kini Tampilkan Lirik ketika Memutar Lagu

Diwartakan sebelumnya, YouTube Music untuk Android kini mendapat pembaruan fitur yang disebut telah banyak diminta oleh penggunanya, yakni menampilkan lirik ketika lagu sedang diputar. Mengutip 9to5Google, Jumat (7/2/2020), pengguna YouTube Music di forum Reddit mengklaim bahwa lagu-lagu yang mereka putar atau saksikan kini menampilkan lirik di bagian bawahnya. Sejauh ini baru lagu berlisensi saja yang mendapat manfaat dari integrasi lirik ini.

Namun, fitur ini juga menimbulkan pertanyaan. Apakah fitur ini tersedia bagi mereka yang membayar langganan premium atau juga akan bisa dinikmati oleh mereka yang mengakses YouTube Music secara gratis? Pertanyaan ini akan terjawab kelak ketika fitur lirik di YouTube Music digulirkan secara global. Saat ini, fitur tersebut baru dirilis secara terbatas.

YouTube Music Hadirkan 3 Playlist Personalisasi Anyar

Tidak hanya itu, YouTube Music juga mengumumkan kehadiran tiga playlist personalisasi atau mix baru untuk para penggunanya. Adapun tiga playlist itu adalah Discover Mix, New Release Mix, dan Your Mix. Sesuai namanya, seperti dikutip dari blog resmi YouTube Music, Rabu (18/12/2019), ketiganya akan berisi ragam lagu yang sudah dipersonalisasi sesuai selera tiap pengguna.

"Discover Mix, New Release Mix, dan Your Mix, membantu pengguna tetap mengetahui lagu yang baru saja rilis termasuk memperkenalkan musisi dan lagu yang lebih luas berdasarkan selera personal," tulis YouTube Music.

Menurut YouTube, daftar lagu yang ada di ketiga playlist akan diperbarui secara berkala. Nantinya, playlist tersebut akan memakai riwayat lagu dan musisi yang didengar pengguna untuk menciptakan pengalaman lebih unik.

 

 

Dilansir dari: Liputan6 Tekno 

 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm